Mengenal Apa itu Perikondritis

mengenal perikondritis

Apakah anda mengenal apa itu perikondritis yang menyebabkan gangguan pendengaran? berikut informasi mengenai perikondritis untuk anda.

mengenal perikondritis

Mengenal Perikondritis

Mengenai perikondritis yang harus kita kenali menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pendengaran. Perikondritis dapat menyebabkan tuli apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Pengertian perikondritis adalah kondisi peradangan pada tulang rawan daun telinga yang terjadi akibat adanya trauma, cedera, dan akibat gigitan serangga. Perikondritis memicu adanya infeksi bakteri psedeumonas aeruginosa. Mengalami perikondiritis terjadi akibat adanya peradangan yang dapat menyebabkan efusi serum dan pus pada lapisan dalam perikondrium dan tulang rawan dari telinga luar.

Perikondritis dapat diobati dengan menggunakan trobamisin dan tikarsilin yang diberikan secara bersama-sama dan sitemik selama dua minggu. Saat pemberian obat ini tentunya harus tetap memantau fungsi ginjal.kondisi parah mengalami perikondritis dapat menyebabkan penyakit tuli dan terjadinya penciutan tulang rawan (keriput pada daun telinga).

Gejala Perikondritis

Saat mengalami gejala perikondritis ini dapat dikenali gejalanya seperti terjadinya pembengkakan pada daun telinga. Daun telinga tampak merah dan terasa panas serta terasa nyeri saat ditekan. Pembengkakan dapat terjadi menjalar ke bagian belakang daun telinga dan daun telinga terlihat sangat menonjol.

Gejala lainnya saat mengalami perikondritis adalah daun telinga terlihat lunglai, mengalami penurunan pendengaran secara mendadak, mengalami telinga berdenging, vertigo atau kepala pusing, telinga mengeluarkan cairan, infeksi pada telinga bagian tengah atau otitis media, badan demam tinggi, dan mengalami gangguan keseimbangan.

Perikondritis apabila tidak segera diatasi akan terjadi komplikasi pada daun telinga.selain itu, telinga dapat mengalami kecacatan pada daun telinga. Kecacatan telinga ini disebut dengan cauliflower ear karena telinga berbentuk seperti bunga kol.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Dan Tinnitus

Penyebab Perikondritis

Mengenal penyebab perikondritis yang tidaj datang secara tiba-tiba. Perikondritis dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri. Infeksi ini lah yang terjadi disebabkan oleh efek samping setelah melakukan indik telinga. Tindik telinga adalah proses membuat lubang pada telinga yang menembus tulang rawan.

Selain disebabkan oleh efek samping tindik telinga, penyebab perikondritis dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti mengalami gigitan serangga, cedera saat melakukan olahraga, mengalami luka bakar pada daun telinga, cedera karena tindakan operasi telinga, infeksi telinga, dan penyakit autoimun.

Diagnosis saat mengalami perikondritis

Perikondritis tidak sulit untuk dideteksi. Umumnya apabila anda telah mengalami gejala-gejala perikondritis alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi perikondritis. Sebelumnya dokter akan melakukan wawancara terkait adanya cedera yang terjadi pada telinga anda. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan telinga serta pemeriksaan fisik terhadap seluruh tubuh anda.

Pemeriksaan dokter sebenarnya tidak cukup untuk mengatasi perikondritis. Pada kondisi parah dokter akan menyarankan anda untuk rontgen telinga untuk memastikan kondisi telinga anda.

Pengobatan saat mengalami perikondritis

Saat mengalami perikondritis anda tidak perlu cemas karena perikondritis dapat diobati. Dokter akan melakukan pemeriksaan anggota tubuh anda terutama bagian telinga, tenggorokan, dan bagian hidung karena ketiganya memiliki keterkaitan. Kemudian dokter akan memeriksa apakah anda memiliki Riwayat infeksi berat pada telinga dan tenggorokan anda.

Apabila mengalami infeksi yang parah dan terdapat cairan bahkan nanah pada daun telinga anda, dokter akan melakukan tindakan insisi atau sayatan kecil pada daun telinga. Sayatan ini tentunya untuk mengeluarkan nanah di dalamnya. Kemudian sayatan tersebut akan diberikan obat berupa antibiotik supaya luka mampu menutup dengan cepat.

Baca Juga :  5 Hal Penyebab Gendang Telinga Pecah

Selain dengan cara diatas beberapa tips untuk mengatasi perikondritis. Berikut cara mengobati perikondritis untuk anda.

1. Menggunakan antibiotik

Antibiotik adalah jenis pengobatan yang dapat mengobati berbagai jenis gangguan penyakit salah satunya adalah untuk mengobati perikondritis. Penggunaan antibiotik harus dengan pengawasan dokter apalagi untuk mengobati perikondritis. Antibiotik bermanfaat untuk membasmi bakteri yang menjadi penyebab perikondritis.

Penggunaan antibiotik dapat dengan cara dikonsumsi dan di oles. Tentunya untuk penggunaan antibiotik harus sesuai resep dokter. Dokter akan memberikan jenis antibiotik tergantung pada tingkat keparahan penyakit yang dialami pasien.untuk penggunaan antibiotik juga harus sampai habis karena antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab perikondritis.

2. Inisiasi dan drainase

Apabila terdapat kumpulan nanah, dokter akan melakukan inisiasi dan drainase pada telinga anda. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan nanah yang bersarang pada telinga anda penyebab perikondritis.

3. Jenis obat-obatan mengandung steroid

Steroid adalah jenis obat untuk mengurangi peradangan yang dapat terjadi akibat mengalami perikondritis. Perikondritis yang dapat disebabkan oleh penyakit autoimun, kemudian dokter akan meresepkan obat mengandung steroid. Obat ini tentunya untuk menekan respon kekebalan tubuh akibat perikondritis.

4. Tindakan operasi

Saat mengalami perikondritis dapat diatasi dengan tindakan operasi. Hal ini dilakukan apabila perikondritis menyebabkan cauliflower ear yang bermanfaat untuk mengembalikan telinga ke bentuk semula.

Pencegahan perikondritis

Perikondritis dapat dicegah dengan menghindari beberapa penyebabnya seperti menghindari faktor resiko yang menyebabkan perikondritis seperti melakukan tindik telinga. Tindik telinga dapat menyebabkan luka pada tulang rawan yang harus dihindari karena hal ini akan menyebabkan cedera pada telinga. Selain itu, menghindari faktor yang menyebabkan infeksi telinga juga perlu dilakukan.

Namun pada sebagian kasus perikondritis juga tidak dapat dicegah apabila mengalami perikondritis setelah kecelakaan. Apabila mengalami kecelakaan yang memicu luka pada daerah telinga maka lakukanlah perawatan telinga hingga sembuh. Anda dapat memberikan pengobatan yang tepat dengan pengawasan dokter. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Mengenal Komplikasi Kernikterus

Cukup sekian penjelasan untuk mengenal perikondritis. Semoga informasi yang diberikan untuk anda dapat memberikan wawasan mengenai perikondritis. Selalu jaga kesehatan telinga anda jangan tunggu hingga sakit!.