Mudah Mengeluarkan Benda Asing Dari Telinga

Cara Mengeluarkan Benda Asing Dari Telinga

Apakah anda mengalami kemasukan benda asing pada telinga? Berikut ini cara mengeluarkan benda asing dari telinga yang perlu anda ketahui.

Telinga adalah anggota bagian tubuh yang berada di kepala memiliki kesensitifan. Kita tidak bisa memasukkan benda asing pada telinga.

Benda asing yang masuk pada telinga membuat tidak nyaman, telinga akan merasakan rasa nyeri serta akan sangat mengganggu dalam beraktifitas.

Dalam mengeluarkan benda asing pada telinga perlu kehati-hatian. Telinga sangat sensitif dengan benda asing karena benda asing akan melukai telinga anda jika tidak hati-hati.

Cara Mengatasi Mengeluarkan Benda Asing Di Telinga

Cara Mengeluarkan Benda Asing Dari Telinga

Kondisi telinga kemasukan benda asing membuat tidak nyaman. Benda asing yang sering masuk pada telinga secara tidak sengaja seperti air, biji-bijian, kerikil kecil, serangga. Hal ini sering terjadi pada orang dewasa, namun anak kecil juga sering tidak sengaja memasukkan benda asing pada telinga seperti mainan-mainan kecil. Oleh sebab itu, anda perlu mengawasi anak anda ketika bermain agar tidak melakukan memasukkan benda asing pada telinga.

Benda asing yang masuk pada telinga akan memberikan dampak seperti telinga gatal, pendengaran terganggu, dan dapat menyebabkan infeksi.

Benda asing membuat telinga gatal

Telinga gatal yang disebabkan oleh benda asing menyebabkan alergi dan bahkan infeksi pada telinga. Telinga gatal dikarenakan benda asing ini membuat tidak nyaman dan kita ingin selalu menggaruknya.

Benda asing dapat menyebabkan gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran akan terjadi apabila telinga kemasukan benda asing. Benda asing yang masuk pada telinga membuat saluran telinga menjadi penuh dan telinga sulit mendengarkan suara-suara dari luar karena telinga tersumbat oleh benda asing

Infeksi pada telinga

Benda asing yang berada pada telinga dapat menyebabkan infeksi jika tidak segera dikeluarkan. Infeksi akan berdampak dan memberikan gejala demam tinggi, pembengkakan pada telinga, dan pendengaran terganggu.

Baca Juga :  Jenis Pengobatan Telinga Yang Aman

Infeksi telinga dapat mnenyebabkan nyeri dan telinga berdarah. Bahkan telinga yang infeksi akan mengeluarkan cairan dan nanah jika tidak segera diobati.

Cara Mengeluarkan Benda Asing Dari Telinga

Cara mudah mengeluarkan benda asing

Telinga yang kemasukkan benda asing harus segera diatasi. Hal ini dilakukan agar tidak memperburuk kondisi telinga. Hal yang mungkin dapat dilakukan untuk mengeluarkan benda asing dari telinga sebagai berikut.

1. Memiringkan kepala

Cara mengeluarkan benda asing dari telinga adalah dengan memiringkan kepala. Hal ini adalah hal pertama yang dilakukan ketika mengalami kemasukan benda asing.

2. Menghindari mengorek telinga

Cara mengeluarkan benda asing dari telinga adalah menghindari mengorek – ngorek telinga. Mengorek telinga akan memperburuk kondisi telinga. Melakukan ngorek telinga justru membuat benda asing masuk ke organ telinga dalam.

3. Mengubah posisi tidur

Cara mengeluarkan benda asing dari telinga dengan mengubah posisi tidur. Hal ini dilakukan dengan cara berbaring dengan posisi sisi telinga yang terjadi kemasukan benda asing menghadap ke lantai. Posisi ini dibantu oleh gaya gravitasi saat tidur.

4. Tidak menggoyangkan atau menepuk telinga

Menggoyangkan kepala dan melakukan tepuk – tepuk pada telinga justru membuat benda asing yang masuk pada telinga semakin dalam masuk ke organ telinga bagian dalam.

5. Tidak menggunakan alat

Cara mengeluarkan benda asing dari telinga adalah menghindari menggunakan alat untuk mencoba mencongkel keluar dari telinga. Alat dan benda yang berkaitan dengan pembersihan telinga seperti cotton buds, ujung jari, korek api, dan jarum yang sering digunakan oleh orang-orang untuk membersihkan telinga.

cotton buds, ujung jari, dan jarum dipercayai oleh orang – orang sejak zaman dahulu untuk membersihkan telinga dari benda asing dan kotoran. Pada kenyataannya menggunakan alat dapat memperburuk keadaan menyebabkan menyebabkan benda asing dan kotoran yang ada pada telinga dapat terdorong masuk ke dalam serta memiliki resiko melukai telinga.

Baca Juga :  Cara Menjaga Kesehatan Telinga dan Pendengaran

6. Mengeluarkan dengan mengecek benda tersebut

Cara mengeluarkan benda asing dari telinga dapat dilakukan dengan pengecekan kondisi benda tersebut dalam telinga. Hal ini dilakukan agar benda tidak terdorong ke telinga bagian belakang. Menggunakan alat seperti senter dapat dilakukan untuk mengecek benda tersebut yang bersarang di telinga. Jika benda masih berada di posisi telinga bagian luar, mengeluarkan dengan pinset secara perlahan merupakan cara yang efektif.

7. Menggunakan minyak hangat

Ketika telinga anda kemasukan benda asing, anda dapat mengeluarkannya dengan menggunakan minyak hangat. Hal ini dilakukan apabila telinga anda kemasukan benda asing seperti serangga. Serangga dapat membuat telinga anda luka.

Menggunakan minyak hangat dapat mematikan serangga yang mencoba masuk pada telinga anda bagian dalam. Setelah serangga diam dan tidak bergerak lakukan pengambilan serangga menggunakan pinset.

8. Melakukan irigasi dengan air hangat

Mengeluarkan benda asing pada telinga dapat dengan cara melakukan irigasi dengan air hangat. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menyemprotkan air hangat ke telinga. Irigasi air hangat dapat memudahkan benda asing dan kotoran yang bersarang pada telinga anda keluar.

Demikian tips dan cara mengeluarkan benda asing dari telinga. Semoga cara yang diberikan dapat membantu anda apabila mengalami kemasukan benda asing. Hubungi dokter untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan telinga anda jika kemasukan benda asing.

Lindungi telinga anda jangan sampai kemasukan benda asing karena dapat menggangu fungsi pendengaran telinga anda.