Inilah Definisi Dan Tugas Audiolog Anak

gangguan pendengaran

Sudah tahukah anda tentang audiolog? Ternyata mereka cukup penting peranannya karena berkaitan dengan kesehatan pendengaran manusia. Lalu, bagaimana definisi serta tugas dari seorang audiolog anak? Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui tentang tugas beserta pengetahuan tentang audiolog lainnya bersama Klinik Pendengaran Depok!

Audiolog

Audiolog adalah seseorang yang professional di sebuah industry atau klinik perawatan kesehatan dan bisa mendiagnosis, merawat, mengevaluasi, dan mengelola masalah pendengaran baik pada bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Kata audiolog sebenarnya berasal dari cabang ilmu yang di pelajari yaitu audiologi. Audiologi yaitu suatu cabang ilmu yang mempelajari segala hal tentang indera pendengaran. Yaitu tentang cara mengukur kepekaan, sebab-sebab yang menimbulkan gangguan dan cara mengatasi gangguan itu sendiri.

Apabila seseorang mengalami gangguan pada pendengarannya, maka solusi yang terbaik adalah dengan mengunjungi seorang audiolog agar anda dapat mengetahui tindakan apa yang harus anda ambil berikutnya. Hal ini penting untuk kebaikan pendengaran anda berikutnya. Biasanya mereka akan memberikan layanan serta saran terbaik terkait dengan gangguan pendengaran seperti tinnitus, adanya penumpukan kotoran, masalah pendengaran lainnya, penggunaan alat bantu dengar, perlindungan pada pendengaran, serta tes pendengaran.

Mereka akan memberikan anda anjuran terkait produk apa yang aman anda gunakan. Selain itu, mereka akan membantu anda untuk menyesuaikan alat bantu dengar yang cocok dengan anda dan memberikan saran terbaik terkait pendengaran. Audiolog biasanya dapat anda temukan di berbagai kantor dokter, praktek pribadi atau klinik, rumah sakit, pusat rehabilitasi seperti fasilitas perawatan kesehatan jangka panjang dan perumahan. Anda juga bisa mengunjungi Klinik Pendengaran Depok untuk bertemu dengan seorang audiolog perihal konsultasi atau melakukan pemeriksaan pendengaran anda.

Baca Juga :  4 Langkah untuk Evaluasi Alat Bantu Dengar yang Berhasil

Definisi Audiolog Pediatrik atau Anak

Audiolog pediatrik adalah profesional kesehatan pendengaran terlatih yang mengevaluasi, mendiagnosis, dan menangani gangguan pendengaran pada bayi baru lahir, balita, anak-anak, dan remaja.

Hampir sama dengan audiolog, audiolog pediatrik harus memiliki lisensi negara, memegang gelar doktor (Ph.D. atau Au.D.), dan bersertifikat nasional. Mereka bekerja dengan bayi dan anak-anak dengan gangguan pendengaran dan membantu mereka mengelola gangguan pendengaran melalui alat bantu dengar, implan koklea, atau terapi wicara. Mereka berspesialisasi dalam mengenali tanda-tanda gangguan pendengaran sejak dini untuk membantu Anda bersikap proaktif tentang pendengaran dan perkembangan anak Anda.

Tugas

Tugas penting audiolog pediatrik meliputi pemeriksaan bayi baru lahir, pemeriksaan pendengaran, pemasangan alat bantu dengar, layanan rehabilitatif, dan terapi wicara.

Jika Anda mencurigai anak Anda mengalami gangguan pendengaran, maka Anda harus membawanya ke dokter spesialis anak setempat. Mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang riwayat kesehatan anak Anda serta mengapa Anda membawanya masuk. Kemudian mereka akan melakukan evaluasi pendengaran diagnostik untuk menentukan jenis (jika ada) gangguan pendengaran yang dialami anak Anda.

Setelah mendiagnosis gangguan pendengaran yang ada, mereka akan merekomendasikan dan menyesuaikan anak Anda dengan alat bantu dengar yang dirancang khusus untuk anak-anak, atau mereka mungkin merekomendasikan anak Anda menerima implan koklea, tergantung pada tingkat keparahan gangguan pendengaran anak Anda.

Tentang Pemeriksaan Pendengaran Bayi Baru Lahir

Di banyak negara bagian, pemeriksaan pendengaran bayi baru lahir diwajibkan oleh undang-undang dan sangat disarankan di negara bagian lain. Salah satu tugas utamanya adalah melakukan pemeriksaan pendengaran bayi baru lahir di rumah sakit. Skrining bayi baru lahir akan mendeteksi tanda-tanda gangguan pendengaran pada bayi Anda dan akan membantu Anda untuk proaktif tentang kesehatan pendengaran mereka jika ada gangguan pendengaran yang terdeteksi.

Baca Juga :  6 Tips Perawatan Alat Bantu Dengar yang Mudah

Ahli Audiologi Anak dan Terapi Bicara

Banyak audiolog pediatrik bekerja sama dengan terapis wicara untuk membantu anak Anda dengan lebih baik. Pendengaran dan kemampuan berbicara memiliki keterkaitan yang erat dan tergantung pada usia anak Anda, gangguan pendengaran dapat memengaruhi perkembangan bahasa mereka. Biasanya mereka akan bekerja dengan terapis wicara untuk memberikan solusi terbaik kepada anak Anda untuk mengelola gangguan pendengaran mereka dan untuk terus mengembangkan keterampilan berbicara mereka.

Waktu Yang Tepat Membawa Anak Periksa

Anda harus membawa anak Anda ke klinik pendengaran jika anak Anda mengalami kesulitan mendengar atau jika guru mereka telah menyatakan keprihatinannya terhadap kemampuan pendengaran mereka di dalam kelas. Beberapa tanda yang harus Anda waspadai pada anak Anda meliputi:

  • Mereka berbicara dengan keras
  • Mereka kesulitan memperhatikan paying
  • Mereka hanya merespons ketika mereka menghadap Anda
  • Mereka sering mengatakan “ya?” atau meminta kata-kata untuk diulang
  • Mereka kesulitan mengikuti petunjuk
  • Mereka memiliki reaksi tertunda atau tidak ada respons saat dipanggil

Jika Anda mencurigai anak Anda mengalami gangguan pendengaran, penting untuk menghubungi klinik pendengaran sesegera mungkin. Menjadi proaktif tentang kesehatan pendengaran anak Anda penting untuk perkembangan mereka secara keseluruhan. Temukan mereka dan buat janji untuk anak Anda hari ini.

Bagi anda yang hendak melakukan pemeriksaan pendengaran anda sendiri atau anak anda, maka anda bisa mengunjungi Klinik Pendengaran Depok. Tersedia ahli pendengaran yang sangat professional dengan alat-alat modern dan berkualitas serta staff yang ramah akan membantu anda menyelesaikan permasalahan pendengaran anda.