Fungsi Telinga Bagian Dalam Selain Mendengar

fungsi telinga dalam

Apakah anda tahu fungsi telinga selain sebagai indera pendengar? Berikut informasi mengenai fungsi telinga bagian dalam.

Telinga adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai indera pendengaran. Manusia memiliki telinga yang terdiri dari beberapa bagian seperti telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.

Telinga memiliki fungsi untuk menangkap suara, mendengarkan suara kemudian diteruskan menuju otak. Sehingga kita mengenali suara tersebut. Selain fungsi mendengar telinga memiliki peranan untuk menjaga keseimbangan pada tubuh manusia.

Telinga manusia memiliki 3 struktur bagian yang terdiri atas telinga bagian luar yang terbentuk atas daun telinga dan liang pendengaran, telinga bagian tengah terdiri dari membran timpani yang berisikan syaraf dan saluran eustachius yang memiliki fungsi menyamakan tekanan udara dan penghubung telinga tengah dengan hidung, terakhir telinga bagian dalam yang berisi koklea, vestibular, dan semisirkular.

Dari ketiga bagian telinga, telinga bagian dalam yang memiliki peranan fungsi yang cukup banyak. Telinga bagian dalam merupakan komponen dari telinga yang disebut sebagai labirin telinga. Hal ini dikarenakan telinga bagian dalam mempunyai fungsi yang lumayan rumit.

fungsi telinga dalam

Struktur telinga bagian dalam

Telinga bagian dalam memiliki struktur dan fungsi untuk membantu keseimbangan dan menyalurkan suara ke sistem saraf pusat lalu dilanjutkan ke otak. Otak akan merespon dan mengenali suara dari luar tubuh atas bantuan telinga bagian dalam.

Pada telinga bagian dalam terdapat labirin yang terdiri atas rongga yang terbentuk dari labirin osseus.yang terdiri dari tulang temporal dan labirin membrane yang berisi kantung dan saluran membrane. Selain itu pada telinga bagian dalam terdapat strukur lain seperti ini penjelasannya.

Koklea

Salah satu struktur telinga bagian dalam adalah koklea. Koklea merupakan organ telinga yang memiliki bentuk seperti cangkang siput. Selain seperti cangkang siput, koklea seperti tabung yang membengkok ke arah belakang berbentuk lingkaran disertai kerucut dibagian ujungnya.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Bisul Telinga

Koklea sendiri memiliki beberapa bilik yang terbagi menjadi tiga yaitu skala vestibuli, saluran koklear, dan juga skala timpani. Organ koklea ini memiliki sebuah organ kecil yang disebut dengan korti memiliki fungsi mengubah gelombang suara dari luar menjadi impuls saraf.

Saluran Vestibular

Vestibular adalah saluran penghubung koklea dan saluran semisirkular. Pada bagian vestibular terdiri atas sakula dan utrikula yakni sel rambut yang berfungsi menjaga keseimbangan posisi kepala terhadap gaya gravitasi saat tubuh pada keadaan diam.

Saluran semisirkular

Semisirkular merupakan saluran setengah lingkaran yang terdiri dari tiga saluran berbeda. saluran tersebut adalah kanalissemisirkularis horizontal, kanalis semisirkularis vertikal atas, dan juga kanalis semisirkularis vertikal belakang yang berisikan ampula. Pada saluran semisirkular berperan penting dalam menentukan kesadaran posisi kepala saat terjadi adanya gerakan memutar atau rotasi.

fungsi telinga dalam

Fungsi Telinga Dalam yang perlu anda ketahui

Telinga bagian dalam memiliki fungsi utama yaitu sebagai pendengar suara dan juga sebagai organ keseimbangan tubuh. Berikut penjelasan lebih detailnya.

Telinga dalam sebagai pendengar suara

Telinga memiliki fungsi sebagai pendengar suara. Suara dari luar akan diterima oleh koklea yang kemudian dihantarkan getarannya menuju organ korti. Organ korti akan menerima sinyal getaran tersebut.

Berikut adalah proses mendengarkan suara yang dilakukan oleh telinga.

-Telinga menerima gelombang suara yang masuk melalui telinga bagian luar (daun telinga) kemudian diteruskan pada telinga bagian tengah yaitu gendang telinga.

-Gendang telinga akan melakukan getaran dan suara dapat merambat pada tiga tulang kecil lainnya pada telinga bagian tengah.

-Gerakan yang dilakukan oleh telinga bagian tengah akan mendorong gelombang suara pada telinga tengah dan menyebabkan adanya getaran di dalam koklea

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kotoran Telinga Yang Kering

-Koklea akan menerima getaran selanjutnya akan diteruskan oleh organ korti

-Organ korti memiliki rambut-rambut kecil yang dapat menyaring dan mengubah gelombang suara menjadi suatu sinyal

-Sinyal ini nantinya akan dikirimkan ke otak melalui saraf pendengaran. Dari sinilah kita dapat memahami suara apa yang didengar.

Organ Keseimbangan pada tubuh

Telinga memiliki fungsi sebagai organ keseimbangan tubuh. Pada telinga bagian dalam terdapat struktur yang berbentuk semi lingkaran berisikan cairan berupa endolimfa dan sensor gerakan yang hampir menyerupai rambut – rambut halus. Bagian ini yang disebut sebagai kanalis semisirkularis.

Kanalis semisirkularis ini dihubungkan oleh sebuah kantung yang disebut utrikulus dan sakulus. Kedua organ ini merupakan organ keseimbangan statis yang memiliki fungsi memberikan respons terhadap perubahan pada kedudukan kepala.

Utrikulus memiliki macula yang mengandung sel rambut dan sel penyangga yang ditutupi oleh membran. Selain itu, sakulus terdapat macula yang terdapat sel rambut memiliki peranan sebagai sel-sel reseptor keseimbangan. Sel inilah yang akan mempengaruhi keseimbangan tubuh yang mana sel mampu meneruskan fungsinya ke otak.

Kanalis semisirkularis, utrikulus, dan sakulus memiliki peranan penting dalam menjafa keseimbangan tubuh manusia.

Dari ketiga organ struktur pembentuk telinga bagian dalam ini memiliki fungsi keterkaitan dalam menangkap suara dan menangkap respon keseimbangan. Lalu respon tersebut akan diteruskan menuju otak. Otak akan memberikan perintah kepada otot bagian tubuh untuk melakukan koordinasi agar tubuh berada dalam keadaan seimbang dan stabil.

Telinga memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain sebagai indera pendengaran, telinga memiliki peranan dalam keseimbangan tubuh. Oleh karena itu kita harus menjaga telinga kita.

Menjaga kesehatan telinga sangat diperlukan terutama menjaga kebersihan telinga. Telinga yang tidak dibersihkan memicu resiko infeksi pada telinga sehingga dapat mempengaruhi kesehatan telinga dan mempengaruhi adanya gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Jakarta: Pemeriksaan Rutin THT

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai fungsi telinga dalam. Semoga dari informasi yang disampaikan diatas anda mengenali fungsi telinga yang sangat berperan dalam kehidupan manusia.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?