Hal-Hal yang Menyebabkan Telinga Sakit

konsultasi gangguan pendengaran jakarta

Telinga sakit merupakan salah satu gejala dari adanya masalah gangguan pendengaran maupun penyakit telinga. Telinga adalah salah satu organ yang memiliki peran penting dalam proses pendengaran. Apabila telinga mengalami gangguan dan terasa sakit lama kelamaan bisa menyebabkan ketulian maupun tidak bisa mendengar secara permanen.

Penyebab Sakit Telinga

Telinga sakit dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya infeksi, alergi, ataupun respon terhadap bagian tubuh lain yang mengalami peradangan. Selain itu ada beberapa penyakit telinga yang dapat menyebabkan telinga terasa sakit seperti infeksi telinga, tinnitus, penyakit meniere, ataupun barotrauma.

  • Infeksi telinga terjadi apabila terdapat virus atau bakteri yang menyerang bagian belakang gendang telinga sehingga menyebabkan terjadi penumpukan cairan hingga peradangan pada telinga bagian tengah. Apabila infeksi ini dibiarkan dan tidak diobati maka akan merusak telinga bagian dalam dan tengah secara permanen. Infeksi telinga dapat dipicu oleh beberapa kondisi seperti pilek, alergi, lendir berlebih, merokok baik aktif maupun pasif sampai perubahan iklim dan perubahan ketinggian. Gejala yang muncul apabila sudah terkena infeksi adalah rasa tidak nyaman dan nyeri ringan pada telinga, perasaan tertekan di dalam telinga, muncul nanah dari lubang telinga, dan terganggunya pendengaran.
  • Tinnitus merupakan kondisi telinga yang berdengung baik dalam waktu singkat atau lama. Gejala tinnitus ditandai dengan munculnya suara tanpa sumber yang jelas seperti telinga terasa berdengung dan terdengar suara gemuruh atau mendesis. Gejala tersebut dapat muncul dan hilang sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi.
  • Meniere merupakan penyakit telinga bagian dalam yang dapat memicu gejala vertigo atau pusing berputar-putar. Gelajanya adalah vertigo yang sering kambuh, telinga berdengung atau tinnitus, tekanan yang membuat telinga terasa penuh, hingga hilangnya pendengaran. Penyakit ini berkaitan dengan kadar cairan endolymph yang tidak normal sehingga memicu gangguan pada telinga.
  • Barotrauma merupakan keadaan dimana jaringan pada telinga bagian dalam mengalami kerusakan akibat adanya tekanan yang berlebih dari dalam tubuh dan tekanan udara misalnya di dataran tinggi dan pegunungan ataupun saat naik pesawat terbang dan berenang cukup dalam. Gejala yang umumnya dialami oleh penderitanya adalah telinga terasa penuh, nyeri, pendengaran berkurang, pendarahan pada telinga, hingga mimisan. Barotrauma dapat diatasi dengan beberapa hal ringan seperti menguap dan mengunyah permen saat dalam perjalanan pesawat.

Penanganan Telinga Sakit Secara Alami

Telinga sakit dapat Anda obati sendiri di rumah dengan cara yang mudah serta bahan yang mudah untuk diperoleh. Cara-cara tersebut antara lain dengan kompres panas atau dingin, pemijatan, meregangkan leher, membuat ramuan bawang putih, menggunakan tea tree oil ataupun minyak zaitun, serta mengatur posisi tidur.

Untuk mengurangi rasa telinga sakit Anda dapat mengkompres telinga dengan kompres panas atau kompres dingin. Anda bisa menggunakan kompres panas dengan meletakkan handuk yang telah dibasahi dengan air panas pada telinga selama kurang lebih 20 menit atau menggunakan kompres dingin yaitu membasahi handuk dengan air dingin dan ditempelkan pada daerah sekitar bawah telinga selama kurang lebih 20 menit. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada telinga yang sakit.

Pemijatan telinga dapat dilakukan apabila yang disebabkan oleh sakit kepala atau sakit gigi. Anda bisa memijat otot-otot yang terasa sakit. Pemijatan dilakukan dari telinga bagian belakang menuju ke bawah kemudian dari atas menuju ke depan. Pemijatan juga dapat dilakukan apabila telinga terkena infeksi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu mengalirkan cairan telinga yang berlebih misalnya nanah yang menyebabkan rasa sakit.

Beberapa sakit telinga dapat disebabkan karena adanya tekanan pada saluran telinga. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan peregangan leher untuk meredakan tekanan tersebut.

Posisi tidur juga mempengaruhi sakit telinga. Apabila telinga sakit maka sebaiknya tidur menggunakan dua bantal atau lebih, usahakan agar telinga yang sakit posisinya lebih tinggi daripada bagian tubuh yang lainnya. Apabila telinga kiri yang sakit maka sebaiknya tidur miring ke kanan, begitu pula sebaliknya. Hal ini untuk mengurangi tekanan pada telinga yang sakit.

Beberapa macam perawatan tersebut dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun terlebih dahulu Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari adanya efek samping yang akan memperparah kondisi telinga.

Pengobatan Medis Untuk Telinga Sakit

Telinga Sakit

Perawatan yang dapat dilakukan di rumah menggunakan bahan alami terkadang memang tidak berhasil. Hal ini bergantung pada tingkat keparahan yang dialami. Beberapa obat yang akan diresepkan oleh dokter untuk mengatasi hal tersebut adalah antibiotik, antijamur, serta pereda nyeri atau dekongestan.

Antibiotik minum diberikan untuk mengatasi hal yang disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri. Antibiotik harus diminum sesuai dosis dan harus dihabiskan sampai tenggat waktu tertentu yang telah ditentukan oleh dokter. Contoh antibiotik minum adalah Amoxicillin (Amoxil, Trimox, Wymox), Cefixime (Suprax), dan sebagainya. Selain antibiotik minum, dokter juga akan meresepkan antibiotik dalam bentuk obat tetes apabila terjadi infeksi telinga bagian luar. Apabila infeksi disebabkan oleh virus maka dokter akan memberikan obat jenis antiviral.

Beberapa infeksi telinga dapat terjadi akibat efek dari penyakit lain misalnya flu atau alergi. Apabila disebabkan oleh flu dan penyakit pernapasan lainnya, dapat diberikan obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran seperti paracetamol dan ibuprofen. Untuk infeksi akibat alergi, dapat diberikan dekongestan atau antihistamin contohnya pseudoephedrine atau diphenhydramine (benadryl). Walaupun obat-obat ini dapat dibeli secara bebas namun Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Telinga sakit memang sangat mengganggu. Hal ini perlu menjadi perhatian karena jika disepelekan dan tidak segera ditangani akan menimbulkan dampak serius di kemudian hari seperti terganggunya pendengaran hingga tuli permanen. Pendengaran yang terganggu dapat dibantu dengan menggunakan alat bantu dengar agar proses komunikasi dan kehidupan sosial bisa tetap berjalan dengan lancar. Sebelum memutuskan untuk membeli alat bantu dengar sebaiknya Anda konsultasikan hal tersebut kepada dokter.

Bagi anda yang sedang mencari alat bantu dengar berkualitas AQM Hearing Center Jakarta sebagai distributor alat bantu dengar menyediakan berbagai jenis alat bantu dengar yang dapat anda beli sesuai dengan kebutuhan anda. Segera dapatkan alat bantu dengar berkualitas di AQM Hearing Center Jakarta sekarang juga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.