Yuk, Kenali Macam-Macam Penyakit Telinga Yang Berbahaya

Macam-Macam Penyakit Telinga Yang Berbahaya

Telinga adalah organ vital yang wajib dijaga kesehatannya. Jika sampai rusak maka nikmat mendengar pun akan hilang seketika. Hal ini bisa berdampak besar di banyak aspek kehidupan. Selain kesehatan yang pasti terganggu, rusaknya organ telinga juga bisa mempengaruhi psikologi seseorang. Contohnya, orang menjadi malu dan depresi sebab tidak percaya diri saat bergaul di masyarakat. Oleh karena itu, kesehatan telinga menjadi aspek yang wajib diperhatikan setiap saat.

Telinga terdiri dari beberapa organ yang terletak pada bagian tertentu. Mulai dari telinga luar, telinga tengah, hingga bagian telinga dalam, semuanya saling berhubungan satu sama lain. Jika salah satu ada yang rusak, maka fungsi telinga lainnya bisa terganggu. Apalagi banyak penyakit yang menyerang organ telinga sehingga wajib diwaspadai. Nah kali ini, kita akan membahas macam-macam penyakit telinga yang berbahaya, yang bisa menimpa semua kalangan usia.

Infeksi Telinga Luar Otitis Eksterna

Macam-Macam Penyakit Telinga Yang Berbahaya

Otitis Eksterna adalah infeksi yang terjadi pada organ telinga bagin luar. Salah satu penyebabnya adalah masuknya air ke bagian telinga sehingga membuatnya jadi lebih lembap. Akibatnya, bakteri pun lebih mudah berkembang dan merusak fungsi pendengaran. Selain disebabkan air, terlalu sering mengorek telinga juga dapat menyebabkan terjadinya Otitis Eksterna. Adapun gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah rasa sakit saat mengunyah (di telinga), gatal di saluran telinga, cairan yang keluar dari telinga dan lain-lain.

Otitis Media, Infeksi Telinga Bagian Tengah

Otitis media masuk ke dalam macam-macam penyakit telinga yang berbahaya. Infeksi ini menyerang telinga bagian tengah yang bisa menimpa anak-anak hingga kalangan deawsa. Otitis media adalah gejala pembengkakan saluran tuba eustachius yang dipicu oleh berbagai penyakit lainnya. Efek yang ditimbulkan adalah rasa sakit di telinga, demam, hingga mengalami tuli sementara.

Baca Juga :  6 Daftar Penyakit yang Bisa Menyebabkan Orang Hilang Pendengaran (Tuli)

Tersumbatnya Telinga Akibat Earwax

Masih berusia muda namun fungsi pendengaran sudah menurun? Hal ini bisa saja disebabkan karena saluran telinga yang tersumbat oleh earwax. Apa itu earwax? Earwax adalah cairan alami yang dihasilkan kelenjar telinga untuk melindungi telinga dari berbagai partikel berbahaya. Hanya saja, jika jumlahnya banyak dan menumpuk, maka earwax akan mengganggu fungsi pendengaran. Kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud menjadi penyebab utama dari penyakit ini.

Telinga Sering Berdenging Akibat Tinnitus

Orang yang mengidap penyakit ini sering mengalami telinga berdenging, atau bunyi “nging” yang terjadi secara berkala. Timbulnya bunyi “nging” ini disebabkan oleh terganggunya syaraf pendengaran di bagian dalam yang sering terjadi pada kalangan lanjut usia. Hal ini merupakan efek jangka panjang dari kebiasaan di masa lalu dan baru memuncak saat orang tersebut sudah tua.

Selain terjadi kepada lansia, tinnitus bisa juga menimpa kaum muda. Beberapa aktivitas yang memicu terjadinya tinnitus adalah kebiasaan buruk seperti mendengarkan suara terlalu keras, penumpukan kotoran telinga, atau penyakit meneire. Jadi, Anda yang bekerja di lingkungan dengan suara keras harus meningkatkan waspada sejak dini. Sebab, ada potensi terkena tinnitus yang mungkin terjadi hingga terkena tuli permanen.

Terapi Alat Bantu Dengar untuk Penyakit Telinga Permanen

Bagi yang divonis mengalami kerusukan telinga permanen, maka jangan dulu berputus asa. Anda masih bisa mendengar seperti orang normal dengan bantuan terapi alat bantu dengar. Alat bantu dengar atau ABD adalah alat yang berfungsi mengembalikan fungsi pendengaran pada seseorang yang mengidap penyakit telinga. Alat ini dipasangkan di area telinga, dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Misalnya, ada tipe ITE, BTE, atau tipe pocket yang bisa dipilih sesuai kondisi.

Baca Juga :  Menggunakan Alat Bantu Dengar vs Implan Koklea, Mana yang Terbaik?

Orang yang menggunakan ABD bisa kembali mendengar dan membaur dengan masyarakat secara lebih percaya diri. Lalu, di mana saya bisa mendapatkan ABD? Untungnya, alat bantu dengar sudah bisa didapatkan di banyak klinik kesehatan. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah ABD AQM Hearing Center. Klinik khusus telinga ini punya reputasi yang bagus dan hanya menyediakan barang berkualitas. Selain variasi produk yang beragam, harga yang ditawarkan pun sangat menarik. Selain itu, ada layanan konsultasi untuk memastikan produk apa yang cocok untuk Anda.

Itulah info tentang macam-macam penyakit telinga yang berbahaya, semoga informatif dan bermanfaat.