8 Penyebab Pendengaran Berkurang Drastis

penyebab pendengaran berkurang drastis

Ada banyak penyebab pendengaran berkurang drastis mulai dari yang sepele hingga yang serius. Berkurangnya pendengaran sendiri merupakan salah satu tanda adanya gangguan pendengaran, dan umumnya lebih sering terjadi ketika usia seseorang semakin tua. Pada usia 40 hingga 6 tahun, pendengaran seseorang mungkin akan menurun, dan pada usia 80an tahun mereka mungkin akan kehilangan kemampuan pendengaran mereka. 

Meski begitu, orang yang masih berusia muda pun memiliki potensi untuk mengalami penurunan pendengaran. Berikut ini adalah beberapa penyebab pendengaran berkurang drastis yang perlu Anda waspadai. 

Paparan Suara Keras Terus-Menerus

Penyebab Pendengaran Berkurang Drastis

Salah satu penyebab pendengaran berkurang drastis adalah karena telinga Anda terlalu sering terpapar suara-suara yang sangat keras dan bising. Suara keras ini misalnya berasal dari suara mesin di tempat bekerja.Karenanya orang yang bekerja di area dengan tingkat kebisingan tinggi disarankan untuk mengenakan penutup telinga. 

Suara keras yang dapat merusak pendengaran juga bisa berasal dari suara tembakan, suara ledakan, atau suara konser musik. 

Menderita Infeksi Telinga

Anda mungkin juga akan mengalami penurunan pendengaran ketika sedang menderita infeksi telinga. Saat terjadi infeksi telinga yang cukup parah, kemungkinan akan terjadi pembengkakan dan penumpukan nanah pada bagian lapisan tengah telinga. Karenanya gendang telinga Anda tak bisa bekerja dengan baik dan mengakibatkan kemampuan pendengaran menurun. 

Efek dari Penggunaan Obat-Obatan

Penyebab pendengaran berkurang drastis juga bisa berasal dari penggunaan obat-obatan, seperti misalnya obat anti bakteri, obat kemoterapi, obat pengencer darah, pereda atau penghilang rasa sakit atau juga obat malaria. Penggunaan obat-obatan tersebut dapat menyebabkan dering telinga atau tinnitus, sehingga dapat mengurangi kemampuan pendengaran.  

Terlalu Sering Menggunakan Earphone atau Headphone

Jika Anda adalah orang hobi menggunakan headphone atau earphone, maka sebaiknya mulai saat ini kurangi pemakaiannya. Penggunaan headphone atau earphone yang terlalu lama dan sering rupanya dapat memicu penurunan kemampuan pendengaran. Penurunan pendengaran ini bisa bersifat sementara, bahkan juga bisa bersifat permanen. 

Sebaiknya, hindari juga penggunaan headphone atau earphone dengan suara yang terlalu keras agar tidak terlalu merusak pendengaran Abda.

Adanya Penyakit Tertentu di Telinga

Berkurangnya kemampuan pendengaran juga bisa diakibatkan oleh adanya suatu penyakit di dalam telinga, sebagai contoh penyakit kista kulit, glomus tumors dan rhabdomyosarcoma. Penyakit-penyakit ini rupanya memang dapat mengganggu sistem pendengaran dan membuat telinga kehilangan kemampuan mendengarnya. 

Bertambahnya Usia

Semakin bertambah usia seseorang, maka struktur telinga bagian dalam juga akan semakin mengalami degenerasi. Itulah mengapa biasanya orang-orang yang sudah berusia lanjut akan mengalami gangguan pendengaran atau bahkan kehilangan kemampuan pendengaran mereka. 

Menderita Otosclerosis

Otosclerosis merupakan salah satu kelainan bawaan dimana terdapat tulang baru yang terletak di salah satu tulang kecil di dalam telinga. Telinga kita memiliki tiga tulang kecil yang saling terhubung dengan gendang telinga. Fungsi ketiga tulang ini adalah untuk memperkuat gelombang suara yang masuk ke telinga. 

Adanya kelainan otosclerosis ini menyebabkan salah satu tulang tidak dapat berfungsi secara normal, sehingga secara otomatis akan mengurangi kemampuan pendengaran. 

Adanya Akumulasi Kotoran Telinga

Kotoran telinga atau disebut juga dengan serumen sebetulnya tidak berbahaya dan tidak mengganggu pendengaran. Akan tetapi ada kondisi dimana serumen ini menumpuk dan tidak bisa keluar, akibatnya menutup saluran pendengaran. Hal inilah yang kemudian memicu menurunnya pendengaran seseorang. Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan berkunjung ke dokter THT untuk membersihkan serumen.

Untuk mengatasi masalah pendengaran yang menurun, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Dokter mungkin akan menyarankan pembersihan telinga, pengobatan, atau pemasangan alat bantu dengar sesuai dengan keluhan yang dirasakan. 

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan pemasangan alat bantu pendengaran, AQM Hearing Center mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan Anda. 

AQM Hearing Center merupakan salah satu klinik khusus pendengaran yang menyediakan berbagai layanan dan juga produk terbaik alat bantu pendengaran. Anda dapat melakukan pemeriksaan, pemasangan bahkan perawatan alat bantu pendengaran di AQM Hearing Center. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih berbagai alat bantu pendengaran sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. 

Beberapa hal yang menjadi penyebab pendengaran berkurang drastis sebenarnya masih bisa dihindari, untuk itu sayangi telinga dan pendengaran Anda dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat merusak pendengaran. 

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Saluran Eustachius