Hal Yang Dilakukan Untuk Mengobati Mastoiditis

mastoiditis

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang perlu di jaga karena telinga adalah organ yang berfungsi agar kita dapat mendengar dengan baik. Sudahkah anda secara rutin memeriksakan kesehatan telinga anda? Pemeriksaan telinga ternyata perlu dijadikan prioritas. Pemeriksaan kesehatan telinga ternyata juga perlu dilakukan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan pada telinga. Berbagai gangguan telinga bisa menghinggapi tubuh kita masing-masing salah satunya ialah penyakit mastoiditis. Ingin tahu lebih lanjut tentang mastoiditis? Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Tangerang!

Pengertian

Penyakit mastoiditis ialah sebuah infeksi yang terjadi pada tonjolan tulang di belakang telinga. Tonjolan tesebut seringkali disebut dengan tulang mastoid. Untuk terhindar dari penyakit ini, anda perlu melakukan perawatan pada telinga dengan baik. Penyakit ini bisa menyebabkan tulang bagian belakang telinga hancur hingga membuat seseorang memiliki pendengaran yang terganggu dan menurun. Selain memengaruhi pendengaran seseorang, kemampuan kerjadi tenggorokan serta hidung juga akan terpengaruh apabila terdapat gangguan di tulang mastoid.

Sasaran Penyerangan

Penyakit mastoiditis ini biasanya menyerang bayi yang berusia 6 bulan hingga bayi berusia 13 bulan. Indvidu yang memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang tidak baik atau kurnag optimal juga menjadi sasaran penyakit ini. Apabila penyakit mastoiditis tidak diatasi dengan cepat dan tepat maka akan menimbulkan kejadian yang lebih fatal seperti kematian.

Penyebab Penyakit

Penyebab dari adanya penyakit mastoiditis adalah terapatnya infeksi bateri. Bakteri yang menginfeksi ialah bakteri Haemophillus influenza, staphylococcus serta streptococcus. Adanya peradangan telinga yang tidak segera diatasi akan mengakibatkan munculnya penyakit mastoiditis ini.

Gejala Yang Muncul

Berikut ini merupakan gejala yang muncul apabila seseorang mengidap penyakit mastoiditis:

  1. Munculnya nanah pada telinga
  2. Terjadinya rasa nyeri pada telinga
  3. Munculnya rasa demam secara mendadak
  4. Adanya rasa sakit pada kepala
  5. Penurunan kemampuan pendengaran seseorang
  6. Hilangnya kemampuan mendengar
  7. Terjadinya pembengkakan pada telinga
Baca Juga :  Mengatasi Masalah Alat Bantu Dengar Anda

Jika anda sudah mulai merasakan gejala-gejala yang telah kita sebutkan di atas, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena, dari gejala-gejala yang ditimbulkan di atas maka memungkinkan anda untuk terkena penyakit mastoiditis. Segeralah lakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah kondisi kesehatan anda berada pada kondisi yang baik atau tidak.

Pengobatan Penyakit Mastoiditis

Terdapat beberapa metode pemeriksaan yang dapat dilakukan demi memastikan apakah kesehatan telinga berada pada tingkat yang baik atau tidak. Pemeriksaan dilakukan dengan pemeriksaan fisik, pengambilan sampel dari telinga, CT Scan atau MRI juga perlu dilakukan.

Apabila dari hasil diagnose dokter menyatakan bahwa anda terkena penyakit mastoiditis, maka anda bisa melakukan berbagai pengobatan. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan bantuan obat-obatan atau operasi pengangkatan tulang mastoid. Akan tetapi, pengobatan dengan cara operasi pengangkatan tulang mastoid hanya dapat anda lakukan jika anda sudah melakukan pengobatan dengan mengonsumsi obat penyakit mastoid. Apabila dari pengobatan tersebut belum berhasil maka anda bisa mengguankan operasi pengangkatan tulang mastoid.

Jika penyakit mastoiditis yang anda miliki tidak semakin memburuk, anda bisa menggunakan pengobatan secara sederhana atau pengobatan rumahan. Contohnya ialah dengan menjaga kebersihan telinga. Anda harus memastikan bahwa telinga anda berada pada kondisi yang bersih dan kering. Anda bisa menggunakan kapas telinga untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam telinga.

Ketika telinga lembab dan basah, maka bakteri akan semakin mudah untuk masuk dan berkembang di dalam telinga anda. Suhu yang ada di dalam telinga memang begitu lembab dan hangat, hal ini sangat di sukai dan sesuai dengan tempat tumbuh biak si bakteri. Hal tersebut tentunya mampu membuat telinga rentan terhadap penyakit mastoiditis.

Baca Juga :  Benarkah Kolesteatoma Berupa Tumor Jinak?

Jika hendak melakukan pembersihan sendiri, janganlah terlalu dalam untuk membersihkannya. Hal tersebut mampu memperburuk dan merusak organ bagian dalam telinga. Anda juga perlu dengan rutin mengunjungi dokter THT langganan anda. Lakukan pembersihan telinga serta ketahuilah gangguan apa saja yang terjadi pada telinga anda sejak dini dengan mengunjungi dokter THT. Dengan begitu, maka dapat meminimalisir resiko terkena penyakit mastoiditis.

Untuk telinga yang sudah terinfeksi, maka anda harus menjaga telinga anda agar tidak terkena suara dengan volume yang keras. Banyak dan seringnya telinga terkena suara dengan volume yang keras akan menyebabkan penyakit mastoiditis yang telah di idap semakin memburuk. Kondisi tersebut akan mengancam kemampuan mendengar hingga menyebabkan anda kehilangan pendengaran. Jika anda ingin mendengarkan music, lebih baik anda mengatur besaran suaranya sehingga tidak terlalu keras. Gunakan speaker dan jangan terlalu sering menggunakan earphone atau headset.

Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan secara rutin berguna sebagai antisipasi agar gangguan pendengaran yang ada tidak semakin parah. Anda perlu menjaga kesehatan pendengaran agar terhindar dari gangguan pendengaran.

Bagaimana? Apakah anda sudah memiliki kesehatan telinga yang baik? Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ya. Apabila anda membutuhkan konsultasi terkait gangguan pendengaran, anda bisa mengunjungi Hearing Center Tangerang. Terdapat banyak program mulai dari konsultasi hingga alat bantu pendengaran yang bisa anda beli. Kunjungi pula website kami di AQM-Hearing Center untuk mendapatkan informasi dan artikel-artikel tentang kesehatan telinga. Semoga artikel di atas membantu ya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.