Definisi dan Pentingnya Terapi Pendengaran

terapi pendengaran

Seluruh organ tubuh manusia memiliki peranannya masing-masing begitu pun dengan panca indera. Salah satu panca indera yang juga memiliki peranan sangat penting adalah indera pendengaran. Ketika sistem pendengaran ini mengalami kerusakan tentu akan mengganggu keseimbangan tubuh. Nah, salah satu solusi yang seringkali di pilih untuk mengobatinya ialah dengan terapi pendengaran. Lalu, apa sebenarnya yang di maksud dengan terapi pendengaran? Yuk, simak ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut bersama Klinik Pendengaran Depok!

Gangguan Pendengaran

Hampir seluruh organ tubuh ketika mengalami sebuah kejadian yang tidak biasa bisa menjadi sebuah gangguan. Termasuk juga pada sistem pendengaran. Gangguan pendengaran terbagi menjadi 3 jenis yaitu gangguan pendengaran konduksi, sensorineural dan campuran. Pada jenis gangguan pertama atau gangguan pendengaran konduksi ini maka penderita tidak bisa mendengar dengan sempurna. Hal tersebut di karenakan transmisi gelombang suara tidak bisa masuk dengan efektif ke telinga. Inilah yang menyebabkan suara yang harusnya bisa terdengar dengan sangat jelas bisa jadi terdengar tidak jelas atau bahkan tidak terdengar.

Jenis gangguan yang kedua ialah gangguan pendengaran sensorineural yaitu terjadi di saraf telinga yang menghubungkan telinga dengan otak. Gangguan ini bisa menimbulkan sebuah gangguan yang fatal seperti tuli secara permanen. Dan yang terakhir adalah gangguan campuran di mana pada gangguan ini terdapat campuran atara gangguan konduksi dengan gangguan sensorineural.

Terapi Pendengaran

Terapi pendengaran, atau rehabilitasi, setelah operasi implan Anda sangat penting untuk pengembangan kembali pendengaran dan bahkan mungkin dapat mengembalikan suara yang mungkin telah Anda lupakan sepenuhnya. Pendekatan terapi pendengaran dapat bervariasi dari orang ke orang tergantung pada tingkat keparahan dan waktu gangguan pendengaran Anda. Apa pun prosesor suara yang Anda miliki, terapi pendengaran disarankan dan tidak berbahaya bagi siapa pun. Terapi pendengaran bahkan dapat bermanfaat bagi mereka yang belum menerima implan, tetapi mengalami penurunan pendengaran. Dengan jenis terapi apa pun, mungkin perlu waktu bagi otak Anda untuk mempelajari kembali hal-hal yang telah dilupakannya. Semakin cepat Anda dapat memulai terapi setelah operasi implan, semakin pendek waktu rehabilitasi Anda.

Baca Juga :  Service Alat Bantu Dengar Jakarta

Sekali lagi, setiap orang berkembang dengan kecepatan mereka sendiri, tergantung pada usia, kesehatan secara keseluruhan dan kemampuan kognitif saat ini dan terapi itu sendiri dapat berkisar tergantung di mana Anda berada dalam perjalanan Anda. Pada tingkat yang paling dasar, hanya memakai prosesor suara Anda secara penuh dapat dianggap sebagai bentuk terapi. Tujuan lain untuk Anda mungkin adalah berapa banyak waktu Anda menggunakan prosesor suara Anda dalam pidato. Beri diri Anda kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak masukan ucapan dengan prosesor suara Anda.

Berlatih Sendiri Dengan Prosesor Suara Anda

Hal-hal seperti buku dalam rekaman atau pelacakan ucapan dengan pasangan sering disarankan sebagai cara yang baik untuk berlatih secara informal. Bagi mereka yang membutuhkan sedikit lebih banyak dukungan, beberapa jenis program terapi formal mungkin bermanfaat. Ini mungkin dilakukan sendiri dan dilakukan di rumah atau bisa menjadi bagian dari praktik terpandu di mana Ahli Audiologi atau Ahli Patologi Bicara Anda menyediakan materi latihan dan memantau kinerja Anda. Tingkat dukungan tertinggi mungkin berupa program jenis terapi formal dengan Terapis Verbal Auditori. Meskipun jenis rehabilitasi ini jarang diperlukan untuk orang dewasa, ini adalah pendekatan tradisional untuk pediatri.

Pojok Komunikasi

Communication Corner adalah situs web terapi terpandu untuk orang-orang dari segala usia. Situs web terapi Communication Corner diatur dengan baik dengan program untuk setiap kelompok umur. Cukup pilih kelompok usia yang paling menggambarkan Anda dan program Anda akan disesuaikan untuk Anda. Setiap deskripsi program terapi dilengkapi dengan contoh latihan, sehingga Anda dapat mencoba dengan memperhatikan kesesuaiannya. Melengkapi alat penilaian yang menyertainya memberikan panduan tentang di mana harus memulai dan cara terbaik menggunakan program yang dipilih. Di akhir program, Anda akan mendapatkan rekomendasi program mana yang akan dimulai selanjutnya.

Baca Juga :  Apa itu Otoskopi?

Mayoritas orang dewasa dapat benar-benar berlatih sendiri tanpa program formal apa pun. Membaca koran keras-keras untuk diri sendiri dan mendengarkan apa yang Anda katakan, menonton TV dengan teks tertutup, dan sesekali memalingkan muka hanya untuk mendengarkan, dapat membantu. Buku audio sangat direkomendasikan dan saat ini tersedia di sebagian besar ponsel pintar, membuatnya lebih mudah diakses daripada sebelumnya. Bagi mereka yang memiliki persepsi bicara yang lebih buruk, kadang-kadang dapat membantu untuk memulai dengan salinan buku ini akan memungkinkan Anda untuk mengikuti secara visual dan melakukan beberapa pelacakan ucapan sebelum Anda mencoba mendengarkan sendiri.

Itulah ulasan tentang terapi telinga yang bisa kami berikan. Bagi anda yang memiliki gangguan pendengaran, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter THT kepercayaan anda. Anda juga bisa mengunjungi Klinik Pendengaran Depok untuk mendapatkan konsultasi terbaik dari AQM-Hearing Center. Selain konsultasi, klinik pendengaran ini juga menyediakan berbagai alat bantu dengar jika anda membutuhkan alat ini untuk membantu anda agar mendapatkan pendengaran yang lebih baik. Yuk, jaga kesehatan telinga anda untuk pendengaran yang lebih baik.