Mengenal Otalgia Atau Sakit Telinga

Apakah anda mengenal pengertian otalgia? Berikut penjelasannya untuk anda mengenai otalgia atau sakit pada telinga.

mengalami otalgia

Pengertian Otalgia

Mengenal otalgia adalah sakit telinga yang mana menyebabkan telinga terasa sakit ringan hingga sakit parah. Kondisi otalgia dapat disebabkan oleh pengaruh dari luar telinga. Otalgia disebut juga dengan nyeri pada telinga. Kondisi ini merupakan salah satu keluhan yang harus ditangani oleh tindakan dokter spesialis THT.

Mengalami otalgia pada telinga maka penderita akan merasakan rasa sakit lebih dari sekedar gejala penyakit yang menyebabkan infeksi. Infeksi telinga otalgia dapat bersifat primer karena rasa sakit berasal dari dalam telinga. Mengalami otalgia telinga akan terasa sakit dan menyebabkan gangguan pendengaran.

Organ telinga merupakan organ yang berfungsi untuk mendengar serta keseimbangan tubuh. Telinga memiliki bagian luar, tengah, dan dalam. Organ telinga luar meliputi daun telinga yang terbuat dari tulang rawan berfungsi untuk menerima suara yang kemudian masuk melalui sebuah tabung kecil lalu menuju membrane timpani atau gendang telinga.

Telinga tengah terdiri dari gendang telinga juga terdapat tulang yang lebih kecil seperti maleus, inkus, dan stapes. Tulang ini dapat bergetar. Getarannya akan menuju koklea yang mana getaran diterima dalam bentuk cairan. Koklea akan mengubah suara dari bentuk cairan menjadi sinyal listrik yang dapat dipahami ke otak. Kemudian telinga bagian dalam terdapat saluran setengah lingkaran yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan.

Penyebab Otalgia

Mengenal penyakit telinga otalgia dapat berlangsung ketika telinga terasa nyeri. Sakit telinga otalgia ini dapat terjadi disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini faktor terjadinya otalgia.

1. Mengalami kemasukan benda asing pada telinga

Telinga adalah organ manusia yang sensitif. Selain dijaga kebersihannya juga harus dijaga kesehatan dari telinga tersebut. Telinga sering kali kemasukan benda asing yang berukuran kecil salah satunya serangga yang masuk ke dalam telinga menuju telinga bagian tengah.

Baca Juga :  Benarkah Kolesteatoma Berupa Tumor Jinak?

2. Telinga mengalami trauma

Luka pada anggota tubuh dapat menyebabkan trauma. Seperti dengan anggota tubuh lainnya yang mengalami luka, telinga juga salah satu organ manusia yang sangat sensitif terlebih mengalami luka. Luka pada telinga dapat mencakup kecelakaan maupun aktivitas yang dapat melukai telinga salah satunya air yang masuk ke dalam telinga hingga sampai ke gendang telinga. Air dapat mengiritasi saluran telinga yang menyebabkan telinga mengalami trauma. Trauma lain yang terjadi pada telinga dapat disebabkan oleh penggunaan cotton buds atau mengorek telinga dengan keras.

3. Telinga mengalami peradangan

Sama seperti kasus telinga lainnya, otalgia dapat terjadi akibat peradangan seperti dampak dari infeksi. Beberapa jenis infeksi pada telinga seperti otitis eksterna (infeksi telinga luar, telinga perenang) dan otitis media (infeksi telinga tengah). Mengalami otalgia atau sakit telinga karena infeksi otitis eksterna yang terjadi karena indera pendengaran mengalami infeksi akibat bakteri yang disebabkan oleh kelembaban dan basah terkena air. Selain itu, otitis media sering terjadi pada anak-anak dan bayi. Kondisi ini ditandai dengan peradangan pada telinga tengah karena adanya virus maupun bakteri. Otitis media muncul pada saluran gendang telinga. Infeksi otitis media terjadi karena telinga mengalami kondisi lembab atau basah sehingga menyebabkan kuman dan bakteri berkembang lebih cepat.

4. Faktor lingkungan

Mengalami otalgia dapat disebabkan oleh faktor lingkungan. Hal ini terjadi ketika seseorang yang bekerja pada lingkungan kerja yang bising seperti sering terkena paparan suara yang sangat keras. Suara yang keras menyebabkan perubahan tekanan yang mendadak. Selain faktor paparan suara keras, perubahan tekanan telinga terjadi ketika seseorang sedang menyelam ke bawah air dapat mengakibatkan pecahnya gendang telinga. Perubahan pada kondisi tempat yang sebelumnya berada di dataran rendah kemudian ke dataran tinggi juga dapat menyebabkan otalgia.

Baca Juga :  Penyakit Othematoma Pada Daun Telinga

5. Mengalami gangguan keseimbangan

Ketika mengalami otalgia atau sakit telinga dapat menjadi tanda mengalami masalah pada keseimbangan. Otalgia akibat gangguan keseimbangan terjadi ketika penderita mengalami pusing serta kehilangan keseimbangan secara tiba-tiba ketika berada pada posisi tertentu gangguna keseimbangan juga dapat terjadi akibat penyakit meniere yang menyebabkan gangguan pendengaran dan menunjukkan gejala vertigo.

6. Mengalami kanker

Telinga terasa sakit atau otalgia dapat terjadi karena mengalami kanker seperti kanker kulit dan nasofaring yang menyebabkan infeksi pada telinga.

7. Permasalahan pada wajah

Otalgia terjadi dapat disebabkan ole kondisi infeksi pada anggota hidung, tenggorokan, dan rahang pada wajah. Selain itu, mengalami infeksi sinus, sakit tenggorokan atau amandel, sindrom sendi temporomandibular, nyeri saraf wajah, maupun sakit gigi juga menjadi penyebab mengalami otalgia.

Gejala mengalami otalgia

Beberapa gejala yang terjadi ketika mengalami otalgia dapat ditandai dengan berikut ini.

  • Mengalami demam ringan hingga tinggi
  • Gelisah
  • Mengalami perasaan sesak pada telinga
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sering megorek telinga
  • Mengalami kehilangan pendengaran atau sulit mendengar
  • Masalah keseimbangan
  • Pilek atau flu
  • Radang telinga
  • Gatal pada telinga hingga sakit
  • Telinga mengeluarkan cairan

Penanganan otalgia

Otalgia dapat disebut dengan sakit pada telinga. Ketika mengalami ini anda tidak perlu panik. Anda hanya perlu melakukan perawatan ke dokter atau melakukan konsultasi ke dokter untuk memeriksa kondisi telinga anda. Dokter yang dikunjungi adalah dokter THT yang menangani penyakit telinga, hidung, dan tenggorokan. Setelah pemeriksaan oleh dokter, pasien akan mendapatkan pengobatan yang tepat dengan dokter THT akan meresepkan beberapa jenis pengobatan seperti obat tetes telinga, jenis oral, pembersihan telinga, pemberian antibiotik dan penghilang rasa nyeri, dan pengobatan-pengobatan lainnya.

Baca Juga :  Penyakit Otosklerosis dan Cara Untuk Mengobatinya

Demikian informasi mengenai otalgia. Semoga setelah membaca tulisan ini anda lebih mengenal otalgia dan mempermudah untuk penanganan dini ketika mengalami otalgia. Selalu jaga kesehatan telinga anda!