Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Baik dan Benar

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan aset tubuh yang harus kita jaga. Berikut informasi cara menjaga kesehatan telinga untuk anda.

Telinga atau disebut dengan kuping adalah organ tubuh yang berfungsi untuk mengenali suara atau mendengarkan suara dan memiliki peran dalam menjaga keseimbangan posisis tubuh. Telinga sebagai alat pendengaran perlu untuk dijaga selalu kesehatannya.

Menjaga kesehatan telinga adalah hal yang wajib dilakukan untuk setiap orang. Namun sering kali banyak orang yang belum tahu cara untuk menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar. Telinga yang tidak dijaga kesehatannya akan menyebabkan gangguan pendengaran pada diri seseorang.

Selain menjaga kesehatan telinga, merawat telinga adalah hal yang penting dilakukan untuk menghindari masalah pendengaran pada telinga seperti infeksi yang sering terjadi pada telinga. Kemudian seseorang yang tidak menjaga kesehatan dan merawat telinga juga memiliki besar kemungkinan terjadinya telinga berdengung, gangguan pendengaran, dan ketulian.

Menjaga kesehatan telinga dapat mencegah adanya gangguan keseimbangan pada tubuh oleh karena itu sangat perlu untuk selalu menjaga kesehatan dan merawat telinga anda.

Telinga sebagai indera pendengaran

Telinga merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai alat pendengaran. telinga memiliki cara kerja sebagai berikut.

Pertama – tama suara melalui gelombang udara masuk ke dalam telinga menuju saluran telinga masuk gendang telinga atau tympanic membrane sehingga gelombang suara dapat masuk menghasilkan getaran pada telinga.

Getaran pada telinga dapat menyebabkan tulang kecil pada tengah telinga bergetar menyebabkan cairan dalam telinga bergerak keluar. Cairan ini bergerak menstimulasi sensor pada rambut – rambut sel yang berfungsi menerjemahkan suara pada sistem saraf. Saraf ini yang akan mengirimkan rangsangan suara pada otak sehingga suara dapat terdengar.

Baca Juga :  Infeksi Telinga Penyebab dan Cara Mengatasinya

Menjaga kesehatan telinga

Cara menjaga kesehatan telinga dapat dilakukan dengan beberapa Langkah. Berikut tips dan Langkah yang dapat anda simak.

1. Membersihkan telinga dengan benar

Cara menjaga kesehatan telinga dengan membersihkan telinga dengan benar. Seringkali kebanyakan orang melakukan pembersihan telinga dengan menggunakan alat seperti cotton bud, mengorek telinga dengan tangan, dan lain – lain.

Perlu diketahui membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud adalah hal yang salah. Penggunaan cotton bud justru akan membuat kotoran terdorong masuk ke saluran telinga bagian tengah yang dapat menyebabkan gangguan pada telinga.

Selain itu, mengorek telinga juga dapat menyebabkan resiko penyakit pada telinga berupa infeksi telinga bahkan rusaknya gendang telinga.

Cara membersihkan dan merawat telinga yang baik dan benar adalah dengan menggunakan cairan tetes telinga. Dengan menggunakan cairan tetes telinga, kotoran akan keluar dengan sendirinya. Selain itu, anda dapat menggunakan handuk yang lembut untuk membersihkan kotoran yang berada di sekitaran telinga.

Anda juga dapat melakukan pembersihan telinga dengan bantuan tenaga medis seperti tindakan dokter. Dokter akan membantu anda membersihkan telinga anda dengan menggunakan alat khusus.

2. Tidak menggunakan headphone dan earphone keseringan

Penggunaan alat seperti headphone dan earphone secara keseringan merupakan tindakan yang tidak baik. alat ini cenderung dapat menyebabkan gangguan pendengaran apabila digunakan secara keseringan. Apalagi menggunakan dengan volume yang keras dapat menimbulkan resiko gangguan pendengaran bahkan yang paling fatal adalah rusaknya gendang telinga.

3. Menjaga telinga agar tidak lembab

Telinga yang cenderung lembab serta basah menyebabkan bakteri, virus, dan jamur cepat untuk berkembang biak. Oleh karena itu, selalu jaga telinga anda agar telinga tetap kering tidak lembab.

Baca Juga :  Tips Agar Pendengaran Menjadi Lebih Sehat

Perenang biasanya sering kali mengalami telinga lembab. Hal ini harus diperhatikan karena telinga yang lembab beresiko mengalami infeksi telinga. Jika anda seorang perenang lebih baik lakukan pembersihan telinga rutin dan keringkan dengan segera setelah berenang.

4. Mengistirahatkan telinga

Cara menjaga kesehatan telinga dengan mengistirahatkan telinga. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merilekskan telinga, istirahat tidak menggunakan earphone, dan menghindari suara keras dengan cara keluar beberapa saat dari lingkungan suara bising.

5. Menggunakan penyumbat telinga

Cara menjaga kesehatan telinga dengan menggunakan penyumbat telinga. Hal ini dapat dilakukan ketika anda berada pada tempat yang bising seperti konser musik, klub malam, atau tempat lain yang terdapat banyak orang berteriak. Penyumbat telinga dapat berfungsi untuk menjaga telinga dari bahaya suara keras yang mencoba masuk pada telinga.

6. Hindari paparan suara keras

Cara menjaga kesehatan telinga dengan menghindari paparan suara keras pada telinga anda. Apabila anda bekerja dengan paparan suara mesin yang keras pada telinga anda, anda harus melakukan istirahat telinga atau kalau tidak ketika anda tidak terlibat langsung dengan penggunaan mesin bersuara keras anda lebih baik menyingkir atau tidak mendekati mesin yang bersuara keras tersebut.

7. Menghindari penggunaan ear candle

Apakah anda tahu ear candle? Ear candle adalah terapi pembersihan telinga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Penggunaan ear candle ini adalah hal yang tidak baik dan tidak efektif untuk membersihkan telinga. Justru menggunakan ear candle cukup berbahaya bagi telinga karena dapat menyebabkan cedera pada telinga yang membuat saluran telinga tersumbat serta timbul rasa seperti terbakar pada telinga.

8. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter THT

Cara merawat telinga dengan pemeriksaan rutin ke dokter THT. Pemeriksaan rutin telinga dapat mengetahui resiko dini gangguan pendengaran yang berkembang secara bertahap. Dokter akan mengetahui dan memastikan kondisi telinga anda.

Baca Juga :  11 Tips Kesehatan Telinga

Pemeriksaan telinga juga dapat memastikan bahwa tidak ada penumpukan kotoran pada telinga anda. Apabila telinga anda kotor dokter akan memberikan penanganan berupa pembersihan telinga kepada anda.

Demikian informasi cara merawat dan menjaga kesehatan telinga untuk anda. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda utuk mengetahui hal yang harus atau yang tidak harus dilakukan pada telinga anda.