Tips Bahasa Isyarat

Bahasa isyarat merupakan suatu alat komunikasi yang menarik untuk kita pelajari. Biasanya bahasa isyarat ini digunakan untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Bahasa isyarat ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kembali ketrampilan komunikasi yang mereka butuhkan. Ternyata tidak hanya orang tuli saja yang memperlajari bahasa isyarat. Bagi seseorang yang sedang mengalami gangguan pendengran lainnya bahasa isyarat ini juga akan membantu komunikasi mereka. Selain itu buat kita yang sedang berada dilingkungan dengar suara yang keras, bahasa isyarat bisa menjadi solusi untuk komunikasi karena suara kita susah terdengar dengan jelas. Lalu bagaimana cara belajar bahasa isyarat dengan mudah? berikut AQM Hearing Center bagikan tips bahasa isyarat dengan mudah.

Apa Itu Bahasa Isyarat?

Sebelum kita mengupas tentang tips bahasa isyarat, sebenarnya apa itu bahasa isyarat? Berdasarkan The National Institute on Deafness and Other Communocation Disorders (NIDCD) bahasa isyarat merupakan bahsa yang lengkap dan kompleks yang menggunakan tanda-tanda dengan menggerakan tangan yang dikombinasikan dengan ekspresi wajah dan postur tubuh.

Bahasa isyarat merupakan bahasa yang menggunakan bahasa tubuh, gerakan bibir, maupun gerakan tangan ataupun jari untuk komunikasi. Umumnya bahasa isyarat ini digunakan oleh orang yang tunarungu karena mengalami kerusakan atau gangguan pada indra pendengaran. Orang tunarungu ini membutuhkan bahasa non verbal yaitu berupa bahasa isyarat menggunakan gerakan tangan ataupun jari agar bisa berkomunikasi dengan baik sesamanya maupun dengan orang lain.

Jenis Jenis Bahasa Isyarat

Tahukah anda ternyata bahasa isyarat memiliki banyak jenisnya? Sama halnya bahasa pada umumnya, bahasa isyarat juga mempunyai karakteristik yang berbeda di setiap negara.  Bahasa isyarat yang paling umum digunakan di dunia yaitu ASL (American Sign Langauge). ASL ini tak hanya digunakan di Amerika Serikat saja, melainkan juga negara Kanada, Afrika Barat, dan beberapa negara di Asia Tenggara juga menggunakan bahasa tersebut. Terdapat juga BSL (British Sign Language) yang digunakan di Britania Raya dan menjadi pilihan utama bahasa isyarat warga inggris.

Baca Juga :  Kesehatan Telinga: Tips Agar Telinga Tetap Sehat

Nah, untuk di Indonesia sendiri memiliki dua jenis bahasa isyarat yaitu SIBI dan BISINDO. Apa itu SIBI dan BISINDO? SIBI atau Sistem Bahasa Isyarat Indonesia yang mengadopsi dari ASL. SIBI ini lebih rumit untuk dipelajari dan bersifat baku. Beda hal nya dengan BISINDO atau Bahasa Isyarat Indonesia. BISINDO ini terlahir dan muncul secara alami dari kelompok orang tuli atau tunarungu. Pada setiap daerah memiliki keunikan BISINDO sendiri-sendiri.

Tips Bahasa Isyarat

Ada banyak cara yang bisa anda coba untuk belajar bahasa isyarat. Saat ini ada bergitu banyak cara dengan metode yang berbeda untuk belajar bahasa isyarat. Anda hanya cukup memilih dan menyesuaikan metode mana yang paling cocok untuk belajar anda. Selain itu, tahukan anda? ternyata ada beberapa cara gratis untuk belajar bahasa isyarat, sehingga anda tidak perlu merogoh kocek untuk mempelajarinya.

Berikut akan kami bagikan 10 tips bahasa isyarat dengan berbagai macam metode yang bisa anda coba.

  1. Mulailah dengan belajar alfabet.

Anda bisa memulai belajar bahasa isyarat dari yang paing dasar terlebih dahulu yaitu belajar alfabet. Bahasa isyarat ini juga memiliki 26 huruf sama seperti alfabet pada umumnya. Namun, huruf alfabet ini berbeda-beda pada jenis ASL, BSL, SIBI maupun BISINDO.

  1. Cari guru privat.

Jika anda membutuhkan seseorang untuk membatu anda belajar bahasa isyarat, anda bisa menggunakan jasa guru privat. Saat ini telah banyak guru privat bahasa isyarat yang bisa anda temukan.

  1. Ikut komunitas

Saat ini telah banyak orang yang peduli terhadap orang tuli, bahkan sampai membentuk suatu komunitas. Anda bisa bergabung maupun aktif mengikuti kelas yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut. Selain itu, apaabila ada ingin belajar bahasa isyarat lebih dalam lagi anda bisa masuk ke perguruan tinggi yang mempelajari tentang bahasa isyarat.

  1. Buat kelompok belajar.
Baca Juga :  9 Cara Melindungi Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Anda bisa membuat kelompok belajar dengan teman-teman anda untuk belajar bahasa isyarat. Temukan kelompok belajar bahasa isyarat anda yang bisa menjadi sumber yang bagus. Dengan belajar kelompok anda akan dengan mudah berbagi ilmu dan informasi seputar bahasa isyarat.

  1. Belajar melalui kamus bahasa isyarat.

Anda bisa menemukan kamus ini di toko-toko buku sekitar anda. Selain itu, kamus bahasa isyarat ini juga ada yang gratis lo, biasanya bisa anda temukan di perpustakaan.

  1. Mengikuti kursus online.

Naah tips bahasa isyarat berikut ini sangat cocot untuk anda terapkan di era pandemi ini. Dengan mengikuti kelas online anda bisa belajar bahasa isyarat dengan fleksibel dimanapun anda berada.

  1. Menonton vidio.

Cara yang paling gampang untuk belajar bahasa isyarat ini bisa anda lakukan dengan menonton vidio tutorial di youtube. Ada banyak vidio yang bisa anda temukan disana

  1. Belajar bersama teman.

Buat anda yang mempunyai teman yang mengetahui tentang bahasa isyarat, anda bisa meminta bantuannya.

  1. Belajar dari berbagai sumber.

Ada banyak program perangkat lunak, situs web, maupun aplikasi yang bisa menjadi sumber belajar anda.

  1. Rajin berlatih.

Setalah anda belajar bahasa isyarat, sebaiknya anda langsung mempraktekannya agar mudah diingat.

Nah itu tadi tips bahasa isyarat yang wajib anda coba. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share ke orang-orang terdekat. Selamat Mencoba.

Bagi anda yang mengalami gangguan pendengaran anda bisa menghubungi kami di AQM Hearing Center, kami akan memberikan solusi terbaik untuk segala masalah pendengaran anda.