Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Apakah anda mengalami gangguan pendengaran dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dan cara mengatasi gangguan pendengaran.

Jika mengalami gangguan pendengaran pasti hal ini membuat tidak nyaman pada diri kita. Gangguan pendengaran dapat membuat diri kita merasa budge bukan?

Gangguan pendengaran merupakan kondisi atau sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada telinga saat proses mendengar. Ketika mengalami gangguan pendengaran kita sulit mendengarkan suara – suara lirih, dan harus mendengar suara yang bising agar telinga dapat mendengarkan.

Mengalami gangguan pendengaran berarti sedang mengalami gangguan kesehatan telinga yang terjadi akibat keseringan terpapar oleh suara – suara keras atau suara nyaring. Gangguan pendengaran rentan terjadi pada orang tua. Hal ini dikarenakan faktor usia dapat menurunkan sistem dan organ tubuh pada manusia.

Apabila mengalami gangguan pendengaran sinyal suara mengalami kesulitan dalam mencapai otak.

Gangguan pendengaran terjadi dan mengalami perkembangan tidak secara tiba – tiba. Kondisi gangguan pendengaran yang sudah fatal dapat menyebabkan tuli pada seseorang.

Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Faktor adanya gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran dapat terjadi di dukung oleh beberapa faktor. Faktor ini merupakan penyebab terjadinya gangguan pendengaran pada manusia.

1. Suara besar dan bising

Apabila sering kali terkena paparan suara keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Suara yang keras dan bising dapat menyebabkan kerusakan pada sel – sel telinga bagian dalam. Kerusakan sel ini dapat terjadi dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, suara – suara seperti ledakan atau bahkan suara tembakan dapat menyebabkan resiko gangguan pedengaran.

2. Rentan usia

Usia tua seperti kakek nenek ini merupakan salah satu faktor terkena gangguan pendengaran. Orang yang memiliki usia tua memiliki sistem tubuh yang menurun salah satunya fungsi telinga. Fungsi teliinga yang menurun dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Ketahui 9 Gejala Gangguan Pendengaran

3. Faktor keturunan

Gangguan pendengaran dapat diakibatkan oleh faktor keturunan. Selain usia faktor keturuan menjadi penyebab adanya gangguan pendengaran. Hal ini dibuktikan oleh anak-anak atau usia remaja yang mengalami gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran akibat faktor keturunan ini lebih rentan menimbulkan resiko lain seperti kerusakan telinga akibat adanya suara- suara yang keras dan bising.

4. Penggunaan headset

Menggunakan headset atau headphone ketika mendengarkan suara melalui laptop atau smartphone membuat kita nyaman. Namun sering kali kita mengabaikan dampak yang diberikan oleh penggunaan headset. Menggunakan headset ini sebagai pemicu adanya gangguan pendengaran.

5. Pekerjaan yang sering menggunakan alat bising

Pekerja yang sering menggunakan alat berat dengan suara keras dapat memicu adanya gangguan pendengaran pada pekerja tersebut. Alat – alat yang mempunyai suara keras seperti alat pertanian, konstruksi bangunan sering kali dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

6. Mengonsumsi obat

Ketika mengonsumsi obat ini dapat memicu adanya gangguan pendengaran. Obat yang memiliki kandungan anti bakteri dan kemoterapi dapat menjadi penyebab gangguan pedengaran dan merusak telinga bagian dalam. Selain itu, obat dengan dosis tinggi pengencer darah, anti malaria, dan obat –  obat lain dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Efek samping yang diberikan obat dapat memicu gangguan sementara pada pendengaran.

Gangguan pendengaran tidak datang secara tiba – tiba selalu ada penyebabnya. Berikut ini merupakan penyebab gangguan pendengaran.

Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Gangguan pendengaran berupa sensorineural

Gangguan pendengaran sensorineural ini dapat terjadi ketika telinga bagian dalam mengalami kerusakan serta adanya gangguan pada jalur saraf antar telinga pada bagian dalam dan otak. Kondisi gangguan ini disebabkan oleh penyakit tertentu seperti autoimun menyerang telinga, adanya efek samping akibat mengonsumsi obat seperti antibiotik, aspirin dengan dosis tinggi, dan kemoterapi.

Baca Juga :  Antisipasi dan Cara Memakai Obat Tetes Telinga

Selain itu, gangguan pendengaran sensorineural dapat terjadi karena kondisi genetik yang diturunkan, terkenanya cedera atau pukulan pada kepala, paparan suara keras dalam jangka waktu lama seperti pekerjaan proyek konstruksi yang memiliki alat dengan kebisingan yang tinggi.

Gangguan pendengaran berupa konduktif

Gangguan pendengaran konduktif dapat terjadi ketika adanya proses penghantaran suara tau bunyi yang terganggu karena adanya gangguan pada telinga. Kondisi penyebab gangguan pendengaran konduktif seperti adanya cairan telinga yang menumpuk akibat terkena pilek atau rhinitis, adanya infeksi telinga berupa otitis eksterna atau otitis media, kerusakan saluran eustacius, gendang telinga mengalami kerusakan.

Selain itu, gangguan pendengaran konduktif dapat terjadi ketika adanya tumor atau pertumbuhan jaringan yang tidak normal pada telinga, kotoran telinga yang sudah menumpuk sehingga terjadi penyumbatan, benda asing yang masuk pada telinga, dan kelainan pada telinga.

Gangguan pendengaran campuran

Penyakit Gangguan pendengaran campuran ini terjadi apabila adanya gangguan konduktif yang bersamaan dengan gangguan pendengaran sensorineural. Gangguan ini terjadi ketika adanya kerusakan telinga bagian luar, tengah, dan dalam dan kerusakan pada syaraf telinga menuju ke otak.

Setelah mengetahui gangguan pendengaran berikut informasi mengenai tips cara mengatasinya.

Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi gangguan pendengaran ini dapat dilakukan dengan cara pengobatan. Berikut cara mengatasi gangguan pendengaran.

1. Membersihkan kotoran pada telinga

Gangguan pendengaran dapat terjadi akibat adanya kotoran yang menumpuk pada telinga. Oleh karena itu gangguan pendengaran dapat diatasi dengan cara membersihkan telinga secara teratur.

2. Pemeriksaan ke dokter

Gangguan pendengaran dan cara mengatasinya dapat dengan melakukan konsultasi ke dokter mengenai masalah terkait dengan pendengaran anda. Dokter akan memberikan jalan keluar untuk mengatasi gangguan pendengaran pada diri anda.

Baca Juga :  Kerusakan Organ Telinga yang Dapat Membuat Jadi Tuli: Penyebab, Gejala, Tips Mencegah, dan Solusi Mengatasinya

3. Operasi

Melakukan operasi ketika mengalami kondisi kelainan telinga adalah hal yang tepat. Gangguan pendengaran akibat kelainan pada telinga dapat diatasi dengan melakukan operasi. Operasi dilakukan oleh dokter yang kompeten.

4. Menggunakan alat pembantu pendengaran

Gangguan pendengaran dan cara mengatasinya dapat dengan menggunakan alat pembantu pendengaran. Apabila anda mengalami gangguan pendengaran dan takut untuk operasi anda akan disarankan oleh dokter.

Demikian informasi mengenai penjelasan gangguan pendengaran dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang diberikan mimin mengenai masalah gangguan pendengaran dapat membantu anda.

Tetap jaga kesehatan telinga anda karena telinga merupakan aset penting dalam tubuh kita yang memberikan peranan penting hingga tua nanti.