Jenis Pengobatan Telinga Yang Aman

jenis pengobatan telinga

Apakah anda mengalami gangguan pada telinga? Berikut jenis pengobatan telinga dapat mengatasi gangguan telinga.

Telinga merupakan organ yang berfungsi sebagai alat pendengaran pada manusia. Telinga sering kali mengalami gangguan seperti infeksi telinga, telinga mengeluarkan cairan, dan bahkan kurangnya pendengaran pada telinga.

Terdapat berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan telinga agar telinga tidak mengalami gangguan. Kebersihan telinga juga merupakan hal pokok agar telinga terhindar dari gangguan pendengaran dan lain-lain. Salah satu menjaga kesehatan telinga dapat dengan cara pengobatan telinga.

Pengobatan telinga dapat dilakukan dengan terapi telinga. Terapi pada telinga dipercaya sebagai cara untuk menjaga kesehatan pada telinga anda. Kesehatan telinga sangat amat harus diperhatikan karena telinga memiliki kerentanan mengalami gangguan yang dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan tubuh. Hal ini dikarenakan telinga selain sebagai indera pendengaran juga sebagai keseimbangan tubuh manusia.

Beberapa jenis pengobatan telinga yang dapat dilakukan sebagai berikut.

jenis pengobatan telinga

1. Terapi akupuntur telinga

Pengobatan telinga dengan terapi akupuntur. Akupuntur telinga merupakan terapi tradisional yang berasal dari cina memiliki manfaat yang luas. Melakukan akupuntur dengan cara menusukkan jarum ke titik – titik tertentu pada telinga.

Terapi akupuntur memiliki ragam manfaat bagi kesehatan telinga dan juga kesehatan tubuh. Akupuntur dapat mengatasi insomnia atau gangguan tidur, arthritis atau pembengkakan sendi, nyeri pasca operasi, sakit kepala atau migrain, bahkan sembelit. Selain itu terapi akupuntur dipercaya dapat mengatasi demensia pada lansia. Demensia adalah penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir pada seseorang. Akupuntur juga dapat membantu untuk mengurangi kecanduan rokok.

Terapi akupuntur aman dilakukan untuk pengobatan telinga. Namun jika anda tertarik untuk melakukan terapi ini anda harus datang kepada terapis yang berkompetensi dan memiliki sertifikat dalam bidang terapi akupuntur. Hal ini dilakukan karena terapi akupuntur dilakukan dengan hati-hati. Terapi ini juga memerlukan alat yang steril dan peralatan yang bersih agar proses akupuntur berjalan dengan baik dan aman.

Baca Juga :  9 Cara Melindungi Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Apabila ingin melakukan terapi akupuntur anda lebih baik melakukan konsultasi dengan dokter THT mengenai permasalahan telinga anda. Karena untuk menghindari bahaya yang terjadi pada telinga anda.

jenis pengobatan telinga

2. Melakukan irigasi telinga

Tindakan irigasi telinga adalah tindakan pengobatan yang dilakukan dengan tujuan membersihkan liang telinga dari benda asing yang masuk pada telinga dan juga kotoran telinga. Irigasi telinga dilakukan dengan membilas saluran telinga bagian luar dengan cairan steril atau dengan air steril.

Irigasi telinga dapat dilakukan sendiri di rumah namun lebih baik jika dilakukan oleh dokter agar tindakan ini lebih aman tentunya. Dokter akan mengetahui kondisi telinga anda sebelum melakukan irigasi telinga. Telinga anda akan diperiksa terlebih dahulu menggunakan alat otoskop untuk memastikan apakah telinga anda aman apabila dilakukan tindakan irigasi telinga. Selanjutnya dokter akan melakukan penyemprotan dengan peralatan kedokteran dan juga air steril atau cairan saline ke dalam telinga anda.

Irigasi telinga adalah tindakan pengobatan telinga yang aman. Namun tindakan irigasi ini tidak boleh dilakukan ketika anda mengalami infeksi pada telinga anda. Jika mengalami infeksi telinga lalu melakukan irigasi telinga akan menyebabkan infeksi kronis pada telinga anda. Bahkan telinga bagian dalam dapat rusak seperti gendang telinga robek.

3. Pengobatan telinga dengan obat tetes

Apabila telinga mengalami gangguan anda dapat melakukan pengobatan dengan obattetes telinga. Obat tetes berupa antibiotik untuk melawan infeksi dan bakteri yang menyerang telinga anda. Selain itu, obat tetes telinga yang baik mengandung steroid untuk mengatasi rasa nyeri atau bengkak pada telinga anda. Obat tetes telinga juga dapat digunakan sebagai anti jamur untuk mengatasi permasalahan infeksi jamur pada telinga anda.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mengatasi Tuli Konduksi

Penggunaan obat tetes telinga ini melalui beberapa tahap yaitu sebelum meneteskan obat ke dalam telinga anda harus mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer. Hal ini berguna untuk menjaga kebersihan dan agar telinga anda tidak kemasukan bakteri dan virus yang menempel pada tangan anda.

Selanjutnya, anda dapat melakukan penghangatan obat tetes dengan cara digenggam selama 1 hingga 2 menit. Kemudian, anda melakukan memiringkan kepala sampai lubang telinga yang akan diberi obat tetes mengarah ke atas. Tarik daun telinga kea rah atas dan belakang agar liang pada telinga lurus dan obat dapat masuk dan meresap ke dalam telinga.

Pastikan juga ujung obat tetes tidak menempel atau menyentuh telinga karena hal ini dapat menyebabkan transfer virus, bakteri, dan jamur dari telinga yang dapat memicu adanya infeksi lanjutan. Apabila selesai melakukan penetesan diamkan terlebih dahulu posisi anda ketika dimasukkan cairan tetes telinga. Ini dilakukan untuk memastikan obat masuk sempurna ke dalam telinga.

4. Pemeriksaan ke dokter

Pengobatan telinga dapat dilakukan dengan pemeriksaan ke dokter. Apabila mengalami gangguan pada pendengaran dalam kurun waktu yang cukup lama dan gangguan pendengaran disertai gejala seperti demam, telinga mengeluarkan cairan, kepala pusing lebih baik anda melakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan mengetahui kondisi telinga anda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Pemeriksaan telinga lebih baik dilakukan dengan dokter THT karena dokter THT akan lebih mengetahui tentang permasalahan telinga anda.

5.  Operasi pada telinga

Tindakan pengobatan telinga dapat dengan cara operasi telinga yang dilakukan oleh dokter. Operasi telinga ini biasanya dilakukan dokter apabila anda mengalami kondisi tertentu pada telinga anda. Tindakan operasi telinga biasanya sudah sangat fatal oleh karena itu perlu tindakan operasi.

Baca Juga :  Kesehatan Telinga: Tips Agar Telinga Tetap Sehat

Demikian informasi mengenai jenis pengobatan telinga yang dapat diberikan kepada anda. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan telinga anda. Hal ini dikarenakan telinga adalah aset yang harus dijaga sampai kita tua.