Sebenarnya, Pentingkah Menggunakan Alat Bantu Pendengaran?

Pentingkah Menggunakan Alat Bantu Pendengaran

Pentingkah menggunakan alat bantu pendengaran? Bagi sebagian orang yang mengalami gangguan pada pendengaran, mungkin pertanyaan ini sempat terlintas dalam benak. Faktanya, sampai saat ini banyak orang yang masih enggan memakai alat bantu dengar, meskipun secara diagnosis mereka membutuhkannya. 

Lalu, alasan apa yang sebenarnya membuat orang dengan gangguan pendengaran justru enggan menggunakan alat bantu dengar dan sebenarnya pentingkah menggunakan alat bantu pendengaran

Mengapa Orang Enggan Memakai Alat Bantu Dengar?

Pentingkah Menggunakan Alat Bantu Pendengaran

Ada beberapa orang yang sebenarnya membutuhkan alat bantu dengar justru menolak atau mengabaikan untuk menggunakannya. Hal ini karena didasari beberapa alasan, seperti misalnya:

Alat Bantu Dengar Memperburuk Penampilan

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa penggunaan alat bantu dengar justru membuat penampilan mereka menjadi lebih buruk. Mungkin bagi mereka keberadaan alat ini juga menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Solusinya, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar Anda bisa mendapatkan alat bantu dengar yang nyaman dan cocok dengan Anda. 

Alat Bantu Pendengaran Tak Lagi Efektif

Pada beberapa kasus gangguan pendengaran memang bisa menjadi semakin parah. Sayangnya hal ini tidak disertai dengan peningkatan alat bantu dengar yang digunakan. Karena dirasa tak lagi efektif maka mereka memilih untuk tidak menggunakannya lagi. Lebih baik, segera lakukan peningkatan alat bantu dengar jika Anda merasa adanya ketidaknyamanan. 

Pentingkah Menggunakan Alat Bantu Pendengaran?

Penggunaan alat bantu dengar memang akan direkomendasikan oleh audiologist jika memang dapat membantu orang yang menderita gangguan pendengaran. Itulah mengapa penggunaannya dinilai sangat penting. 

Ada beberapa alasan lain yang membuat penggunaan alat bantu pendengaran ini menjadi sangat penting, diantaranya:

Melatih Pendengaran Agar Lebih Baik

Memakai alat bantu pendengaran secara rutin secara tidak langsung dapat melatih otak Anda agar kembali terbiasa dengan suara atau bunyi-bunyian yang pernah didengar sebelumnya. Dengan melatih otak secara rutin, kualitas hidup juga akan menjadi lebih baik secara keseluruhan. 

Penggunaan Alat Bantu Dengar Dapat Melindungi Otak di Masa yang Akan Datang

Ada salah satu studi yang telah ditampilkan dalam Alzheimer’s Association International Conference 2019 yang digelar di Los Angeles. Studi ini diinisiasi oleh University of Exeter and King’s College London dengan melibatkan lebih dari 25.000 peserta dengan usia 50 tahun ke atas. 

Hasil sudi menyebutkan bahwa orang-orang yang masuk dalam objek penelitian dan menggunakan alat bantu dengar rupanya memiliki nilai yang lebih tinggi dalam memori kerja. Mereka yang terbiasa menggunakan alat bantu dengar juga memiliki refleksi atau reaksi yang lebih cepat, lebih konsentrasi dan lebih  bisa mendengarkan orang lain yang tengah berbicara dengan mereka. 

Inti dari studi ini menjelaskan bahwa alat bantu dengar dapat membantu meningkatkan kemampuan pendengaran sehingga dapat membantu otak tetap dapat bekerja dengan tajam dan fokus.

Terhindar dari Risiko Depresi

Pada banyak orang kehilangan kemampuan mendengar akan memberikan efek isolasi sosial. Mereka seolah tak bisa lagi melakukan sosialisasi seperti sebelum-sebelumnya. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi terasing, dan jika berlangsung lama dapat memunculkan risiko depresi. Apalagi pada orang dengan usia lanjut, risiko ini akan semakin besar. 

Mengingat pentingnya penggunaan alat bantu pendengaran maka penting bagi Anda untuk memilih alat bantu yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Alangkah lebih baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Bagi Anda yang memang membutuhkan pemasangan alat bantu dengar, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu di klinik AQM Hearing Center.

AQM Hearing Center dapat memberikan berbagai jenis pelayanan terkait alat bantu dengar, mulai dari konsultasi pemilihan, pemasangan hingga perawatan. Selain itu Anda juga bisa membeli berbagai produk alat bantu dengar beserta aksesoris dan baterainya. Tersedia berbagai jenis alat bantu dengar dengan variasi harga yang beragam, sehingga cukup memberikan pilihan bagi Anda yang memiliki budget terbatas. 

Dengan pembahasan pentingkah menggunakan alat bantu pendengaran ini kita jadi paham dan mengerti bahwa ternyata penggunaan alat bantu dengar memang penting, terutama bagi orang yang usia lanjut dan memiliki gangguan pendengaran. 

Baca Juga :  Awas, Begini Ciri-Ciri Telinga Rusak yang Harus Anda Waspadai!