Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar? Simak Selengkapnya Disini!

cara kerja alat bantu dengar

Belum banyak yang mengetahui bagaimana cara kerja alat bantu dengar.  Untuk bisa membantu pendengaran pasien, alat ini memiliki cara kerja khusus sehingga bunyi yang tadinya tidak terdengar mampu terdengar setelah menggunakan alat bantu dengar tersebut. Alat bantu dengar atau ABD ini akan membuat volume suara yang masuk ke telinga ini berubah menjadi besar.

Dengan ABD, orang yang mengalami gangguan pendengaran ini bisa mendengarkan, menjalin komunikasi bahkan mampu menjalin interaksi sosial lebih lancar. Alat ini juga sangat terbukti membantu pasien dalam melakukan aktivitas setiap harinya. Alat ini memang tidak akan mengembalikan pendengaran menjadi normal namun menjadi salah satu cara mengatasi gangguan pendengaran terbaik selain implan koklea.

Mengetahui Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Mengetahui cara kerja alat bantu dengar ini sangat penting. Alat ini didalamnya memiliki berbagai macam komponen yang mana bisa membantu pendengaran menjadi lebih baik. Tiga komponen penyusun alat bantu dengar ini adalah mikrofon, amplifier dan speaker. Alat bantu dengar ini akan menerima suara melalui mikrofon. Alat bantu dengar tersebut mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik setelah itu akan mengirimkan ke bagian amplifier.

Bagian penguat suara atau amplifier ini akan meningkatkan kekuatan sinyal kemudian mengirimkan ke telinga melalui speaker. Alat ini akan mampu membantu Anda memperbesar getaran suara yang mana masuk melalui telinga. Suara ini kemudian masuk melalui sel rambut. Sel inilah yang akan mendeteksi getaran yang besar.

Sel rambut yang akan mengubah sinyal saraf yang dilewatkan oleh otak.  Sayangnya semakin besar atau parah kerusakan sel itu akan semakin parah gangguan pendengaran. Jika Anda tidak bisa mendengar suara dengan baik dibutuhkan peningkatan volume agar kemampuan mendengar semakin jelas dan baik.

Baca Juga :  Keterkaitan Gangguan Pendengaran dan Usia

Fitur Alat Bantu Dengar

Setelah Anda tahu bagaimana cara kerja alat bantu dengar ada baiknya jika Anda tahu fitur utama yang membentuk alat bantu dengar modern ini. Simak beberapa fiturnya dibawah ini:

  1. Tekanan

Tekanan ini artinya alat bantu dengar ini menerapkan amplifikasi yang beda tergantung dengan intensitas sinyal yang masuk. Suara lirih yang masuk akan diperkuat dan volumenya bertambah kencang. Tekanan ini diperlukan jika pendengaran tidak mampu menjangkau suara secara dinamis.

  1. Amplifikasi

Fitur yang akan Anda temukan pada alat bantu dengar selanjutnya adalah amplifikasi. Alat ini akan mengurangi gangguan pendengaran. Caranya dengan menguatkan suara dari area yang lebih spesifik dan berdasarkan dengan tingkat keparahan gangguan.

Umumnya untuk kompensasi gangguan pendengaran ini tidak diukur namun disesuaikan dengan algoritma khusus perangkat lunak. Secara bertahap akan disesuaikan dengan sistem pendengaran, pasien juga akan didengarkan lebih banyak suara sehingga amplifikasi ini akan meningkat.

  1. Digital Sound Processor

Hampir semua alat bantu dengar satu ini dilengkapi dengan PSD atau Pemroses Suara Digital.  PSD ini akan bisa diprogram agar mampu memenuhi kebutuhan konfigurasi berbagai macam gangguan pendengaran yang berbeda. Dengan fitur ini diharapkan pemrosesan sinyal menjadi lebih baik sehingga pasien bisa mendengar lebih jelas.

  1. Channels

Alat bantu dengar digital yang modern ini akan mampu memecah sinyal ke dalam beberapa saluran frekuensi. Channels digunakan untuk membuat amplifikasi aktif kemudian melakukan konfigurasi audiogram. Semakin banyak saluran yang dimiliki ini akan semakin bagus karena suara semakin jelas selain itu suara di proses lebih detail.

Jumlah saluran atau channel ini diperlukan untuk berbagai macam kondisi dimana tergantung dengan konfigurasi audiogramnya. Semakin tinggi tingkat keparahan gangguan pendengaran tersebut maka semakin banyak saluran atau channel yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Ini Dia 4 Perbedaan Otitis Media Efusi dan Otitis Media Akut

Teknologi Alat Bantu Dengar

Ada beberapa teknologi yang disematkan ke dalam alat bantu dengar ini. Teknologi yang pertama adalah peredam kebisingan. Alat bantu dengar tidak akan efektif jika tidak memiliki teknologi peredam kebisingan. Fungsi dari peredam kebisingan adalah mengurangi kadar suara latar atau kebisingan sehingga Anda bisa lebih nyaman menggunakannya.

Ada beberapa teknologi lainnya yang disematkan pada alat bantu dengar ini seperti directionality, peredam feedback dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang lengkap dan terbaik.

Jika merasakan pendengaran terganggu, penting untuk memeriksakan diri sedini mungkin. Anda bisa menggunakan layanan dari AQM Hearing Center, klinik gangguan pendengaran ini menawarkan layanan lengkap mulai dari cek kemampuan pendengaran, konsultasi gangguan pendengaran dan alat bantu dengar. Hubungi kontak untuk berkonsultasi atau mendapatkan informasi tentang cara kerja alat bantu dengar lebih lanjut.