Mengenal Fungsi Tulang Pendengaran

fungsi tulang pendengaran

Apakah anda mengenali fungsi-fungsi organ pendengaran? berikut informasi tentang fungsi pendengaran dan tulang pendengaran .

fungsi tulang pendengaran

Organ Pendengaran

Manusia memiliki organ pendengaran yaitu telinga atau kuping. Organ ini memiliki fungsi untuk mendengarkan. Selain fungsi mendengarkan telinga juga bermanfaat untuk menangkap dan mengubah bunyi berupa energi mekanis menjadi energi elektris secara efisien dan diteruskan ke otak untuk disadari dan dimengerti. Telinga juga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan pada tubuh. Hal ini tentunya berguna untuk agar anda tidak mudah terjatuh ketika melakukan berbagai gerakan.

Organ pendengaran manusia terdiri dari bagian-bagian yang memiliki struktur dan peranannya masing-masing. Selain itu, telinga ini juga memiliki tulang yang bermanfaat untuk menjaga struktur dan fungsi telinga itu sendiri.

Bagian-bagian telinga serta fungsinya

Telinga manusia memiliki anatomi tiga bagian. Untuk mengenali bagian-bagian telinga berikut penjelasannya.

1. Telinga bagian luar

Organ pendengaran memiliki bagian telinga bagian luar yang terdiri dari daun telinga atau disebut dengan pinna dan lubang telinga. Daun telinga ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan gelombang suara dari lingkungan sekitar dan mengantarkan ke gendang telinga melalui lubang telinga. Daun telinga pada organ pendengaran ini memiliki peranan sebagai saluran yang menghubungkan antara telinga bagian luar dan telinga bagian tengah.

2. Telinga bagian tengah

Organ telinga bagian tengah memiliki bagian yaitu osikel dan saluran eustachius. Bagian osikel merupakan sekumpulan tulang yang memiliki peranan sebagai penyusun telinga bagian tengah.

3. Telinga bagian dalam

Pada organ telinga bagian dalam terdapat koklea yaitu organ yang memiliki saraf-saraf pendengaran. koklea ini memiliki bentuk yang menyerupai siput dan terdiri dari dua jenis cairan. Cairan ini adalah endolymph dan perilymph.

Baca Juga :  Tips Membersihkan Alat Bantu Dengar Agar Awet

Pada sekitaran koklea juga terdapat sel rambut halus yang memiliki peranan penting dalam mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik di saraf pendengaran. selain memiliki fungsi untuk mendengarkan juga sebagai keseimbangan.

Tulang-tulang pada organ pendengaran

Selain memiliki bagian-bagian tersendiri. Telinga juga memiliki tulang-tulang. Untuk apa saja tulang yang terdapat di telinga dan fungsinya sebagai berikut.

1. Tulang pelipis atau tulang temporal

Pada organ pendengaran sangat dekat dengan tulang temporal atau tulang pelipis. Tulang pelipis terletak pada tengkorak bagian samping dan dasar atau cranium serta berada disamping bagia otak cerebral cortex. Pelipis ini salah satu tulang paling utama di tengkorak. Terdapat empat bagian dari tulang pelipis yaitu bagian skuamosa, bagian petrous, bagian timpani, dan bagian mastoid.

Fungsi tulang pendengaran ini adalah berperan penting dalam proses pendengaran dan keseimbangan tubuh. Tidak hanya berfungsi untuk melindungi otak, tulang pelipis juga dapat menjaga saraf-saraf yang berfungsi dalam pendengaran dan keseimbangan. Selain itu fungsi lainnya adalah melindungi struktur dalam otak dan telinga, membentuk tengkorak, dan tempat melekatnya otot-otot wajah.

2. Tulang martil (malleus) yang terdapat pada telinga bagian tengah

Terdapat tulang martil atau malleus pada telinga bagian tengah. Tulang ini melekat di gendang telinga. Martil atau disebut dengan malleus adalah tulang kecil yang berfungsi untuk menghantarkan getaran suara dari gendang telinga ke tulang landasan.

3. Tulang landasan (incuss)

Pada telinga bagian tengah terdapat tulang landasan atau incuss. Tulang ini berada di tengah rangkaian tulang pendengaran telinga. Fungsi tulang landasan adalah menjadi penghubung atau saluran antara tulang martil dan tulang sanggurdi atau meneruskan getaran yang masuk dari gendang menuju ke rumah siput.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Telinga Gatal

4. Tulang sanggurdi (stapes)

Selain tulang martil dan landasan, terdapat tulang sanggurdi atau stapes yang berada di telinga bagian telinga. Tulang ini menjadi penghubung antara telinga tengah dan telinga dalam. Sanggurdi adalah tulang terkecil dan teringan pada tubuh manusia. Tulang sanggurdi memiliki fungsi menerima getaran suara dari tulang dasar dan diantar ke membrane telinga dalam melalui tingkap oval.

Tulang-tulang pada organ pendengaran ini memiliki fungsi sebagai penangkap getaran dari gendang telinga. Selain itu, juga meningkatkan amplitudonya untuk kemudian diteruskan ke telinga bagian dalam. Oleh sebab itu, tulang pendengaran ini sangatlah penting dan bermanfaat dalam proses mendengarkan.

Setelah mengenal tulang-tulang yang terdapat pada indera pendengaran berikut ini terdapat tips untuk anda dalam menjaga kesehatan telinga.

Cara menjaga kesehatan telinga

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan telinga yang wajib anda lakukan karena telinga adalah aset hingga tua.

1. Hindari kebiasaan mengorek telinga

Mengorek telinga dengan menggunakan alat seperti cotton bud, dan menggunakan jari dapat melukai telinga. Selain itu, juga dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam dan sulit untuk dikeluarkan.

2. Menghindari suara keras

Suara keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran. mendengarkan suara yang keras dan bising akan menyebabkan sel-sel rambut pada telinga rusak sehingga fungsi telinga untuk mendengarkan akan tidak maksimal apabila terdapat struktur telinga yang rusak

3. Menjaga telinga agar tetap kering

Telinga yang lembab akan menyebabkan bertumbuhnya bakteri dan jamur dengan cepat. Hal ini akan menyebabkan infeksi pada telinga organ telinga yang membahayakan bagi organ pendengaran itu sendiri.

4. Lakukan pemeriksaan rutin telinga anda

Pemeriksaan rutin telinga dapat mencegah gangguan pendengaran secara dini. Selain itu pemeriksaan telinga oleh dokter THT anda akan dibantu untuk membersihkan telinga dengan resiko ringan.

Baca Juga :  Mengenal Penyebab Telinga Bau

Demikian informasi mengenai organ telinga dan fungsi tulang pendengaran telinga. Perlu diketahui bahwa tulang telinga ini juga dapat terkena gangguan seperti tumor dan infeksi tulang. Oleh sebab itu, perlu menjaga kesehatan telinga dan organ lainnya.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?