Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

penyebab telinga gatal

Anda mengalami rasa gatal di telinga? Yuk mari kenali penyebab mengalami telinga gatal dan cara mengatasinya.

penyebab telinga gatal

Mengalami rasa gatal pada indera pendengaran sering dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Walaupun terlihat ringan dan merupakan kondisi tidak berbahaya. Mengalami telinga gatal jangan dianggap sepele karena bisa jadi tanda penyakit serius yang terjadi pada telinga anda.

Telinga adalah indera pendengaran yang memiliki fungsi untuk mendengar mempunyai peranan besar dalam kehidupan sehari-hari membantu dalam beraktivitas. Telinga selain sebagai indera pendengaran, memiliki peranan fungsi penting bersamaan dengan otak sebagai penjaga keseimbangan tubuh.

Dalam telinga terdapat banyak saraf yang sensitif. Apabila terjadi gangguan pada telinga, maka akan memberikan reaksi tertentu salah satunya rasa gatal di telinga. Telinga yang gatal tentunya tidak datang begitu saja. Biasanya mengalami rasa gatal di telinga terjadi disebabkan oleh kemasukan serangga, kemasukan benda asing, telinga kemasukan air, dan kondisi lain yang membahayakan seperti mengalami infeksi pada telinga.

Penyebab telinga mengalami gatal

Telinga gatal ini dapat terjadi bukan semata-mata hadir. Melainkan terdapat penyebab yang menyebabkan telinga gatal. Apabila mengalami telinga gatal, maka harus mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengenali penyebab telinga gatal sebagai berikut.

1. Mengalami otitis eksterna

Kondisi otitis eksterna atau infeksi pada saluran telinga luar yang mana menghubungkan saluran telinga luar dengan gendang telinga. Otitis eksterna dapat disebut dengan swimmers ear atau kondisi telinga kemasukan air bagi perenang.

Air yang masuk ke dalam saluran telinga dapat memicu terjadinya kelembapan pada telinga. Selain itu, air yang masuk telinga ini mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga.

Keadaan otitis eksterna menyebabkan rasa gatal dari dalam telinga namun kita tidak bisa menemukan rasa gatal tersebut untuk digaruk. Otitis eksterna terjadi karena air yang bercampur bakteri dan jamur pemicu infeksi. Selain gatal biasanya otitis eksterna menimbulkan rasa nyeri pada telinga. Otitis eksterna juga menyebabkan telinga memerah dan bengkak.

Baca Juga :  Macam-Macam Tes Pendengaran untuk Deteksi Gangguan Telinga Lebih Dini

2. Iritasi pada telinga

Mengalami iritasi pada telinga juga menyebabkan telinga gatal. Reaksi alergi yang terjadi karena makanan, debu, panas, dan lain-lain dapat memicu terjadinya gatal.

3. Penumpukan kotoran serumen pada telinga

Telinga mampu memproduksi kotoran atau serumen yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan menghalangi benda asing berukuran kecil seperti serangga yang mencoba masuk ke dalam telinga. Kotoran telinga berbentuk seperti lilin berwarna kecoklatan untuk melindungi telinga. Namun pada kondisi telinga memproduksi kotoran secara berlebih dapat menyebabkan penumpukan serumen dalam telinga. Kotoran atau serumen ini yang mengalami penumpukan akan menyebabkan rasa gatal di telinga.

4. Mengalami Psoriasis

Kondisi psoriasis yang merupakan penyebab telinga gatal. Psoriasis adalah penyakit autoimun kronis yang dapat menyerang kulit. Saat mengalami psoriasis ditandai dengan gejala mengalami ruam merah, kulit mengalami penebalan dan kering, mudah terkelupas, dan tampak bersisik. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa gatal pada telinga.

5. Dermatitis pada saluran telinga

Kondisi dermatitis terjadi akibat mengalami peradangan pada kulit disekitar saluran telinga. Dermatitis dapat terjadi akibat adanya reaksi alergi benda asing, penggunaan perhiasan maupun produk kecantikan.

6. Kondisi Rhinitis

Rhinitis adalah peradangan yang terjadi pada lapisan rongga hidung akibat faktor musiman akibat alergi. Kondisi ini dapat ditimbulkan oleh perubahan cuaca, polusi udara, dan kondisi medis tertentu. selain berpengaruh pada hidung, mengalami rhinitis akan menyebabkan telinga merasakan rasa gatal.

7. Penggunaan alat bantu dengar

Saat menggunakan alat bantu dengar dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan telinga gatal. Telinga gatal terjadi akibat reaksi alergi alat tersebut yang digunakan. Selain reaksi alergi, telinga gatal setelah penggunaan alat bantu dengar dapat terjadi karena kelembapan pada alat bantu dengar yang memicu terjadinya gatal.

Baca Juga :  Gejala Telinga Tuli Sebelah dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi telinga gatal

Telinga gatal dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Untuk mengatasi telinga yang gatal perlu penanganan yang tepat berdasarkan penyebab kondisi tersebut. Terdapat beberapa Langkah penanganan untuk mengalami telinga gatal sebagai berikut.

1. Menghentikan penggunaan produk kecantikan yang dapat memicu terjadinya reaksi gatal pada telinga.

2. Menghindari memasukkan benda asing yang beresiko menimbulkan iritasi pada telinga seperti penggunaan cotton bud maupun alat lainnya yang memicu terjadinya gatal.

3. Melakukan pemeriksaan rutin telinga ke dokter. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengenali penyakit telinga lebih dini.

4. Menghindari untuk membersihkan telinga dengan menggunakan benda tajam yang dapat memicu telinga gatal bahkan luka,

5. Menggunakan obat tetes telinga untuk penanganan awal mengalami telinga gatal.

6. Menggunakan penutup telinga ketika berenang dan mengeringkan telinga agar telinga tidak lembab. Ini dilakukan karena kelembaban dapat memicu rasa gatal dan pertumbuhan bakteri saat mengalami kemasukan air.

Ketika telinga gatal anda tidak perlu panik dan cemas. Namun anda perlu waspada ketika mengalami telinga gatal yang disertai rasa nyeri. Rasa gatal akan berlangsung singkat. Apabila anda mengalami telinga gatal dalam jangka waktu seminggu lebih baik lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan tepat.

Demikian informasi yang mimin berikan untuk anda mengenai penyebab telinga gatal dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda mengenali telinga gatal dan penanganan awal yang harus dilakukan.