6 Tips Memilih Alat Bantu Pendengaran Terbaik

Tips Memilih Alat Bantu Pendengaran

Tips memilih alat bantu pendengaran untuk Anda atau keluarga Anda yang mengalami gangguan pendengaran. Penggunaan alat bantu pendengaran sangat dibutuhkan bagi yang orang yang mengalami gangguan pendengaran agar kehidupan sosial mereka menjadi lebih baik. Meskipun alat bantu dengar ini tidak bisa mengembalikan pendengaran 100%, namun alat bantu dengar ini bisa membantu Anda agar dapat mendengar dengan lebih baik.

Mengingat pentingnya peran dan fungsi dari alat ini, ada beberapa tips memilih alat bantu pendengaran yang mesti anda perhatikan diantaranya:

Kunjungi Audiologist Terlebih Dahulu

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah alat bantu dengar atau hearing aid, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh dengan audiologist. Mereka adalah orang yang memiliki keahlian khusus dalam memeriksa fisik telinga dan juga beberapa tes pendengaran. 

Jika dirasa memang diperlukan penggunaan hearing aid, maka audiologist tentu akan menyarankan Anda untuk membelinya. 

Kenali Penyebab atau Pencetus Gangguan Pendengaran

Ada dua penyebab inti yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran, dan Anda harus mengetahuinya sebelum memutuskan untuk membeli hearing aid. Penyebab pertama gangguan pendengaran adalah karena faktor konduktif. Yaitu ketika terdapat penghalang fisik yang dapat mengganggu masuknya suara ke dalam telinga. Seperti misalnya gendang telinga pecah, masuknya benda asing, lilin, dan sebagainya. 

Penyebab kedua adalah karena faktor sensorineural. Yaitu gangguan pendengaran yang terjadi ketika saraf di bagian telinga dan rambut kecil mengalami kerusakan. Penyebabnya bermacam, mulai dari trauma. penyakit, suara keras, genetika atau usia. Dengan mengetahui penyebab gangguan pendengaran, audiologist dapat membantu memilihkan jenis hearing aid yang tepat untuk Anda. 

Pilih Alat Bantu Dengar yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Kondisi

Salah satu tips memilih alat bantu pendengaran adalah selalu sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Tidak semua jenis gangguan pendengaran cocok ketika dipasangkan dengan jenis hearing aid tertentu. Sebagai panduan, coba simak beberapa jenis alat bantu dengar berikut:

  • In the ear, yaitu jenis alat bantu dengar yang dipasang di bagian luar lubang telinga dan cocok bagi penderita gangguan pendengaran dengan skala ringan hingga berat. 
  • In the canal, merupakan hearing aid yang dibuat khusus agar alat ini bisa masuk pada sebagian saluran telinga. Alat bantu ini cocok untuk orang dewasa yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang.
  • Behind the ear, adalah alat bantu yang dipasang tepat di bagian belakang telinga dan akan dihubungkan dengan lubang suara khusus yang ada pada saluran telinga. Alat ini bisa digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga parah. 
  • Receiver in the ear, mirip dengan behind the ear akan tetapi pada alat bantu ini nantinya akan dihubungkan dengan speaker yang dipasang di bagian dalam telinga menggunakan kabel tipis. 

Pilih Alat Bantu Pendengaran yang Bisa Dilakukan Penyesuaian Fungsi

Untuk membeli alat bantu dengar tentu dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Karenanya cobalah untuk meminta informasi apakah alat bantu yang akan Anda pilih dapat menerima peningkatan fungsi kedepannya. Tentu akan sangat membantu jika fungsi alat bantu ini masih bisa ditingkatkan, sehingga dapat mengantisipasi jika terjadi gangguan yang lebih parah di kemudian hari. 

Pentingnya Garansi Produk

Ketika akan membeli alat bantu pendengaran, jangan lupa untuk meminta informasi apakah produk yang akan dibeli memiliki garansi kerusakan atau tidak. Termasuk juga kerusakan apa saja yang masuk dalam klaim garansi dan juga sebaliknya. Dengan mengetahui adanya garansi ini Anda dapat melakukan klaim jika ternyata terjadi kerusakan pada alat selagi masa garansi masih berlaku. Sehingga Anda tidak perlu keluar uang untuk perbaikan.

Sesuaikan Budget Anda

Tips memilih alat bantu pendengaran terakhir yaitu, selalu sesuaikan budget yang Anda miliki. Tentu setiap alat bantu dengar memiliki range harga masing-masing, tergantung pada fitur yang tersedia pada alat tersebut. Pilihlah alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tidak melebihi anggaran atau budget Anda. 

AQM Hearing Center merupakan solusi terbaik untuk segala kebutuhan alat bantu pendengaran Anda. Selain menyediakan berbagai produk hearing aid, AQM Hearing Center juga memberikan layanan klinik terkait gangguan pendengaran. Mulai dari konsultasi dengan tenaga ahli, pemasangan dan perawatan hearing aid, cek kemampuan pendengaran, dan juga pembuatan cetak telinga dengan harga yang cukup bersahabat. 

AQM Hearing Center juga menyediakan berbagai jenis alat bantu dengar dengan range harga yang beragam, jadi akan membantu bagi Anda yang memiliki budget terbatas agar tetap bisa mendapatkan alat bantu sesuai kebutuhan. 

Itulah beberapa tips memilih alat bantu pendengaran, semoga bermanfaat dan membantu. 

Baca Juga :  Penjualan Baterai dan Perlengkapan Alat Bantu Dengar Depok