Cara Mudah Mengatasi Telinga Kemasukan Serangga

Telinga Kemasukan Serangga

Apakah anda mengalami telinga kemasukan serangga? Berikut info mengenai cara mengatasi telinga kemasukan serangga.

Telinga Kemasukan Serangga

Serangga adalah benda asing yang memiliki ukuran kecil dapat terbang memasuki telinga. Kemasukan serangga sering terjadi tanpa ada kesengajaan. Serangga ini yang masuk ke dalam telinga tentunya berbahaya apabila tidak kunjung dikeluarkan. Bahkan kemasukan serangga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pendengaran.

Mengalami kemasukan serangga

Telinga adalah organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indera pendengaran dan paling sensitif. Karena salah satu organ yang paling sensitif, kita harus menjaga telinga kita dari benda asing yang mencoba masuk ke dalam telinga. Apabila telinga mengalami kemasukan benda asing tentunya akan mempengaruhi fungsi telinga dalam mendengar.

Benda asing menyebabkan iritasi dan cedera pada telinga yang mengganggu telinga sebagai fungsi pendengaran. Salah satu jenis benda asing yang sering masuk ke dalam telinga adalah serangga. Serangga memiliki kemampuan terbang terkadang secara tidak sengaja dapat masuk ke dalam telinga. Oleh sebab itu, maka harus berhati-hati ketika dekat dengan serangga. Takutnya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemasukan serangga dapat terjadi.

Kok bisa serangga masuk ke telinga?

Serangga adalah benda asing yang memiliki ukuran kecil dapat masuk ke telinga kapan saja. Apalagi ketika sedang beraktivitas diluar rumah tanpa menggunakan pelindung telinga. Kemasukan serangga dapat terjadi saat berada diluar ruangan seperti sedang berolahraga, berkebun, dan berkemah. Serangga ini lebih beresiko masuk ke dalam telinga.

Jenis serangga yang sering masuk ke telinga adalah semut, dan jenis serangga lainnya yang memiliki ukuran kecil. Serangga ini sebenarnya ketika masuk ke telinga akan mati. Namun tidak menutup kemungkinan serangga tidak mati dalam telinga apabila serangga tersebut mampu bertahan hidup.

Baca Juga :  Menjaga Otak Anda Tetap Sehat Dengan Alat Bantu Dengar

Kemasukan serangga akan mengalami rasa gatal pada telinga. Telinga juga mengalami dengingan bahkan nyeri pada telinga. Rasa nyeri pada telinga dapat terjadi apabila serangga menyengat atau menggigit bagian telinga karena serangga merasa terancam karena terperangkap pada liang telinga.

Gejala kemasukan serangga

Serangga yang masuk ke telinga ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada telinga. Telinga juga akan merasakan dengungan membuat tidak nyaman. Mengalami telinga berdengung ini akibat serangga yan melakukan pergerakan di dalam telinga mencoba untuk keluar namun gagal.

Ketika mengalami kemasukan serangga, berikut ini gejala-gejala yang terjadi.

1. Telinga terasa sakit

Saat mengalami kemasukan serangga telinga akan terasa sakit dan nyeri akibat pergerakan dari serangga tersebut.

2. Mengalami peradangan

Serangga yang masuk pada telinga dapat menyebabkan peradangan dalam telinga. Peradangan terjadi akibat gigitan serangga atau sengatan serangga. Saat peradangan ini tidak menutup kemungkinan telinga akan membentuk benjolan bernanah yang dapat pecah sehingga telinga tampak mengeluarkan cairan.

3. Iritasi pada telinga

Serangga yang masuk telinga menyebabkan iritasi. Iritasi pada telinga menyebabkan telinga tampak kemerahan dan terasa gatal. Bahkan telinga yang mengalami iritasi akan menyebabkan telinga tampak bengkak.

Pertolongan pertama kemasukan serangga

Apabila telinga mengalami kemasukan serangga mungkin bentuk pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah.

1. Menghindari mengorek telinga dengan jari, cotton bud, maupun alat lainnya karena dapat menyebabkan pergerakan serangga semakin dalam dan meningkatkan resiko serangga menyengat liang telinga serta telinga terluka.

2. Anda dapat melakukan memiringkan kepala sehingga lubang telinga yang mengalami kemasukan serangga menghadap ke bawah.

3. Tunggu untuk serangga agar keluar.

Cara mengatasi telinga kemasukan serangga

Telinga yang kemasukan serangga dapat berakibat fatal. Selain menyumbat telinga, serangga juga dapat menyebabkan iritasi serta mengganggu pendengaran. untuk dapat mengeluarkan serangga dari telinga terdapat beberapa cara. Berikut ini Tips untuk mengatasi telinga yang kemasukan serangga.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Telinga Berdenging Paling Ampuh dan Jitu

1. Tidak panik

Saat serangga masuk pada telinga usahakan anda tidak panik. Anda harus tenang dalam mengeluarkan serangga. Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan gerakan berlebih yang dapat menyebabkan serangga terdorong masuk ke saluran telinga dalam.

2. Tidak menggunakan alat maupun jari untuk mengorek telinga

Ketika mengalami kemasukan serangga, jangan lakukan mengorek dengan menggunakan alat seperti cotton bud maupun menggunakan jari tangan. Penggunaan alat dapat menyebabkan serangga terdorong masuk sehingga membuat cedera pada saluran telinga bagian dalam serta gendang telinga.

3. Mencoba memiringkan kepala

Memiringkan kepala dapat membantu anda mengeluarkan serangga dari telinga. Tindakan memiringkan kepala dengan arah berlawanan sisi telinga yang mengalami kemasukan serangga. Ini dilakukan untuk serangga bisa keluar dari dalam telinga.

4. Menggunakan minyak essensial

Minyak essensial sejenis minyak zaitun dapat membantu anda untuk mengeluarkan serangga dari dalam telinga. Penggunaan minyak ini dapat membantu mematikan serangga yang terdapat di dalam telinga. Serangga diberi minyak dengan tujuan supaya serangga tidak masuk lebih dalam menuju telinga bagian dalam. Minyak berguna untuk melumpuhkan pergerakan serangga sehingga serangga dapat dikeluarkan dengan mudah.

Anda dapat melakukan penetesan telinga dengan minyak zaitun, kemudian tarik daun telinga untuk menghilangkan gelembung udara yang masuk bersamaan dengan minyak. Saat menetesi telinga jangan memasukkan cairan secara berlebihan.

5. Tindakan dokter

Apabila cara-cara yang telah disarankan tidak membantu anda, lebih baik anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan tindakan tepat untuk mengeluarkan serangga dari dalam telinga.

Demikian informasi yang mimin berikan terkait cara mengeluarkan serangga dari dalam telinga. Apabila mengalami kemasukan serangga anda jangan panik dan lakukan tindakan medis apabila perlu untuk mengeluarkan serangga.

Baca Juga :  5 Jenis Gangguan Pendengaran Yang Wajib Anda Tahu