Hal Penting Tentang Infeksi Telinga Kronis

infeksi telinga kronis

Infeksi telinga ternyata bisa terjadi tidak hanya satu kali loh. Apabila anda atau kerabat anda mengalami infeksi telinga hingga berkali-kali, maka bisa di katakan bahwa infeksi tersebut adalah infeksi telinga kronis. Ingin tahu apa itu infeksi telinga kronis? Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Jakarta untuk informasi lebih lanjut!

Definisi

Infeksi telinga kronis adalah penyakit pada telinga yang di sebabkan oleh adanya virus dan bakteri yang bersarang di telinga. Adapun jenis infeksi telinga terdiri dari tiga jenis dan mampu mempengaruhi telinga bagian tengah. Jenis infeksi yang pertama adalah Otitis Media Akut (OMA), yang kedua adalah Otits Media dengan Efusi atau OME dan yang ketiga adalah Otitis Media Kronis dengan Efusi (COME). Ada satu lagi jenis infeksi yaitu Otitis media Supuratif Kronis atau OMSK. Biasanya seseorang yang menderita OMSK memiliki debit telinga yang berulang serta persisten.

Gejala

Seseorang yang menderita infeksi telinga kronis akan mengalami gejala yang berbeda-beda tergantung dengan jenis infeksinya serta bagaimana kondisinya. Infeksi telinga kronis akan semakin berkembang apabila penderitanya memiliki infeksi telinga akut (AOM) yang belum sembuh sepenuhnya serta adanya infeksi telinga yang terus berulang.

Gejala Infeksi Telinga Akut

Beberapa gejala yang di alami oleh seseorang dengan tingkat infeksi telinga akut ialah sakit pada telinga, adanya masalah pada pendengaran, terjadinya demam hingga suhu 100,4˚ F hingga lebih tinggi, mual ataupun muntah serta telinga dengan kotoran yang menumpuk. Biasanya jika penderitanya adalah anak-anak maka bisa jadi anak akan semakin mudah marah. Selain itu, anak akan lebih mudah untuk menangis hingga menarik-narik telinga yang sakit tersebut.

Gejala Infeksi Telinga Kronis

Biasanya penderita yang mengalami infeksi telinga kronis ini tidak memiliki gejala yang terlihat. Akan tetapi, penderita yang sudah mengalami OME dalam waktu yang cukup panjang maka akan memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi. Gejala-gejalanya ialah adanya masalah pendengaran serta kesulitan pendengaran lainnya. Beberapa cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Butuh waktu yang cukup lama untuk memahami ucapan ataupun menanggapi sesuatu
  2. Kesulitan untuk berbicara taupun membaca
  3. Memburuknya keseimbangan tubuh
  4. Terbatasnya perhatian
Baca Juga :  Harus Dibaca Sebelum Membeli Alat Bantu Dengar

Infeksi telinga OME ini biasanya bisa menghilang dalam waktu 3 bulan saja. Adapun gejala dari OMSK adalah adanya gangguan pendengaran, keluarnya cairan dari dalam telinga serta adanya lubang di gendang telinga. Biasanya seseorang yang mengalami OMSK tidak akan mengalami Demam.

Penyebab dan Faktor Resiko

Flu dan pilek memang merupakan penyakit yang biasa menyerang tubuh ketika imunitas sedang menurun. Namun, tahukah anda bahwa adanya flu dan pilek juga bisa menjadi penyakit infeksi telinga? Infeksi telinga kronis bisa berkembang dari infeksi telinga yang akut dan terus berulang serta berlangsung lama. Anda perlu melakukan pencegahan adanya infeksi telinga akut jika tidak ingin terkena infeksi telinga kronis. Apabila saluran eustachius tersumbat, maka bisa jadi infeksi telinga akut akan menyerang.

Penderita yang memiliki resiko tinggi adalah mereka yang berusia anak-anak. Hal ini di karenakan usia anak-anak memiliki saluran yang lebih pendek dan sempit sehingga salurannya akan mudah untuk tersumbat. Adanya penumpukan pada telinga tengah dapat menyebabkan adanya infeksi, hal inilah yang akan menyebabkan munculnya rasa sakit dan gejala penyakit telinga lainnya. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko infeksi telinga kronis:

  1. Infeksi saluran pernapasan
  2. Terjadinya sindrom down
  3. Memiliki langit-langit mulut sumbing
  4. Adanya keluarga yang pernah memiliki penyakit infeksi telinga ear

Pengobatan

Infeksi telinga sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, berbeda dengan penyakit lain yang membutuhkan perawatan khusus. Namun, jika anda memiliki masalah pada telinga maka jangan sampai anda abaikan. Segera periksakan ke dokter THT atau konsultasi ke Hearing Center Jakarta agar penyebab dan jenis infeksi telinganya bisa di ketahui.

Perawatan

Berikut ini merupakan beberapa perawatan yang bisa anda lakukan untuk infeksi telinga kronis:

Baca Juga :  Tips Merawat Telinga Dengan Mudah

a.    Mengepel Kering

Toilet aural atau mengepel kering adalah sebuah perawatan dimana dokter dapat menyiram dan membersihkan telinga dari kotoran. Dengan cara ini, maka dapat mempercepat pemulihan dari berbagai jenis infeksi telinga kronis. Contohnya ialah seperti infeksi OMSK.

b.    Pengobatan

Seseorang yang mengalami infeksi telinga bisa merasa lega apabila meminum beberapa jenis obat Pereda nyeri ataupun demam yang biasa di jual bebas. Jenis obat Pereda nyeri yang bisa di konsumsi di antaranya ialah asetaminofen ataupun antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Untuk anak-anak jangan sampai mengonsumsi aspirin ya.

c.     Antibiotik

Apabila penyebab dari infeksinya adalah bakteri, maka antibiotic bisa anda gunakan karena ia akan bekerja apabila penyebab infeksinya adalah bakteri. Namun, hal ini tidak akan begitu membantu apabila infeksi yang terjadi adalah infeksi telinga kronis. Apabila seseorang mengalami OMSK maka dapat di gunakan tetes telinga antibiotic yang di resepkan contohnya adalah ciprofloxacin. Jika ingin meminum antibiotic, anda perlu waspada karena antibiotic juga memiliki efek samping. Sehingga jika tidak di perlukan, lebih baik untuk tidak menggunakannya karena bisa memperburuk kondisi yang ada.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang infeksi telinga kronis. Apabila anda mengalami beberapa gejala di atas, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan Hearing Center Jakarta.