Tips Perawatan Telinga yang Benar

perawatan telinga

Salah satu panca indera yang wajib untuk di jaga ialah telinga. Kebersihan telinga tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Karena jika telinga mengalami kerusakan atau kotor, akan menyebabkan munculnya gangguan pendengaran. Ingin tahu bagaimana tips perawatan telinga yang benar? Yuk, simak ulasan berikut bersama Klinik Pendengaran Depok!

Tentang Perawatan Telinga

Telinga adalah bagian yang paling terlihat dari sistem pendengaran manusia . Merawat telinga Anda penting dalam banyak hal. Membersihkan adalah satu langkah, sementara mencegah dan mengobati infeksi adalah langkah lain. Perawatan telinga juga termasuk mengambil langkah-langkah untuk menghindari kebisingan yang tidak perlu dan mengawasi kemungkinan gangguan pendengaran.

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Berikut adalah beberapa cara membersihkan telinga:

  1. Bersihkan telinga Anda dengan sangat hati-hati. Jangan bersihkan telinga Anda dengan sesuatu yang lebih kecil dari waslap di jari Anda. Jangan gunakan Q-tip, jepit rambut atau benda tajam untuk membersihkan telinga Anda. Benda-benda ini dapat melukai saluran telinga atau gendang telinga.
  2. Kotoran telinga adalah cara telinga membersihkan dirinya sendiri. Jika Anda memiliki penumpukan kotoran telinga yang menghalangi pendengaran Anda, temui penyedia layanan kesehatan untuk menghilangkannya. Jangan mencoba menghapusnya sendiri.
  3. Jika Anda mengalami gatal atau sakit di telinga Anda, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda. Mereka akan memeriksa Anda, memberi tahu Anda tentang perawatan yang sesuai dan membantu Anda memutuskan apakah Anda perlu menemui spesialis.
  4. Jika Anda memiliki tindik telinga, bersihkan anting dan daun telinga Anda secara teratur dengan alkohol.

Pengaruh Penyakit dan Obat-Obatan

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari konsumsi obat untuk telinga:

  1. Beberapa penyakit dan kondisi medis dapat memengaruhi pendengaran Anda. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran mendadak atau terus-menerus mendengar suara bising di telinga atau kepala Anda, segera temui penyedia layanan kesehatan atau menuju ke Klinik Pendengaran Depok.
  2. Drainase dari telinga tidak normal dan biasanya menunjukkan infeksi. Temui penyedia layanan kesehatan Anda sesegera mungkin.
  3. Beberapa obat dapat mempengaruhi pendengaran. Minum obat hanya sesuai petunjuk, dan konsultasikan dengan dokter THT Anda jika Anda mengalami kesulitan mendengar, adanya masalah keseimbangan, atau telinga berdenging.
Baca Juga :  6 Tips Perawatan Alat Bantu Dengar yang Mudah

Hubungan Suara Bising dengan Perawatan Telinga

Penyakit dan kotoran telinga bukan satu-satunya hal yang perlu Anda pikirkan dalam hal perawatan telinga yang tepat. Hal penting berikutnya yang perlu anda lakukan ialah menghindari suara berising, bising atau suara yang bervolume tinggi. Beberapa tips yang perlu anda lakukan ialah sebagai berikut:

  1. Di rumah atau di tempat kerja, kenakan pelindung pendengaran selama terpapar tingkat kebisingan yang keras. Ini termasuk saat Anda memotong rumput, menggunakan peniup daun atau menggunakan perkakas listrik. Biasanya perusahaan dengan K3 yang baik akan mengharuskan Anda untuk menggunakan pelindung pendengaran jika Anda bekerja di lingkungan yang bising. Pusat perawatan rumah, toko berburu, dan beberapa pusat taman membawa tutup kepala pelindung telinga. Jika pelindung pendengaran tersedia di tempat kerja, gunakanlah.
  2. Saat menggunakan stereo dan sistem home theater, hindari tingkat volume yang tinggi. Jika menurut Anda itu terlalu keras.
  3. Ketika menggunakan sistem suara pribadi seperti earphone, headset atau headphone, volumenya harus berada pada tingkat yang nyaman. Jika orang lain dapat mendengar apa yang Anda dengarkan dengan kuncup telinga, berarti volumenya terlalu tinggi. Lepaskan headphone dari waktu ke waktu untuk mengistirahatkan telinga Anda.
  4. Kenakan penyumbat telinga di konser rock, klub malam, dan acara olahraga motor yang ramai.
  5. Pertahankan sistem suara mobil pada volume yang masuk akal. Melakukan hal ini dapat membantu Anda menghindari kerusakan pendengaran.

Tips Perawatan Telinga

  • Periksakan telinga Anda secara teratur ke dokter perawatan telinga atau ke Klinik Pendengaran Depok. Periksakan pendengaran Anda ke audiolog (penyedia yang berspesialisasi dalam masalah pendengaran) jika Anda atau orang lain mempertanyakan apakah pendengaran Anda normal. Konsultasikan dengan spesialis sesuai kebutuhan.
  • Saat berada di luar ruangan dalam cuaca cerah, ingatlah untuk menggunakan tabir surya di telinga Anda.
  • Jika Anda melihat benjolan yang tidak biasa atau area bersisik di telinga luar, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.
  • Segera temui dokter telinga jika Anda melukai telinga, mengalami sakit telinga, atau melihat adanya perubahan pada telinga atau pendengaran Anda. Terkadang sakit telinga bisa berasal dari gigi atau rahang atau leher.
Baca Juga :  Penyebab Gendang Telinga Pecah

Tanda-Tanda Adanya Gangguan Pendengaran

  1. Inilah beberapa tanda jika anda mengalami gangguan pendengaran:
  2. Anda mengalami kesulitan mendengar percakapan, terutama dengan adanya kebisingan latar belakang.
  3. Sering meminta orang lain untuk mengulangi apa yang mereka katakan.
  4. Anda tidak selalu mengerti apa yang orang lain katakan dan Anda menjawab dengan tidak tepat.
  5. Mengalami kesulitan mendengar di telepon.
  6. Anda setuju, menganggukkan kepala atau tersenyum selama percakapan ketika Anda tidak yakin dengan apa yang telah dikatakan. Atau Anda berusaha keras untuk mendengar atau mengikuti percakapan.
  7. Mengharuskan volume televisi atau radio lebih keras dari yang lain di ruangan itu.
  8. Merasa bahwa orang bergumam atau memiliki kelereng di mulut mereka ketika mereka berbicara.
  9. Mengalami kesulitan mendengar suara lingkungan, seperti kicau burung.
  10. Menarik diri dari percakapan dan situasi sosial karena terlalu sulit untuk didengar.
  11. Membaca bibir sehingga Anda dapat mencoba mengikuti apa yang orang katakan.
  12. Mendengar suara bising di dalam telinga atau kepala Anda, hal inilah yang disebut tinnitus.

Itulah beberapa tips perawatan telinga yang bisa anda lakukan. Bagi anda yang membutuhkan perawatan telinga, jangan lupa berkunjung ke Klinik Pendengaran Depok.