Tips Mengatasi Bisul Telinga

tips mengatasi bisul telinga 1

Tahukah kanda ternyata bisul juga bisa tumbuh di dalam telinga? tentunya kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada telinga. meskipun ukurannya kecil keberadaan bisul ini sangat mengganggu. Dan apabila dibiarkan bisul ini akan membesar dan mengeluarkan nanah. Lalu bagaimana tips mengatasi bisul telinga? Kali ini Hearing Center akan berbagi informasi mengenai tips bisul telinga, yuk simak ulasan berikut!

Penyebab Bisul Telinga

Sebelum berbagi tips bisul telinga, Hering Center Jakarta akan mengulas sedikit mengenai penyebab terjadinya bisul di telinga anda. Bisul pada telinga ini dapat terjadi akibat infeksi pada akar rambut telinga. biasanya bisul terjadi karena adanya bakteri yang menginfeksi di bawah kulit sekitar foliker rambut.salah satu jenis bakteri penyebab bisul yaitu Staphylococcus aureus. Selain bakteri, jamur juga bisa menyebabkan bisul. Foliker rambut yang mengalami infeksi akan terbentuk nanah.

Bakteri ini merupakan suatu mikroflora normal yang ada pada kulit, akan tetapi apabila masuk ke dalam kulit yang terluka bisa menyebakan infeksi. Apabila terjadi infeksi kulit sekitar telinga kan menjadi bengkak, merah, dan menyebabkan bisul. Biasanya munculnya bisul ini ditandai dengan adanya benjolan yang berisi sel kulit mati, bakteri, serta nanah.

Bisul telinga juga bisa berkembang karena seseorang memiliki kondisi berikut:

  • Mengalami kerusakan kulit (sel kulit mati) di dalam atau di sekitar telinga
  • Sering menggunakan earbud atau headphone kotor
  • Berbagi pemakaian earbud atau headphone dengan seseorang yang terinfeksi
  • Berenang di air yang tidak bersih
  • Memiliki tindik telinga yang teriritasi atau terinfeksi
  • Rambut telinga terpapar bahan kimia tau produk kecantikan

Gejala Bisul Telinga

Bisul telinga ini memiliki gejala yang mengirinya. Meskipun gangguan pendengaran ini ringan dan hanya sementara, namun bisa menganggu aktivitas penderitanya. Gejala bisul telinga yaitu:

  • Muncul benjolan
  • Kemerahan di sekitar kulit
  • Daun telinga nyeri saat digerakkan
Baca Juga :  Kapan Alat Bantu Dengar Perlu Diganti?

Apabila anda merasakan gejala tersebut di atas, perlu anda waspadai adanya bisul pada telinga anda. segera lakukan tindakan dan penanganan yang tepat agar bisul telinga anda tidak tambah parah.

Cara dan Tips Mengatasi Bisul Telinga

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah bisul telinga. Berikut AQM Hearing Center rangkum tips bisul telinga yang patut anda coba:

Kompres menggunakan air hangat

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi bisul. Tujuan dari kompres air hangat ini yaitu untuk meredakan rasa sakit. Caranya gampang banget, seperti mengompres pada biasanya. Pakai handuk atau kain yang berukuran kecil lau rendam menggunakan air hangat. Setelah itu, tempelkan handuk tersebut ai atas permukaan bisul. Diamkan beberapa saat dan ulangi beberapa kali.

Minum Obat

Tips bisul telinga selanjunta yaitu dengan minum obat sesuai resep dokter. Bisanya dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen. Selain itu, dokter biasanya akan memberikan antibiotik bila terjadi infeksi yang parah pada bisul.

Pemberian obat oles

Cara mengatasi bisul selanjutnya yaitu dengan pemberian obat oles. Obat oleh ini biasanya memiliki kandungan vitamin A atau tretionon yang tinggi untuk proses penyembuhan bisul.

Jangan dipegang dan dipencet

Ini merupakan salah satu hal yang sulit anda hindari. Banyak dari penderita bisul telinga yang memegang bahkan sampai memecahkan bisul telinga. Jika anda punya bisul, hidari untuk memegang maupun memencetnya karena hal itu bisa menyebabkan infeksi makin serius. Sebaiknya anda membersihakn bagian bisul menhguanakn kapas yang telah diberi antiseptik. Jika anda tidak mau bisul anda menjadi lebih parah, maka hindari hal tersebut.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta: Pemeriksaan Rutin THT

Antibiotik

Pemberian antibiotik bisa menjadi cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bisul telinga. Antibiotik ini tersedia dalam bentuk tetes telinga, obat oles, maupun obat minum atau oral. Dengan pemberian antibiotik bisa membantu proseses penyembuhan bisul telinga. Antibiotik ini bekerja menghambat dan membunuh bakteri penyabab infeksi pada bisul telinga.

Mencegah Bisul Telinga

Bisul Telinga memang dapat sangat mengganggu. Tips bisul telinga agar tidak datang kembali yaitu dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membersihkan telinga dengan benar
  • Jangan mengorek telinga
  • Jangan memasukkan benda apapun ke dalam telinga
  • Hindari menggunakan cutton bud
  • Hindari membersihkan telinga dengan handuk yang kotor
  • Lindungi telinga anda dari air ketika telinga ada sensitif
  • Jaga telinga anda agar tetap kering, agar tidak memicu pertumbuhan bakteri penyebab infeksi

Kapan ke Dokter?

Bisul telinga biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan. Namun, beberapa cara di atas bisa menjadi tips bisul telinga anda untuk meredakan pembengkakan dan peradangan pada telinga. Namun apabila dirasa bisul tidak kunjung sembuh dan tambah parah sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan tindakan yang sesuai dengan masalah pendengaran anda. Apabila bisul sudah parah biasanya dokter akan mengambil tindakan operasi minor untuk mengeluarkan nanah yang menumpuk di dalamnya.

Naah itu tadi merupakan tips bisul telinga dari AQM Hearing Cemter. Bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai masalah pendengara anda, anda bisa berkukungjung ke AQM Hearing Center. AQM Hearing Center akan membatu memberikan solusi terbaik dari masalah ganggguan pendengaran anda.