Bahaya Gangguan Pendengaran di Tempat Kerja

gangguan pendengaran

Apakah anda sering berada atau bekerja di lingkungan yang bising? Tahukah anda bahwa lingkungan yang bising dapat memicu terjadinya ganguan pendengaran. Cidera akibat kebisingan ini dapat menyebabkan gangguan pendengran yang signifikan. Namun anda tak perlu khawatir, dalam banyak kasus masalah ini dapat diatasi hingga 100%.

Kebisingan Penyebab Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran yang berasal dari paparan suara bising disebut dengan Noise Induced Hearing Loss (NIHL). Suara bising yang terdengar berulang di tempat kerja bisa menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau biasa disebut dengan tinnitus (berdenging). Yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan ganguan pendengaran permanen. Biasanya gangguan pendengaran ini terjadi akibat paparan tunggal seperti bunyi ledakan. Akan tetapi, lebih umum terjadi seiring berjalannya waktu.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk melindungi pendengaran anda yaitu dengan menggunakan pelindung teinga. Terutama buat anda yang bekerja di tempat yang bising ini bisa menjadi langkah sederhana untuk mencegah gangguan pada pendengaran anda secara jangka panjang yang dapat bertahan seumur hidup.

Apa Saja Penyebab Kebisingan di Tempat Kerja?

Jangan anggap remeh kebisingan di empat kerja anda, karena bisa memberikan dampak yang fatal. Gangguan pada pendengaran bisa mempengaruhi produktivitas anda dalam bekerja. Pendengaran yang terganggu akan menurunkan kemampuan komunikasi, sehingga interaksi dengan orang lain menjadi kurang efektif. Menurunnya kemampuan pendengaran anda juga bisa menyebabkan stres psikologis maupun fisik. Ini lah beberapa bahaya yang disebabkan oleh kebisingan di tempat kerja yang harus anda ketahui:

  • Penggunaan alat berat atau mesin

Di tempat kerja tentunya anda akan sering menjumpai alat-alat berat maupun mesin-mesin yang mengeluarkan suara keras atau bising. Sebagaian besar alat tersebut memiliki tingkat suara yang berbeda-beda mulai dari yang sedang hingga keras. Oleh karena itu, perusahaan biasanya telah menyiapkan SOP mereka sendiri dan menyediakan alat pelindung diri yang tepat untuk karyawannya salah satunya yaitu pelindung telinga.

  • Pengunaan Alat Pneumatik
Baca Juga :  Mengenal Gejala dan Penyebab Othematoma

Alat pneumatik adalah alat yang digunakan untuk mengukur pada suatu sistem menggunakan tekanan udara dan menghasilkan suara yang kuat. Oleh karena itu, pengunan alat pneumatik yang berkelanjutan tanpa mengunakan pelindung telinga dapat menyebabkan gangguan pada telinga.

  • Alat Tumbuk

Banyak alat yang bisa menghasilkan suara yang keras seperti alat tumbuk, palu jatuh, paku keling, alat tempa, dan lainnya. Apabila telinga anda sering terpapar suara tersbut dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran yang serius.

  • Lingkungan tempat kerja

Tempat dimana anda bekerja juga bisa mempengaruhi pendengaran anda. Sering berada di tempat yang bisisng seperti taman hiburan dan bar bisa menyebabkan masalah pada telinga anda. Selain itu, bunyi penyedot debu, mesin atau blower secara terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan pendengaran anda.

  • Bengkel

Suara bising yang disebabkan oleh alat-alat berat yang berdaya tinggi memiliki resiko terjadinya gangguan pada pedengaran.

  • Konstruksi

Buat anda yang bekerja di area kerja konstruksi, terdapat banyak bahaya yang harus anda perhatikan. Salah satu bahayanya yaitu kebisingan yang dihasilkan oleh alat-alat berat setiap harinya.

  • Tempat konser

Banyak orang yang terlalu menikmati pertunjukan konser, akan tetapi tidak menyadari jika tempat konser menjadi sumber kebisingan yang bisa merusak pendengaran. Selain konser, pertunjukan olahraga juga menjadi penyebab kebisingan yang sering diabaikan.

  • Tempat pangkalan dan bandara militer

Buat anda yang tinggal ataupun bekerja di bandara suara bising meang tidak bisa anda hindara. Akan tetapi anda bisa melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan menggunakan pelindung telinga, untuk menjaga kesehata pendengaran anda.

Cara Mengatasi Kebisingan

Buat anda yang bekerja di tempat bising terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah gangguan pendengaran. Anda bisa melindungi telinga anda dari suara keras dengan menggunakan penutup telinga seperti:

  • Headphone
  • Earphone
  • Earplug atau penyumbat telinga
  • Earmuff atau penutup telinga yang memiliki bentuk seperti headphone
Baca Juga :  Benarkah Kolesteatoma Berupa Tumor Jinak?

Selain mengunakan alat penutup telinga tersebut anda juga bisa mengikuti tes pendengaran secara rutin. Anda bisa melakukan tes pendengaran minimal setiap setahun sekali. Anda yang berusia di bawah 50 tahun setidaknya anda melakukan tes pendengaran setiap 10 tahun sekali. Untuk anda yang berusia di atas 50 tahun, tes pendengaran setidaknya bisa anda lakukan setiap 3 tahun sekali. Tes pendengaran bisa anda lakukan dengan mengujungki klinik pendengaran AQM Hearing Center.

Klinik Pendengaran AQM Hearing Center

Nah itu tadi merupakan penyebab kebisingan yang bisa menggangu pendengaran yang harus anda hindari. Anda harus bisa lebih proaktif lagi dengan gangguan pendengaran di tempat kerja. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk memastikan kebisingan di tempat kerja anda tidak mengakibatkan gangguan pendengaran permanen.

Penting buat anda untuk memperhatikan tingkat kebisingan di tempat kerja anda. Apabila suara yang dihasilkan konsisten melebihi 85 desibel dalam 8 jam kerja, anda harus mengambil tindakan untuk melindungi telinga anda sesegera mungkin. Anda bisa menggunakan pelindung telinga yang bisa anda dapatkan di AQM Hearing Center. Sleian itu, untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran anda bisa melakukan pemeriksaan telinga secara rutin. Anda bisa mengunjungi klinik kami AQM Hearing Center untuk mengkonsultasikan masalah pendengaran anda.