Berapa Lama Masa Pakai Alat Bantu Dengar? Cari Tahu Jawabannya Disini!

masa pakai alat bantu dengar

Masa pakai alat bantu dengar perlu diketahui. Hal itu karena alat bantu dengar ini memiliki masa pakai yang berbeda-beda.  Seperti namanya alat bantu ini bisa Anda gunakan untuk mendengar, adanya mikrofon pada alat bantu ini akan mampu membuat suara yang masuk ke telinga lebih keras sehingga pasien dengan gangguan pendengaran bisa menangkap bunyi yang ada di sekitarnya.

ABD akan membuat suara dengan volume keras terdengar lebih pelan atau lirih sehingga pasien bisa mendengar suara yang ada di sekitar lebih jelas. Yang menjadi pertanyaan adalah berapa lama masa pakai alat bantu dengar tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini:

Berapa Lama Masa Pakai ABD?

tipe tipe alat bantu dengar

Masa pakai alat bantu dengar ini dipengaruhi berbagai macam faktor seperti jenis dan ukuran alat bantu dengar, jenis dan ukuran baterai yang digunakan, lama penggunaan dalam satu hari, lingkungan tempat tinggal, cara perawatan baterai, teknologi yang digunakan dan fitur yang ada pada alat bantu dengar, dan masih banyak lagi lainnya. Umumnya alat bantu dengar ini akan mampu bertahan selama 3 sampai dengan 7 hari. Namun semakin lama digunakan maka semakin cepat masa pakai dari alat bantu dengar tersebut.

Membuat Masa Pakai Lebih Lama

Jika Anda ingin membuat masa pakainya lebih lama Anda bisa melakukan beberapa tips dan perawatan pada baterai yang tepat. Seperti yang diketahui bahwa alat bantu dengar ini bekerja dengan menggunakan baterai. Semakin bagus perawatan baterainya maka semakin lama dan awet alat bantu dengar yang Anda miliki. Simak beberapa tipsnya yang penting berikut ini:

1. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Baterai

Hal yang bisa Anda lakukan pertama Anda harus mencuci tangan sebelum menyentuh dan mengganti baterai. Debu maupun kotoran mampu merusak alat bantu dengar. Minyak, debu dan kotoran tersebut mampu menyumbat pori-pori udara yang ada di baterai sehingga menjadikannya rusak.  Agar minyak, kotoran dan debu di tangan Anda tidak menempel di baterai, selalu jaga kebersihan tangan Anda.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Somnoplasty

2. Buka Saat Malam Hari

Hal yang bisa dilakukan selanjutnya buka saat malam hari. Saat alat bantu dengar ini tidak digunakan Anda harus mematikan alat. Baru setelah itu Anda bisa membuka tempat baterai dan meminimalkan pengurasan baterai. Biarkan kompartemen baterai ini terbuka pada malam hari. Tujuannya agar kelembaban tersebut bisa keluar. Tindakan ini merupakan upaya pencegahan agar baterai tidak berkarat dan bisa merusak alat bantu dengar.

3. Biarkan Baterai Bernafas

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah biarkan baterai bernapas. Setelah Anda melepas stiker baterai, Anda bisa membiarkan baterai bernapas selama 3 sampai dengan 5 menit. Waktu ini akan memungkinkan bagi udara untuk mencapai bahan yang ada di dalam baterai, sehingga membuatnya aktif.

4. Periksa Tanggal Kadaluarsa

Agar masa pakai alat bantu dengar ini semakin lama Anda bisa memeriksa tanggal kadaluarsa dari baterai tersebut.  Semakin jauh masa kadaluarsa dari baterai itu akan semakin bagus. Semakin berjalannya waktu baterai ini akan sedikit terkuras meski sedang tidak digunakan dan hanya tersimpan di rak. Anda bisa membeli baterai yang mana tanggal kadaluarsa setahun atau tenggang waktu kadaluarsanya jauh dari tanggal pembelian. Tujuannya agar baterai tetap maksimal ketika digunakan.

5. Jangan Lepas Stiker Baterai

Jangan melepas stiker baterai jika tidak ingin menggunakannya. Stiker pada baterai ini akan membuat baterai Anda tetap segar. Setelah stiker baterai Anda dilepas, baterai ini akan diaktifkan kemudian mulai bekerja. Jika baterai belum akan digunakan, jaga stiker tetap menempel pada baterai agar kualitasnya tidak menurun.

6. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Agar masa pakai alat bantu dengar Anda lama maka perhatikan tempat penyimpanannya. Simpan baterai di tempat kering dan sejuk. Jangan pernah menyimpan baterai di tempat yang terpapar langsung dengan sinar matahari karena membuat masa pakai jauh lebih singkat.

Baca Juga :  14 Faktor Penyebab Telinga Mendengung (Tinnitus) dan Cara Mengatasinya

Untuk mendapatkan alat bantu dengar yang berkualitas Anda bisa menghubungi AQM Hearing Center. Klink pendengaran satu ini tidak hanya melayani layanan yang berhubungan dengan gangguan pendengaran saja namun juga melayani alat bantu dengar, perawatan dan perbaikan alat bantu dengar sehingga masa pakai alat bantu dengar lebih tahan lama tentunya membuat alat bantu dengar lebih awet, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.