Cara Menjaga Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Apakah anda tahu bahwa menjaga kesehatan telinga penting? Berikut informasi mengenai cara menjaga kesehatan telinga.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Menjaga kesehatan telinga adalah hal yang penting. Kesehatan telinga apabila tidak diperhatikan akan mengalami gangguan pendengaran dan keseimbangan.

Organ telinga

Teinga atau disebut dengan kuping terdiri dari telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Organ telinga merupakan organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan menjaga keseimbangan dan posisi tubuh.

Bagian telinga terdiri dari telinga bagian luar yaitu daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Telinga bagian luar memiliki fungsi menangkap suara. Daun telinga disebut dengan pinna memiliki fungsi untuk membantu mengarahkan suara ke dalam liang telinga dan kemudian menuju gendang telinga.

Selain itu, bagian telinga tengah terdiri dari 3 tulang pendengaran yaitu tulang martil atau malleus, landasan atau incus, dan sanggurdi atau stapes. Telinga bagian tengah memiliki fungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga luar dan mengirimkan gelombang suara ke telinga bagian dalam. Pada telinga bagian luar juga terdapat dua struktur utama yaitu membrane timpani dan saluran eustachius. Membrane timpani terdapat tiga saraf yaitu auriculotemporal, saraf intermedius, dan cabang dari aurikularis dari saraf vugas,

Telinga dalam terdapat saluran eustachius berfungsi menghubungkan telinga tengah dengan hulu kerongkongan serta hidung atau nasofaring. Fungsi saluran eustachius untuk menyamakan tekanan di telinga tengah.

Telinga bagian dalam pada manusia terdiri dari koklea, saluran semisirkular, dan vestibular. Koklea memiliki fungsi mengubah getaran suara menjadi sinyal saraf dan menyalurkan ke dalam otak melalui saraf koklea. Saluran semisirkular memiliki fungsi menjaga keseimbangan. Pada bagian saluran semisirkular terdapat cairan yang dilapisi rambut-rambut kecil. Terakhir vestibular memiliki fungsi menjaga keseimbangan tubuh bersamaan dengan saluran semisirkular.

Baca Juga :  Infeksi Telinga Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara kerja telinga

Organ telinga memiliki bagian-bagian yang berfungsi secara kesatuan. Didalam telinga terdapat gendang telinga yang berfungsi untuk menghasilkan getaran pada telinga. Gelombang telinga masuk ke dalam telinga lalu menuju gendang telinga sehingga menghasilkan getaran pada telinga.

Getaran pada telinga menyebabkan tulang kecil pada tengah telinga bergetar menyebabkan cairan dalam telinga bergerak keluar. Cairan dalam telinga bergerak menstimulasi sensor pada rambut-rambut sel untuk menerjemahkan suara pada sistem saraf. Saraf telinga akan mengirimkan rangsangan suara pada otak sehingga suara dapat terdengar.

Merawat kesehatan dan kebersihan telinga perlu dilakukan untuk mencegah berbagai masalah pendengaran. gangguan pada telinga apabila tidak menjaga kesehatan telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, telinga berdenging, dan tuli secara mendadak bahkan permanen. Oleh sebab itu, penting dilakukan menjaga kesehatan telinga

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Menjaga kesehatan telinga diperlukan agar telinga berfungsi dengan baik hingga tua.berikut ini cara menjaga kesehatan telinga.

1. Menjaga telinga agar tetap kering

Cara menjaga kesehatan pendengaran penting dengan menjaga agar tetap kering. Telinga yang lembab bahkan basah akan menyebabkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga.

Saat berenang agar tidak lembab lebih baik untuk menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Apabila merasa kemasukan air dalam telinga akan membuat pendengaran menjadi tidak jelas oleh karena itu, segera melakukan miringkan kepala untuk mengalirkan air keluar.

2. Menggunakan pelindung telinga

Apabila berada di tempat yang bising lebih baik menggunakan pelindung telinga untuk menghindari suara bising. Jenis pelindung telinga adalah earplug terbuat dari busa mungkin dapat menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk membeli penyumbat telinga jenis earplug untuk mengurangi tingkat kebisingan suara.

Baca Juga :  Mudah Mengeluarkan Benda Asing Dari Telinga

3. Tidak mendengarkan suara yang keras pada telinga langsung

Menggunaan headset dapat mempengaruhi fungsi pendengaran secara langsung. Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak menggunakan headset dengan volume yang tinggi. Selain itu, batasi waktu dalam penggunaan headset.

4. Membersihkan telinga dengan benar

Telinga dapat mengeluarkan kotoran dengan sendirinya, namun perlu diketahui bahwa telinga mengeluarkan kotoran dengan tidak normal akan menyebabkan penyumbatan pada telinga. Oleh karena itu, penting dilakukan untuk membersihkan telinga.

Ketika membersihkan telinga, lebih baik untuk menghindari penggunaan cotton bud. Menggunakan cotton bud dapat menyebabkan telinga cedera.

5. Rutin pemeriksaan ke dokter

Memeriksa kesehatan telinga dengan datang ke dokter THT secara rutin. Hal ini untuk mengenali dan mencegah dini mengalami gangguan pendengaran

6. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan dapat membantu untuk menjaga kesehatan telinga. Cara menjaga pola makan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, vitamin, kalsium, asam folat untuk menjaga kesehatan telinga.

7. Rajin olahraga

Menjaga kesehatan pendengaran dapat dilakukan dengan cara rajin berolahraga. Olahraga sejenis kardio dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan telinga.

8. Menghindari mengorek telinga

Mengorek telinga dapat menyebabkan cedera pada telinga. Saat telinga kotor dan terjadi penumpukan lebih baik membiarkan telinga mengeluarkan telinga dengan sendirinya. Selain itu, anda dapat menggunakan cairan tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga.

9. Menghindari penggunaan ear candle

Ear candle dapat mencederai telinga oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan telinga yang tepat adalah menghindari penggunaan ear candle. Penggunaan ear candle selain menyebabkan cedera telinga juga akan membuat telinga terasa panas, serta tersumbatnya saluran telinga.

Demikian informasi mengenai cara menjaga kesehatan telinga dan pendengaran. semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda untuk merawat telinga anda.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Benar?