Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta: Pemeriksaan Rutin THT

konsultasi gangguan pendengaran jakarta

Anda ingin mengetahui berbagai informasi mengenai konsultasi gangguan pendengaran Jakarta? Apakah Anda sering mengalami nyeri pada telinga dan telinga sering berdengung? Atau mungkin keluar cairan dari saluran telinga di mana semua gejala tersebut berbarengan dengan penurunan fungsi pendengaran? Apabila hal tersebut terjadi, kemungkinan Anda mengalami gangguan pendengaran dan harus segera berkonsultasi dengan dokter. Yuk simak ulasan mengenai konsultasi gangguan pendengaran Jakarta dan pemeriksaan rutin telinga, hidung, tenggorokan (THT) dari AQM Hearing Center Jakarta berikut ini!

Gangguan pendengaran dapat terjadi akibat berbagai macam faktor seperti terlalu sering mendengarkan suara dengan volume keras dalam interval waktu yang cukup lama, dan dapat juga akibat penurunan fungsi telinga seiring terjadinya penuaan. Kemungkinan besar, gangguan pendengaran ini dapat menghambat produktivitas sehari-hari. Terutama dalam berkomunikasi secara verbal, akan terjadi salah memaknai pesan. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan pendengaran. Salah satunya adalah dengan pemeriksaan secara rutin ke dokter Telinga Hidung Tenggorokan (THT) setiap 6 bulan sekali.

Endoskopi THT

Berasal dari kata “endos” yang berarti dalam dan kata “scopein” yang berarti pemeriksaan. Endoskopi merupakan suatu prosedur pemeriksaan untuk mengetahui kondisi organ dalam tubuh. Prosedur endoskopi THT dilakukan untuk memeriksa kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi adanya gangguan pada organ yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan, seperti laring, esofagus, dan bronkus.

Endoskopi THT dilakukan untuk terapi atau perawatan pada organ-organ laring, esofagus, dan bronkus dengan menggunakan alat bernama endoskopi. Biasanya, terapi yang dilakukan dengan metode ini adalah aritenoidektomi, ekstirpasi bedah laring mikroskopis, dan lain sebagainya. Prosedur ini dilakukan oleh seorang ahli bedah THT atau otorhinolaringologi.

Gejala Gangguan THT

Beberapa gejala gangguan yang perlu Anda waspadai sebagai pertanda dari adanya gangguan terhadapat organ telinga hidung dan tenggorokan antara lain:

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Koklea Telinga Manusia

Penurunan kemampuan pendengaran,

Apabila Anda mengalami penurunan kemampuan untuk mendengar lebih dari dua minggu, sebaiknya segera berkonsultasi langsung ke dokter THT. Penurunan atau hilangnya pendengaran secara sementara dapat terjadi kapan saja dan oleh siapa saja.

Tinnitus atau telinga berdenging,

merupakan suatu pertanda bahwa terdapat infeksi telinga atau gejala awal dari hilangnya fungsi pendengaran. Biasanya tinitus dapat diakibatkan karena adanya kerusakan sel telinga bagian dalam akibat pengaruh usia atau karena adanya paparan terhadap suara yang keras dalam jangka waktu lama. Selain itu tinnitus juga dapat disebabkan karena adanya paparan terhadap beberapa obat tertentu seperti aspirin, NSAIDs dan obat diuretik.

Nyeri sinus

Peradangan yang terjadi pada area sinus dapat menyebabkan terjadinya nyeri hebat yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri sinus dapat meliputi nyeri pada area wajah, telinga, gigi bagian atas dan hidung. Jika nyeri tersebut berlangsung selama beberapa hari, segera berkonsultasi langsung dengan dokter.

Kongesti atau penyumbatan hidung

Penyumbatan pada hidung yang berlangsung lama dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari alergi udara hingga infeksi atau adanya kesulitan bernapas atau deviasi septum. Segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami penyumbatan hidung dalam jangka waktu yang cukup lama dan tak kunjung sembuh.

Nyeri tenggorokan

Nyeri tenggorokan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika keluhan nyeri tenggorokan dan nyeri menelan tidak juga hilang dalam waktu 1 minggu, bisa jadi keluhan tersebut disebabkan oleh masalah lain seperti tonsilitis (amandel) atau GERD.

Apabila Anda mengalami berbagai gejala seperti di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar segera tertangani apabila terjadi suatu masalah serius pada organ telinga, hidung, dan tenggorokan Anda. Sebenarnya tak perlu menunggu sampai Anda mengalami gejala tersebut baru Anda memeriksakannya ke dokter THT, pemeriksaan THT sebaiknya rutin Anda lakukan guna mencegah gangguan yang tak Anda inginkan pada organ telinga, hidung, dan tenggorokan.

Baca Juga :  Penjualan Baterai dan Perlengkapan Alat Bantu Dengar Depok

Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta Terbaik

Telinga merupakan salah satu aset penting pada tubuh kita. Manfaatnya tidak main-main, dari proses mendengar hingga alat keseimbangan tubuh. Begitu berharganya telinga membuat kita harus merawatnya dengan baik dan hati-hati. Penting untuk rajin membersihkan telinga secara berkala agar kotoran tidak menumpuk sehingga menyumbat telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran. Namun, membersihkan telinga tidak boleh sembarangan, sebaiknya menggunakan obat tetes telinga yang aman karena menggunakan cottod bud akan menyebabkan kotoran telinga semakin masuk ke dalam telinga.

Apabila Anda mengalami berbagai maslaah gangguan pendengaran atau terserang penyakit telinga, Anda dapat berkonsultasi ke AQM Hearing Center Jakarta. Di sini, kami siap melayani Anda untuk konsultasi gangguan pendengaran bersama dengan tenaga konsultan profesional yang kami miliki.

Selain konsultasi gangguan pendengaran, AQM Hearing Center Jakarta menyediakan layanan lain seperti tes pendengaran dan menyediakan berbagai perlengkapan alat bantu dengar. Semua yang Anda butuhkan mengenai masalah kesehatan telinga tersedia di AQM Hearing Center Jakarta.

Apabila Anda mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu dengar maka Anda bisa mencarinya di distributor alat bantu dengar AQM Hearing Center Jakarta. AQM Hearing Center Jakarta menjual alat bantu dengar dengan kualitas yang bagus dan dengan harga yang menarik. Anda dapat melihat beberapa produk alat bantu dengar sesuai dengan rekomendasi dokter di websitenya aqm-hearingcenter.com.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.