Fungsi Saluran Eustachius pada Telinga

eustachius

Apakah anda pernah mengalami elinga berdenging ketika berada di ketinggian atau sedang menaiki pesawat? Kondisi tersebut disebabkan karena saluran eustachius terbuka. Tahukah anda apa fungsi saluran eustachius pada telinga? ternyata saluran  ini memegang peranan yang besar dalam proses pendengaran kita lo. Oleh karena itu, jika saluuran ini tergangu kita akan merasakan gangguan pendengaran.

Fungsi Saluran Eustachius

Telinga merupakan indra pendengaran yang memiliki fugsi yang penting bagi tubuh. Tak hanya untuk mendengakan saja, telinga juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Telinga terdiri dari berbagai struktur penyusun organ telinga agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya yaitu saluran eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menyamakan tekanan udara yang berada di dalam telinga dan udara luar. Saluran ini juga berfungsi mengeluarkan cairan yang ada pada bagian tengah telinga. untuk lebih dalamnya lagi, berikut Hearing Center Jakarta sajikan fungsi dari saluran eustachius:

Menyeimbangkan tekanan pada telinga

Saluran eustachius sangat berperan penting ketika terjadi perbedaan tekana udara pada telinga kita. Adanya perbedaan teknan udara luar dengan tekanan udara bagian tengah telinga ini bisa menyebabkan barotrauma. Barotrauma ini terjadi ketika saluran ini membuka. Ketika tekanan pada telinga dan luar tidak seimbang, akan menyebabkan gendang telinga gangguan pada gendang telinga yang menyebabkan kemampuan pendengaran turun. Selain itu, anda juga bisa merasakan pusing, perasaan kurang nyaman, dan telinga berdenging.

Apabila kondisi ini semakin parah, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit berlebih dan gendang telinga bisa pecah. Pada kondisi seperti ini saluran eustachius berfungsi. Untuk menyeimbangkan tekanan udara tersebut saluran akan membuka untuk menyamankan tekanan udara yang berada di dalam dan luar. Saat saluran ini terbuka, biasanya akan terdengar suara seperti letupan pada telinga.

Baca Juga :  Kenali Apa itu Barotrauma

Proteksi telinga

Saluran ini juga berfungsi sebagai pelindung telinga dari kotoran. Tuba eustachius ini memiliki silia dan lendir yang berfungsi untuk perlindungan alami telinga terhadap kotoran. Silia pada telinga berguna mengeluarkan dan menyaring kotoran masuk ke dalam telinga. Sedangkan lendir sendiri berfungsi untuk medorong cairan atau kotoran ke arah ujung saluran yang terdapat pada belakang tenggorkan.

Bisakah Saluran Eustachius Membuka?

Apakah anda penasaran mengenai cara membuka seluran eustachius? Berikut merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk membuka saluran ini:

  • Menelen dengan menutup hidung atau manuver toynbee
  • Bersin
  • Menguap
  • Menggerakkan kepala
  • Mengunyah permen karet
  • Menelan seperti biasa

Ketika saluran ini terbuka, biasanya menimbulkan sensasi telinga seperti tersumbat. Namun tenang saja, kondisi ini hanya berlangsung sementara dan akan menghilang dengan sendirinya setelah tekanan udara kembali normal.

Gangguan Pada Eustachius

Kenali gangguan-gangguan pada saluran eustachius beserta peyebabnya berikut ini:

Eustachius tube dysfunction

yang pertama yatu ada Eustachius tube dysfunction (ETD). ETD merupakan suatu kondisi ketika saluran ini tersumbat sehingga tidak bisa terbuka dengan baik. Apabila saluran ini tersumbat maka dapat menyebabkan perbedaan tekakan pada telinga. Udara pada telinga luar tidak dapat masuk ke dalam telinga, sehingga tekanan yang ada di telinga tengh lebih kecil daripada telinga luar. Kondisi ini bisa menyebabkan penurunan fungsi gendang telinga, sehingga menjadi kaku dan tidak dapat merespon getaran suara dengan baik. Kemungkinan yang terjadi jika mengalami kondisi ini yaitu:

  • Menurunnya fungsi pendengaran
  • Sakit pada telinga
  • Telinga terasa penuh dan tersumbat
  • Telinga berdengign
  • Pusing yang berlebih

Otitis Media

Gangguan selanjutnya otitis media. Otitis media terjadi ketika cairan telinga menumpuk sehingga bisa menyebabkan ineksi bakteri. Biasanya otitis media ini banyak menyerang anak-anak. Anak-anak memiliki saluran eustachius yang lebih pendek dan rentan tersumbat.

Baca Juga :  Benjolan di Belakang Telinga, Apakah Itu Berbahaya?

Patulous eustachian tube

Gangguan eustachius ini terjadi karena saluran ini sering terbuka. Gejala yang timbul dari penyakit ini yaitu suara napas yang terdengar lebih nyaring akibat tekanan yang meningka dalam telinga. Meskipun hingga saat ini belum dikethui faktor penyebab gangguan ini. Namun, terdapat beberapa faktor resiko penyebab Patulous eustachian tube.

  • Adanya riwat operasi
  • Gangguan saraf
  • Stress berlebih
  • Kenaikan berat badan berlebih
  • Kehamilan
  • Konsumsi obat-obatan

Penanganan Gangguan Eustachius

Gangguan eustachius memiliki penanganan yang berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Biasanya gangguan ini bisa sembuh dengan sendirinya jka disebabkan karena adanya perubahan tekanan udara. Namun apabila gejala yang muncuk tak kunjung membaik segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Untuk menangani gangguan pada saluran ini dokter akan memberikan pengobatan berupa:

  • Pemberian obat dekongestan untuk meredakan pembengkakan pada dinding saluran serta mengurangi produksi cairan berlebih yang menyumbat saluran. Obat ini bisa berupa tetes dan juga oral.
  • Pemberian obat antihistamin untuk meringankan gangguan saluran karena alergi
  • Antibiotik untuk mengobati infeksi pada saluran oleh bakteri
  • Operasi pemasangan tabung saluran
  • Operasi pemasangan balok kateter telinga

Naah itu tadi ulasan mengenai saluran eustachius yang perlu anda ketahui. Fungsi saluran ini tak kalah penting dengan organ lainnya. Oleh karena itu, apabila anda mengalami gangguan pendengaran pada saluran eustachius segera hubungi kami di AQM Haering Center. Anda bisa berkonsulatasi dengan dokter mengenai gangguan pendengaran yang anda alami. Percayakan gangguan pendengaran anda pada AQM Hearing Center, kami akan memberikan solusi terbaik untuk segala masalah pendengaran anda.