Cara Perawatan Pendengaran Agar Lebih Baik

Cara Perawatan Pendengaran

Cara Perawatan Pendengaran

Menjaga kesehatan pendengaran adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang. Berikut cara perawatan pendengaran untuk anda.

Menurut WHO pada tahun 2017 sebanyak 360 juta orang yang terdiri dari 328 juta orang dewasa dan 32 juta anak-anak mengalami gangguan pendengaran. gangguan pendengaran dapat terjadi apabila kita tidak menjaga kesehatan telinga. Mengalami gangguan pendengaran dapat menghambat aktivitas sehari –  hari terutama dalam berkomunikasi. Saat mengalami gangguan pendengaran seringkali seseorang susah untuk menerima dan memaknai pesan yang disampaikan oleh orang lain.

Gangguan pendengaran juga dapat disebut dengan tuli. Macam – macam tuli ini beragam terdapat tuli akibat genetik dan akibat kesehatan pendengaran terganggu. Berbagai faktor yang menjadi penyebab gangguan pendengaran akibat kesehatan pendengaran terganggu karena terlalu lama mendengar kebisingan, telinga mengalami infeksi, penumpukan kotoran pada telinga, dan lain – lain.

Gangguan pendengaran akibat tidak merawat kebersihan serta kesehatan telinga dapat terjadi. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan telinga untuk mencegah terjadinya masalah pada telinga. Apabila tidak menjaga kesehatan dan melakukan perawatan pendengaran, telinga akan menjadi bermasalah. Selain itu, juga berefek pada keseimbangan tubuh.

Organ Pendengaran

Organ yang berfungsi sebagai alat pendengaran adalah telinga. Telinga merupakan bagian tubuh penting karena sebagai indera pendengaran. fungsi telinga adalah dapat mendengarkan beragam suara. Suara ini kemudian diteruskan menuju otak lalu otak akan merespons hingga kita mengenali suara tersebut. Menjaga kesehatan telinga dengan merawatnya berarti sedang menjaga kesehatan pendengaran.

Jika organ pendengaran terganggu, maka akan menyebabkan kehilangan pendengaran. oleh karena itu, kita harus selalu merawat organ pendengaran atau telinga ini dengan benar. Caranya adalah dengan membersihkan secara rutin agar tidak mengalami penumpukan kotoran.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Perawatan pendengaran

Cara merawat pendengaran sebenarnya gampang-gampang susah.merawat kesehatan pendengaran dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini tips perawatan telinga anda atau organ pendengaran.

1. Menghindari kebisingan atau menggunakan earplugs saat berada di lingkungan bising

Saat kita berada pada lingkungan yang bising alangkah baiknya kita menggunakan alat seperti earplugs untuk menjaga telinga kita. Earplugs ini sebagai pelindung telinga dari bahaya kebisingan.

Menggunakan earplug dapat dilakukan ketika bekerja di tempat yang terlalu bising oleh suara – suara alat mesin, atau berada di club, berada di konser, dan lingkungan yang ramai membuat kita kesulitan untuk mendengar.

Penggunaan alat seperti earplug ini dapat melindungi telinga dari paparan suara bising dan mengurangi resiko mengalami gangguan pendengaran. earplug sama seperti penyumbat telinga, Anda dapat menemukan earplugs pada audio store atau toko online.

2. Menghindari mengorek indera pendengaran

Indera pendengaran atau telinga merupakan organ yang dapat mengeluarkan serumen atau kotoran. Apabila kotoran ini sudah menumpuk terkadang kita merasakan rasa gatal pada telinga sehingga kita ingin mengorek telinga. Selain kotoran, mengorek telinga dapat terjadi secara tidak sengaja dan juga saat mengalami kemasukan benda lain ke dalam telinga.

Saat mengalami penumpukan kotoran pada telinga banyak orang menggunakan cotton bud untuk mengeluarkan kotoran yang menyebabkan telinga gatal. Namun orang awam tidak sadar bahwa kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Selain itu, tidak sedikit orang yang melakukan mengorek telinga dengan menggunakan jari.

Menggunakan alat atau jari untuk mengorek telinga dapat membuat telinga cedera. Selain itu, menggunakan cotton bud dapat menyebabkan kotoran pada pendengaran terdorong masuk ke dalam telinga.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Bisul Di Telinga

Telinga dapat mengeluarkan kotorannya sendiri secara alami. Namun, apabila anda merasakan telinga penuh akibat penumpukan kotoran anda dapat menggunakan obat tetes telinga. Anda juga dapat mengunjungi dokter THT untuk membantu pembersihan telinga.

3. Menghindari volume yang terlalu keras saat menggunakan earphone

Apabila anda merupakan penggemar menggunakan earphone alangkah baiknya anda mengurangi penggunaan earphone tersebut. Penggunaan earphone dapat menyebabkan gangguan pendengaran apabila penggunaanya melebihi batas penggunaan wajar. Menggunakan earphone dengan volume keras juga dapat menyebabkan fungsi telinga mengalami penurunan.

4. Menghindari penggunaan ear candle

Cara perawatan pendengaran dengan menghindari ear candle. Ear candle adalah metode terapi untuk membersihkan telinga. Namun penggunaan ear candle ini menurut dokter tidak tepat karena sampai saat ni tidak terbukti dapat membersihkan telinga.

Penggunaan ear candle pada organ pendengaran justru berbahaya pada kesehatan telinga karena menyebabkan cedera pada telinga seperti terbakar dan tersumbatnya saluran telinga.

5. Menjaga kondisi telinga agar tidak lembab

Telinga yang lembab akan meninggikan resiko bakteri, jamur, dan virus berkembang biak dengan cepat. Perkembangbiakan bakteri dan jamur ini akan memicu adanya iritasi dan infeksi pada telinga. Oleh karena itu, selalu jaga telinga anda agar tetap kering.

6. Olahraga rutin

Olahraga secara rutin seperti kardio dapat memberikan banyak manfaat pada organ tubuh salah satunya telinga. Dengan kardio seperti berlari, bersepeda, berjalan dapat membuat telinga anda dapat menjaga kesehatan pada telinga anda.

7. Memberikan telinga waktu untuk beristirahat

Organ pendengaran seperti telinga juga seperti anggota tubuh yang lain membutuhkan istirahat. Dengan mengistirahatkan telinga akan mengurangi resiko terkena dampak gangguan pendengaran pada anda. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengistirahatkan telinga dari suara bising.

Baca Juga :  4 Tips Pemulihan Untuk Operasi Septum

8. Pemeriksaan rutin ke dokter THT

Cara perawatan pendengaran dengan pemeriksaan rutin ke dokter THT. Dokter akan mengenali resiko anda mengalami gangguan pendengaran lebih awal. Kemudian dengan pemeriksaan rutin ke dokter dapat memastkan kondisi telinga agar tetap sehat.

Pencegahan gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran dapat dicegah dengan berikut.

  1. Pada ibu hamil lebih baik melakukan pemeriksaan secara teratur ke dokter
  2. pada balita diusahakan tidak meminum susu botoh sebelum umur 1 tahun untuk mengurangi adanya infeksi saluran nafas dan indera pendengaran.
  3. menjaga kebersihan pendengaran
  4. menghindari kebisingan
  5. tidak sembarangan meminum obat
  6. makan makanan yang bergizi dan baik untuk organ pendengaran.

Demikian informasi mengenai cara perawatan pendengaran agar lebih baik. Selalu jaga kesehatan telinga anda dimanapun dan kapanpun. Have a nice day!