Tips Telinga Berdenging

Telinga Bedenging

Apakah anda mengalami telinga berdenging? Berikut ini tips untuk anda apabila mengalami telinga berdenging.

Telinga Bedenging

Telinga berdenging atau tinnitus adalah kondisi telinga mengalami desisan atau mendengar suara dengingan. Tinnitus atau telinga berdenging biasanya seseorang akan mendengar suara pada telinga yang bukan berasal dari luar telinga. Suara tersebut akan terdengar dari dalam telinga.

Mengalami telinga berdenging dapat terjadi secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Telinga berdenging dikenal dengan tinnitus hingga saat ini belum diketahui obatnya secara jelas. Sehingga apabila mengalami tinnitus dalam kondisi parah tidak dapat diobati sehingga dapat bersifat permanen. Namun mengalami telinga berdenging dapat diatasi dan dikurangi gejalanya agar tidak terasa mengganggu ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

Mengenal seluk Beluk Telinga Berdenging

Tinnitus atau telinga berdenging dapat membuat anda merasa tidak nyaman. Anda pastinya akan merasakan gelisah karena terganggu dengan keadaan telinga berdenging. Datangnya tinnitus atau telinga berdenging secara tiba-tiba dan tentunya ada penyebab mengapa mengalami kondisi telinga berdenging.

Telinga berdenging dapat terjadi dan berlangsung hingga dalam jangka waktu yang singkat maupun lama. Kondisi tinnitus atau telinga berdenging dapat menyerang salah satu sisi bagian telinga namun juga dapat keduanya mengalami telinga berdenging. Saat mengalami telinga berdenging ini bukan suatu hal penyakit melainkan adanya gangguan pada organ telinga yang disebabkan oleh kondisi tertentu yang menyerang telinga.

Kondisi tinnitus atau telinga berdenging dalam jangka waktu yang cukup lama harus diwaspadai takutnya akan berpengaruh pada pendengaran serta menyebabkan ketulian.

Penyebab telinga berdenging

Gangguan telinga berdenging seringkali dialami lansia dengan umur diatas 60 tahun. Namun juga tidak menutup kemungkinan untuk menyerang orang dewasa dan anak-anak. Dapat disimpulkan bahwa telinga berdenging tidak memandang usia karena dapat menyerang segala usia. Saat mengalami telinga berdenging biasanya hadir disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penjelasannya mengenai penyebab telinga berdenging.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Benar?

1. Adanya perubahan struktur pada telinga

Tinnitus atau telinga berdenging dapat terjadi karena adanya perubahan struktur pada telinga. Struktur telinga yang mengalami perubahan seperti adanya kerusakan pada organ dalam telinga menyebabkan telinga berdenging secara tiba-tiba. Oleh karena itu, anda harus waspada.

2. Penumpukan kotoran pada telinga

Tinnitus dapat terjadi karena adanya penumpukan kotoran pada telinga. Kotoran pada telinga terjadi karena telinga mampu mengeluarkan serumen berupa zat lilin yang secara alami dihasilkan kelenjar pada telinga berfungsi untuk mencegah radikal bebas, debu dan lain-ain yang mencoba masuk ke dalam telinga. Kotoran pada telinga yang tidak dibersihkan akan mengalami penumpukan kotoran yang menyumbat saluran telinga menyebabkan telinga berdenging.

3. Terkena paparan suara keras

Telinga berdenging dapat disebabkan oleh paparan suara keras yang terus menerus. Paparan bising dapat menyebabkan kerusakan organ telinga bagian dalam sehingga mengalami tinnitus atau telinga berdenging.

4. Mengalami infeksi telinga

Penyebab telinga tinnitus atau berdenging dapat terjadi karena mengalami infeksi pada telinga. Infeksi telinga ini menyebabkan telinga berdenging yang terjadi apabila terjadi pembengkakan pada telinga akibat reaksi alergi yang berkaitan dengan infeksi pada saluran pernafasan. Selain dapat mengalami telinga berdenging, sakit telinga, kesulitan tidur, dan mengalami gangguan pendengaran seperti kesulitan untuk mendengar.

5. Menghindari penggunaan jenis obat-obatan tertentu

Tinnitus atau telinga berdenging dapat terjadi setelah anda mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti obat Pereda nyeri. Jenis obat tersebut seperti antibiotik berupa polymyxin B, eritromisin, vancomisin, dan neomisin. Selain itu jenis obat kanker seperti mekloretamin dan vincristine, jenis obat diuretic seperti bumetanide, asam ethacrynic, atau furosemide, quinine, antidepresan, serta aspirin dalam dosis tinggi.

Baca Juga :  Tips Makanan dan Vitamin bagi Penderita Telinga Berdenging

6. Mengurangi konsumsi rokok dan alcohol

Selain obat-obatan, rokok dan alcohol adalah pemicu mengalami terjadinya tinnitus. Hal ini dikarenakan konsumsi rokok dan alcohol dapat memperparah kondisi tinnitus dan memicu terjadikan kerusakan pada organ telinga.

7. Trauma atau cedera pada kepala dan leher

Apanila anda mengalami kecelakaan menjadi pemicu tinnitus. Ini dikarenakan adanya cedera kepala atau leher yang terjadi dapat mempengaruhi pada telinga bagian dalam, saraf pendengaran, serta fungsi otak yang berkaitan dengan pendengaran.

Cara Mengatasi telinga Berdenging

Setelah mengetahui seluk beluk serta penyebab telinga berdenging, berikut informasi mengenai cara mengatasi telinga berdenging yang dapat membantu anda ketika mengalami kondisi tersebut.

1. Menggunakan minyak alami

Telinga berdenging dapat diredakan dengan menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, dan minyak zaitun. Minyak tersebut memiliki kandungan asam lemak berfungsi dalam melawan infeksi dari bakteri yang terdapat pada telinga. Cara menggunakannya adalah dengan meneteskan minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam liang telinga. Minyak kelapa akan membantu anda membersihkan telinga secara alami.

2. Mengurangi alkohol dan rokok

Cara mengatasi telinga berdenging atau tinnitus dengan mengurangi pengonsumsian rokok dan alcohol. Hal ini dilakukan untuk menghindari keparahan yang terjadi akibat rokok dan alcohol. Merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah ke sel saraf sensitif yang mengontrol pendengaran. oleh karena itu, lebih baik menghindarinya agar tidak mengalami tinnitus yang cukup parah.

3. Pemeriksaan ke dokter THT

Saat anda mengalami tinnitus dalam kondisi parah dan cukup lama lebih baik anda melakukan konsultasi ke dokter THT. Hal ini dilakukan agar anda mendapatkan penanganan tepat terkait telinga berdenging. Selain itu, juga untuk mengenali tinnitus dan tindakan apa yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Baca Juga :  6 Tips Perawatan Alat Bantu Dengar yang Mudah

Demikian informasi mengenai tips saat mengalami telinga berdenging. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda mengatasi tinnitus. Selalu jaga kesehatan telinga anda jangan tunggu hingga sakit. Selain itu, lakukanlah pemeriksaan rutin terhadap telinga anda.