Penyebab Telinga Gatal Hingga Ke Tenggorokan

penyebab telinga gatal

Apakah anda mengalami telinga gatal hingga ke tenggorokan? Berikut penjelasan terkait penyebab telinga gatal.

Gatal adalah suatu hal yang wajar. Gatal biasanya terjadi sebagai suatu reaksi kulit pada alergen. Selain pada kulit bagian kulit gatal dapat terjadi pada telinga hingga sampai ke tenggorokan. Terdapat penyebab telinga gatal yang akan dibahas pada tulisan ini.

Bagian tubuh telinga, hidung, serta tenggorokan merupakan organ tubuh yang berkaitan satu sama lain. Hal yang dirasakan telinga, hidung, dan tenggorokan bisa saja saling mempengaruhi.

Ketika mengalami gatal pada telinga anda sering kali menemukan rasa gatal juga hingga ke tenggorokan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan telinga gatal sampai ke tenggorokan. Berikut ini penjelasan hal tersebut.

penyebab telinga gatal

Penyebab Telinga Gatal hingga ke tenggorokan.

Apabila telinga anda merasakan gatal sampai ke tenggorokan tentunya ada penyebabnya tidak mungkin secara tiba-tiba. Telinga memiliki keterkaitan dengan organ lain seperti tenggorokan dan hidung. Hal inilah yang menyebabkan jika terdapat masalah pada salah satu organ tersebut organ lain juga akan merasakan hal yang sama. Oleh karena itu perlu mengenali apa penyebab yang sedang terjadi.

Ketika mendapati kondisi gejala gatal pada telinga yang menyebabkan tenggorokan gatal pula berikut penjelasan mengenai gejala dan penyebabnya.

1. Penyakit otitis media

Otitis media adalah jenis penyakit peradangan atau infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah. Bagian tengah telinga ini adalah ruang yang berisi udara terletak pada gendang telinga yang terdiri atas tulang- tulang yang dapat melakukan getaran.

Ketika kedapatan mengalami otitis media ini berarti mengalami infeksi akibat bakteri maupun virus. Gejala yang dibawa oleh otitis media ini berupa rasa gatal, rasa nyeri dan sakit pada telinga, telinga mengeluarkan cairan dan yang fatal adalah terjadi gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Glue Ear

Otitis media dapat menjangkiti semua kalangan termasuk anak – anak maupun orang dewasa. Namun sering kali terjadi otitis media ini pada anak – anak.

Saat anak – anak mengalami otitis media biasanya disertai gejala lain seperti demam, sakit kepala, rewel, nafsu makan berkurang, telinga berdengung, dan gangguan pendengaran.

2. Penyakit rhinitis alergi

Penyebab telinga gatal dapat disebabkan oleh penyakit rhinitis alergi. Penyakit ini adalah kondisi gejala telinga gatal hingga ke tenggorokan. Pada gejala rhinitis alergi dapat disertai gelaja influenza seperti bersin, mengalami hidung tersumbat, bahkan demam.

Rhinitis alergi ini terjadi karena mengalami kondisi akibat alergen seperti terkena serbuk bunga, adanya spora jamur, terkena debu, alergi terhadap hewan, dan lain – lain.

3. Penyakit rhinitis non-alergi

Penyebab telinga gatal hingga ke tenggorokan dapat disebabkan oleh penyakit rhinitis non alergi. Penyakit ini sulit dideteksi namun dapat terjadi karena infeksi virus. Selain itu, rhinitis non alergi dapat terjadi ketika tubuh mendapatkan pengaruh suhu dan kelembapan udara. Kemudian terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan meminum obat – obatan hormonn yang menimbulkan efek samping.

4. Penyakit otitis eksterna

Penyebab telinga gatal hingga ke tenggorokan dapat terjadi karena penyakit otitis eksterna. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan saluran telinga pada bagian luar. Otitis eksterna merupakan peradangan telinga yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi pada telinga ini menimbulkan rasa gatal yang hingga sampai pada tenggorokan.

5. Alergi terhadap makanan

Perlu diketahui bahwa makanan bisa menjadi penyebab rasa gatal telingga hingga sampai ke tenggorokan. Alergi terhadap makanan tertentu akan menyebabkan gatal pada telingga dan tenggorokan.

Selain gatal resiko lain akibat alergi makanan dapat terjadi seperti merasakan mual, sakit perut, sakit kepala, pusing, wajah membengkak, sesak bernafas, dan sulit menelan.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Telinga Kemasukan Air Dengan Mudah

6. Alergi terhadap kandungan obat

Penggunaan obat – obatan atau mengonsumsi obat dapat menyebabkan rasa gatal telinga hingga ke tenggorokan. Hal ini terjadi apabila seseorang memiliki alergi dengan kandungan obat tertentu.

7. Psoriasis telinga

Penyebab telinga gatal hingga ke tenggorokan dapat terjadi akibat psioriasis telinga. Ini merupakan penyakit yang tidak bisa hilang dan bersifat kronis. Selain pada telinga dan tenggorokan penyakit psoriasis dapat menyebabkan gatal di area wajah. Psoriasis pada telinga dapat menyebabkan kehilangan pendengaran untuk sementara waktu.

8. Eksim pada telinga

Penyebab telinga gatal hingga ke tenggorokan akibat eksim. Eksim telinga merupakan kondisi penyebab kulit menjadi kering, gatal, menimbulkan benjol, bahkan terjadi perubahan warna pada kulit.

Gatal akibat Eksim sering terjadi pada telinga bagian luar namun tidak menampik kemungkinan dapat terjadi pada saluran telinga bagian dalam.

penyebab telinga gatal

Cara mengatasi telinga gatal yang sampai pada tenggorokan

Jika anda mengalami telinga gatal yang menyebabkan tenggorokan gatal pula, berikut ini cara mengatasi telinga gatal tersebut.

1. Mengetahui apa penyebabnya

Telinga yang gatal hingga ke tenggorokan tentunya ada penyebabnya. Oleh karena itu cara pertama adalah mengenai gejala awal mengapa terjadi telinga gatal hingga sampai ke tenggorokan.

2. Meminum obat

penyebab telinga gatal dapat diatasi. Rasa gatal pada telinga akan sangat menggangu dan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu untuk mengurangi rasa gatal mungkin anda dapat meminum obat yang diperjual belikan di apotek-apotek. Hal ini dilakukan agar rasa gatal telinga segera berakhir tidak sampai ke tenggorokan.

3. Pemeriksaan ke dokter

penyebab telinga gatal selalu ada tidak tiba-tiba datang dengan sendirinya. Apabila anda mengalami rasa gatal pada telinga yang hingga membuat tenggorokan gatal anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda perlu datang ke dokter THT agar memperoleh diagnose yang tepat mengenai penyebab telinga gatal hingga sampai tenggorokan.

Baca Juga :  Mengenal Alat Bantu Dengar Isi Ulang

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai penyebab telinga gatal hingga ke tenggorokan beserta cara mengatasinya. Semoga informasi diatas dapat membantu anda mengenali penyebab-penyebab yang terjadi pada telinga yang menyebabkan telinga gatal.

Jaga kondisi kesehatan anda terutama indera pendengaran!

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?