Kenali Gejala Kanker Telinga

kanker telinga

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Penyakit satu ini bisa menyerang seluruh bagaian tubuh salah satunya yaitu telinga. Meskipun termasuk penyakit yang langka kanker telinga ini sangat berbahaya. Kanker telinga ini menyerang bagian-bagian telinga seperti telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kanker telinga, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Jakarta.

Penyebab Kanker Telinga

Kanker telinga ini biasanya disebebkan karena adanya tumor jinak yang terlalu sering terpapar sinar matahari, sehingga menjadi ganas. Biasanya tumor ini menyerang telinga bagian luar. Selain disebabkan oleh tumor infeksi kronis pada telinga juga bisa menyebabkan terjadinya kanker telinga. Penting buat anda untuk mengetahu gejala-gejala kanke telinga sejak dini, sehingga bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat. Seperti apa gejala kanker telinga? untuk lebih lengkpanya simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Gejala Awal Kanker Telinga?

Kemunculan tumor pada telinga bisa menyebabkan indikasi terjadinya kanker telinga. seseorang yang menderita kanker telinga akan mengalami gejala-gejala seperti berikut.

  • Menurunnya kemampuan pendengaran secara terus menerus
  • Kesulitan menggerakan wajah
  • Infeksi telinga yang parah dan tak kunjung sembuh
  • Mimisan
  • Penglihatan kabur

Diagnosis Kanker Telinga

Gejala kanker telinga ini berbeda-beda tergantung letak tumor pada telinga. Berikut merupakan cara mendiagnosis kanker telinga berdasarkan letak tumornya.

  • Tumor di telinga luar

Apabila terdapat benjolan pada telinga luar anda dan tak terus bertumbuh, itu perlu diwaspadai. Bisa jadi ini merupakan gejala dari kanker telinga. Benjolan tersebut biasanya diikuti dengan rasa sakit dan nyeri yang disebut dengan tumor. Tumor ini biasanya berwarna merah muda dan bersisik. Apabila kondisi tumor telah parah ditandai dengan keluarnya darah dan nanah. Selain adanya tumor, luka dan bisul bisa menjadi indikasi kanker telinga. Tahi lalat yang terus mengalami perubahan warna, bentuk, dan terus membesar juga bisa menjadi gejala kanker telinga. Tumor ini tumbuh dengan lambat, sehingga perlu waktu yang lama untuk mendeteksi adanya kanker. Oleh karena itu, jika anda telah menemukan gejala-gejala di atas pada diri anda, segera periksakan ke dokter.

  • Tumor di telinga tengah

Berbeda dengan kanker di telinga luar, kanker pada telinga dalam ini memiliki gejala seperti keluarnya cairan yang bercampur dengan darah dari dalam telinga. Selain itu, penderita juga kan meraksan nyeri dan skit pada bagian telinga sehingga bisa memperngaruhi ganguan pendengaran. Kanker telinga tengah ini bisa menjalar dan menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Bahkan kondisi ini bisa mneybabkan pembengkakan pada wajah sehingga sulit untuk digerakkan.

  • Tumor telinga dalam

Selanjutnya yaitu kanker yang menyerang telinga bagian dalam. Kanker telinga yang satu ini sangat jarang terjadi. Gejala dari kanker ini hampir sama dengan kanker telinga bagian tengah.

Baca Juga :  Gangguan Gendang Telinga dan Lainnya

Jenis-Jenis Kanker Telinga

Kanker telinga ini memiliki beberapa jenis. Tentunya setiap jenis kanker telinga memiliki gejala yang berbeda-beda. Berikut merupakan jenis-jenis kanker telinga.

  • Kanker sel basal

Yang pertama yaitu ada kanker sel basal. Jenis kanker yang satu ini tumbuh dan berkembang di bagian wajah hingga telinga. Gejala dari kanker sel basal ini yaitu munculnya benjolan pada telinga luar. Benjolan yang tak kunjung sembuh ini akan semakin membesar. Kanker sel basal sangat agresif yang bisa menimbulkan masalah pada seluruh telinga luar. Namun, kanker sel basal ini hanya menyebar pada bagian lokal saja tidak menyebar luas.

  • Kanker sel skuamosa

Selanjutnya yaitu ada kanker sel skuamosa. Kanker ini memiliki berbentuk seperti kembang kol yang menempel pada jaringan bawah. Cara penyebaran kanker ini melalui darah hingga ketulang-tulang.

  • Melanoma maligna

Apakah anda memiliki tahi lalat yang bermasalah? Jika iya, bisa jadi ini menjadi indikasi kanker maligna. Gejala dari kanker ini yaitu tahi lalat yang berubah warna, dan semakin membesar.

  • Karsinoma adeniodcystic

Penyabab dari kanker ini yaitu berasal dari kelenjar keringat, kelenjar ludah, kelenjar yang menghasilkan kotoran telinga. gejala dari kanker ini yaitu otot wajah melemah, enurunan pendengaran, nyeri dan sakit. Persebaran kanker ini  menyebar secara lokal ke kelenjar ludah, getah bening, tulang, hingga paru-paru dan hati.

  • Adenokarsimona ceruminous

Kanker ini hampir sama dengan tipe sebelumnya yaitu berkembang pada kelenjar yang menghasilkan kotoran telinga. Gejalanya pun juga hampir sama dengan kanker karsinoma adeniodcystic.

Bagaimana cara penangannya?

Jika anda merasakan gejala-gejala seperti di atas segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan. Salah satu cara yang akurat untuk mendiagnosis kanker ini yaitu dengan tes laboratorium dengan mengambil sampel jaringan. Tindakan mengambil jaringan sekitar wilayah yang sakit disebut dengan biopsi. Biopsi ini dilakukan dengan suntik anestesi terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga :  Cara Deteksi Gangguan Pendengaran

Menjaga kesehatan telinga dan pola hidup sehat merupakan salah satu tindakan untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran seperti kanker. Selain itu, melakukan pemeriksaan secara rutin juga bisa menurukan resiko terkena kanker telinga. bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai masalah pendengaran anda bisa berkunjung ke AQM Hearing Center. AQM Hearing Center siap melayani konsultasi dan siap meberikan solusi terbaik mengenai masalah kesehatan anda.