Efek Infeksi Telinga Yang Tidak Diobati

efek infeksi telinga

Apakah anda tau tentang efek infeksi telinga? Berikut informasi mengenai efek infeksi telinga yang tidak diobati.

Infeksi telinga merupakan gangguan pada telinga yang terjadi akibat bakteri, virus, jamur, dan benda asing yang masuk ke dalam telinga. Apabila mengalami infeksi pada telinga telinga akan terasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Kemudian, jika tidak diobati efek infeksi telinga akan fatal.

Infeksi telinga terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Kondisi infeksi telinga biasanya terjadi pada anak- anak hingga dewasa namun seringnya adalah anak-anak. Anak mengalami infeksi telinga karena struktur telinga pada usia anak-anak belum sempurna. Struktur telinga seperti saluran eustachius masih pendek dan sempit daripada usia dewasa.

Telinga yang infeksi biasanya sering kali mengeluarkan cairan berwarna kekuning hingga kecoklatan dan juga mengeluarkan bau tidak sedap. Faktor telinga mengalami infeksi adalah ketika terjadi perubahan cuaca dan suhu. Selain itu, perubahan ketinggian dari daerah dataran rendah ke dataran tinggi menyebabkan telinga shock hingga mengalami infeksi.

Pada anak-anak infeksi telinga terjadi ketika anak menggunakan dot untuk minum susu. Selain itu, Riwayat penyakit sekitaran daerah telinga, pernapasan juga dapat menyebabkan infeksi telinga.

Infeksi telinga terjadi karena adanya peradangan atau tersumbatnya saluran telinga berupa tuba eustachius yang dapat menyebabkan cairan di telinga pada bagian tengah terbentuk. Saluran tuba eustachius merupakan saluran kecil penghubung telinga bagian tengah dengan tenggorokan bagian belakang.

Gejala infeksi telinga biasanya disertai dengan demam, keluarnya cairan dari telinga, rasa nyeri dan sakit pada telinga, mengalami tekanan dari dalam telinga, dan hilangnya pendengaran.

Infeksi telinga ini dapat terjadi pada siapa saja, Ketika mengalami infeksi telinga harus segera diobati karena jika tidak akan memberikan efek selanjutnya.

Baca Juga :  Pemasangan Alat Bantu Dengar Tangerang

Berikut ini merupakan efek infeksi telinga yang tidak mendapatkan pengobatan secara tepat hingga sembuh.

efek infeksi telinga

1. Infeksi akan semakin parah

Ketika mengalami infeksi telinga anda akan merasakan ketidaknyamanan, rasa sakit dan nyeri juga. Mengobati infeksi telinga sangat diperlukan. Melakukan pengobatan infeksi telinga bukan sekedar menghilangkan rasa sakit dan nyeri saja. Diperlukan kepastian apakah infeksi benar-benar sembuh.

Mengonsumsi obat ketika infeksi telinga harus dilakukan hingga infeksi benar-benar sembuh. Apabila pengonsumsian obat dihentikan ketika infeksi tidak benar benar sembuh akan memberikan dampak selanjutnya seperti infeksi akan semakin parah dan terasa lebih sakit daripada infeksi sebelumnya.

Infeksi telinga yang tidak diobati akan memberikan efek berupa menyebarnya infeksi ke bagian telinga bagian lainnya seperti telinga bagian luar, tengah dan dalam. Jenis infeksi telinga seperti otitis eksterna, otitis media, otitis interna, mastoidis, dan lain-lain.

Ketika mengalami infeksi telinga yang tidak kunjung diobati dengan baik dan tuntas dapat menyebabkan penyakit meningitis. Penyakit ini adalah peradangan pada selaput otak. Meningitis dapat terjadi karena telinga memiliki kaitan dengan otak. Telinga memiliki saluran yang menghubungkan dan memberikan impuls menuju otak.

2. Gendang Telinga Pecah

Efek infeksi telinga dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga. Infeksi telinga yang menyebabkan telinga mengeluarkan cairan dapat mendorong gendang telinga yang membatasi telinga bagian tengah ke telinga bagian luar.

Cairan infeksi telinga biasanya mengandung nanah dan darah. Cairan ini dapat mendorong gendang telinga secara kuat dan lambat laun dapat menyebabkan gendang telinga mengalami robek bahkan pecah.

Pecahnya gendang telinga ini perlu penanganan dokter THT karena gendang telinga yang pecah karena dorongan cairan darah dan nanah selain menimbulkan bau juga bahaya menyebabkan infeksi lanjutan pada telinga anda.

Baca Juga :  Kenali Tindakan dalam Pemeriksaan Oleh Dokter THT

3. Hilangnya pendengaran

efek infeksi telinga

Mengalami infeksi telinga akan berefek jika tidak segera diobati. Hilangnya pendengaran dapat terjadi apabila mengalami infeksi telinga namun tidak segera diberikan penanganan yang tepat. Orang yang mengalami infeksi telinga secara berulang dan terus menerus tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dapat memperbesar resiko hilangnya pendengaran pada seseorang.

Infeksi telinga yang terjadi biasanya menimbulkan cairan yang keluar dari telinga. Cairan akibat infeksi telinga terperangkap selama beberapa waktu memicu rusaknya gendang telinga secara permanen. Tulang-tulang telinga di sekitar gendang telinga juga akan mengalami kerusakan bahkan dapat menyebabkan tuli pada seseorang.

Hilangnya pendengaran akibat infeksi ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Pada anak – anak gangguan pendengaran yang dikarenakan infeksi telinga yang berkepanjangan dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak seperti susah bicara dan berbahasa.

4. Wajah Mengalami kelumpuhan

Efek infeksi telinga yang berkepanjangan dapat menyebabkan wajah mengalami kelumpuhan. Kondisi ini dimana wajah kehilangan kemampuan menggerakkan wajah yang disebabkan kerusakan syaraf. Syaraf yang rusak menyebabkan otot wajah melemah dan sulit untuk digerakkan. Lumpuh wajah terjadi biasanya pada satu sisi wajah atau bisa saja keduanya.

Kelumpuhan wajah dapat terjadi disebabkan oleh infeksi telinga. Infeksi telinga pada salah satu sisi menyebabkan kelumpuhan wajah disisi tersebut juga. Mengalami infeksi telinga dapat mempengaruhi pergerakan otot wajah.

efek infeksi telinga

5.Meniere

Efek adanya infeksi telinga yang cukup lama dapat menyebabkan penyakit meniere. Penyakit ini merupakan gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Meniere terjadi karena infeksi telinga yang disertai telinga mengeluarkan cairan yang cukup banyak pada telinga bagian dalam.

Ketika mengalami meniere gejala yang ditimbulkan adalah pusing hingga vertigo, telinga mendengar suara dengingang cukup lama, kurangnya keseimbangan tubuh, bahkan gangguan pendengaran sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Tulang Pendengaran

Demikian informasi mengenai efek infeksi telinga yang tidak kunjung diberikan pengobatan yang tepat. apabila sudah melakukan pengobatan namun infeksi telinga tidak kunjung sembuh maka konsultasikan telinga anda ke dokter THT. Selain itu, selalu jaga kebersihan dan kesehatan telinga anda agar tidak mudah terkena infeksi telinga.