Penyebab Telinga Berdenging dan Keluar Cairan, Anda Wajib Waspada

Penyebab Telinga Berdenging dan Keluar Cairan

Telinga kerap mengalami keluhan yang berbeda-beda. Mulai dari keluhan ringan hingga keluhan berat, semuanya bisa terjadi tanpa bisa diprediksi. Contohnya, gejala telinga berdenging dan mengeluarkan cairan yang terjadi secara tiba-tiba. Lantas, apa sih penyebab telinga berdenging dan keluar cairan? Lalu, apakah gejala tersebut menimbulkan dampak berbahaya untuk telinga kita? Untuk menjawabnya Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Kenapa bisa Terjadi Telinga Berdenging?

Penyebab Telinga Berdenging dan Keluar Cairan

Fenomena telinga berdenging sering terjadi dengan penyebab yang tidak diketahui. Misalnya, Anda sedang bersantai dan menikmati camilan, lalu tiba-tiba muncul suara berdenging yang entah dari mana asalnya. Nah, bagaimana dunia medis menjawab fenomena ini?

Menurut ilmu medis, telinga berdenging dikenal dengan istilah tinnitus. Fenomena ini ditandai dengan munculnya suara berdenging di dalam telinga, atau suara-suara lainnya tanpa pemicu dari sumber luar. Secara umum, penyebab terjadinya tinnitus adalah kelainan yang terjadi di organ bagian telinga (luar, tengah, dalam). Misalnya, ada syaraf-syaraf yang sudah rusak, otot atau tulang yang terganggu, atau bagian tubuh lainnya yang masih berhubungan dengan telinga.

Tetapi, penyumbang utama dari telinga berdenging adalah rusaknya syaraf-syaraf bagian dalam telinga. Di dalam telinga, ada rambut-rambut kecil yang sangat sensitif terhadap bunyi suara. Rambut ini bisa memicu sel-sel di telinga dan menyampaikannya ke bagian otak untuk kemudian diterjemahkan sebagai suara.  Nah, jika rambut-rambut ini terganggu, terjadilah fenomena implus elektrik tak beraturan yang berakhir pada fenomena telinga berdenging.

Kondisi ini sering menimpa mereka yang punya kebiasaan buruk dan tidak menjaga telinga dengan baik. Misalnya, sering mendengar music dengan volume keras, tinggal di lingkungan dengan polusi suara ekstrim, konsumsi obat tertentu, atau dipengaruhi oleh faktor usia.

Baca Juga :  Kerusakan Organ Telinga yang Dapat Membuat Jadi Tuli: Penyebab, Gejala, Tips Mencegah, dan Solusi Mengatasinya

Kenapa Telinga Mengeluarkan Cairan?

Selain telinga berdenging, masalah lain yang sering muncul adalah telinga mengeluarkan cairan. Cairan ini bisa berbentuk serumen(kototan telinga), nanah, atau bahkan darah. Selain itu, ada juga cairan bertekstur bening yang disebut sebagai (otorrhea). Gejala ini tentu sangat menggaggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, orang yang mengidap gejala ini cenderung dijauhi karena dicap sebagai orang yang “jorok”. Padahal, keluarnya cairan di telinga merupakan gejala  medis yang bisa terjadi karena berbagai hal.

Umumnya, telinga yang mengeluarkan cairan terjadi akibat infeksi dan iritasi di dalam telinga. Anda yang mengalami ini bisa terkena gejala sakit di telinga, hidung tersumbat, migren, telinga keluar cairan, hingga demam tinggi. Untuk mengobatinya, Anda perlu datang ke THT dan berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan menentukan penanganan untuk kondisi Anda, apakah diberikan obat, proses pembedahan (untuk kondisi yang parah), atau melalui terapi tertentu.

Penyebab Telinga Berdenging dan Mengeluarkan Cairan

Secara umum, penyebab telinga berdenging dan keluar cairan terjadi akibat dua faktor utama. Pertama disebabkan karena faktor alami. Kedua, dibentuk dari kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus. Secara khusus, penyebab dua gejala tersebut adalah sebagai berikut.

  • Gangguan syaraf di bagian dalam telinga, khususnya bagian tengah
  • Kebiasaan buruk seperti mendengarkan suara keras, kurang menjaga kebersihan telinga, atau konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Faktor usia
  • Terkena Meneire’s Desease
  • Trauma tertentu yang terjadi di bagian telinga. Misalnya, kecelakaan atau terkena benturan yang mempengaruhi sel syaraf otak.
  • Gejala medis tertentu seperti hipertensi, diabetes, dan lain-lain.
  • Dipengaruhi faktor stress

Cara Mengatasi Telinga Berdenging dan Keluar Cairan

Setelah mengetahui penyebab telinga berdenging dan keluar cairan, kini kita membahas tentang solusi menyembuhkan penyakit ini. Secara medis, untuk mengatasi masalah telinga Anda harus datang ke dokter THT. Sebab, dokterlah yang bisa memastikan kondisi Anda dan serta memberikan saran yang tepat untuk penyembuhan. Pengobatan bisa melalui konsumsi obat, penanganan medis, atau terapi alat bantu dengar.

Baca Juga :  Cara Kerja Telinga Saat Mendengar

Alat bantu dengar (ABD) adalah pilihan yang cukup populer. Alat ini menjadi solusi berbagai masalah pendengaran, termasuk telinga berdenging dan keluar cairan. Alat bantu dengar bisa didapatkan di klinik AQM Hearing Center. Klinik ini menyediakan berbagai ABD berkualitas dengan penawaran harga yang bisa disesuaikan. Jika bingung memilih ABD yang mana, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tenaga profesional klinik ini siap membantu pemilihan ABD serta melayani Anda dengan ramah.