Mengenal Alat Bantu Dengar BTE dan Kelebihannya

Alat Bantu Dengar BTE

Apakah anda mengenal alat bantu dengar BTE? Berikut informasi serta kelebihannya yang dapat membantu anda.

Alat Bantu Dengar BTE

Alat bantu Dengar BTE

Mengenal alat bantu dengar BTE adalah alat bantu Behind The Ear menjadi salah satu jenis alat untuk penderita gangguan pendengaran. alat bantu dengar ini menjadi solusi untuk mengatasi gangguan pendengaran yang dapat membuat anda tetap terhubung dengan dunia sekitar anda.

Jenis alat bantu dengar ini sudah hadir sejak lama hingga saat ini selalu mengalami peningkatan bentuk hingga fungsinya. Alat bantu BTE ini adalah alat bantu dengar memiliki ukuran kecil dan canggih. Seperti dengan namanya, Behind The Ear digunakan pada bagian belakang telinga yang dihubungkan dengan cetakan telinga (earmold) dan tubing yang terpasang di telinga luar.

Sistem kerja BTE adalah menerima suara atau bunyi disekitar yang kemudian disalurkan melalui earmold untuk diteruskan ke dalam telinga. Alat bantu dengar ini memiliki kemajuan manfaat dan fungsi seiring perkembangan jaman. Kegunaan alat bantu dengar tidak hanya berfungsi sebagai pengeras volume suara yang terdapat disekitar pengguna namun juga memungkinkan penggunanya dapat mendengar suara atau bunyi dengan jelas meskipun dalam keadaan ramai tanpa memerlukan usaha maksimal.

Alat bantu dengar BTE merupakan salah satu alat bantu dengar digital yang hadir dalam berbagai gaya, bentuk, dan model berbeda sebagai hasil tingkat kenaikan inovasi teknologi. BTE memiliki cara kerja mampu mengubah suara menjadi sinyal digital berupa kode numerik yang kemudian diproses untuk menguatkan frekuensi suara. Alat bantu dengar ini akan memproduksi tiruan suara dengan akurasi yang tinggi dan tidak hanya sekedar sebagai pengeras volume suara.

Manfaat alat bantu dengar seiring perkembangan zaman mampu mengubah gelombang suara yang kemudian diterima oleh mikrofon dari alat bantu dengar untuk diterima oleh telinga. Dengan alat bantu dengar ini diharapkan bukan hanya suara saja yang dapat terdengar jelas melainkan juga dapat menekan kebisingan internal yang dihasilkan oleh alat bantu dengar tu sendiri dan juga suara dari lingkungan.

Baca Juga :  Konsultasi Gangguan Pendengaran Tangerang

Mengenal Alat Bantu Dengar BTE lebih jauh

Jenis alat bantu dengar jenis BTE ini merupakan model alat bantu dengar yang populer diluaran. BTE ini adalah alat bantu dengar yang memiliki hard case atau casing yang digunakan di belakang telinga. Fungsi casing atau hard case dari BTE ini adalah untuk menampung sebagian besar komponen elektronik alat bantu dengar. Jenis BTE ini seperti alat bantu dengar lain mempunyai komponen berupa mikrofon, amplifier, chip digital, prosesor suara, dan speaker.

Penggunaan BTE ini dengan cara meletakkan earmold atau ear tip pada belakang telinga. Earmold adalah cetakan telinga khusus atau ear tip non custom. Benda ini akan terhubung ke alat bantu dengar melalui kabel tipis atau disebut dengan tubing yang mana tergantung juga dengan modelnya.

Alat bantu dengar BTE merupakan teknologi solusi untuk seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. untuk memaksimalkan fungsinya, BTE dapat digunakan untuk streaming langsung dari smartphone dan manajemen tinnitus kemudian, alat bantu dengar jenis BTE dalam proses penggunaannya anda dapat melakukan pengisian ulang baterai. Selain itu, volume dari alat ini juga dapat disesuaikan sesuai program secara jarak jauh melalui aplikasi di smartphone.

Komponen pada alat BTE

Jenis alat bantu dengar Behind the ear memiliki letak speaker yang berada dalam casing bersama dengan komponen lainnya. sedangkan untuk ukuran dari Behind the ear ini secara memiliki ukuran yang lebih besar. Hal ini disebabkan oleh casing dari alat yang lebih besar yang dapat mengakomodasi baterai lebih besar untuk daya amplifikasi lebih besar. Sedangkan ukurannya walaupun besar namun ramping.

BTE memiliki ukuran yang besar sehingga mampu menampung amplifier yang kuat dan baterai besar. Hal ini menyebabkan dapat memperbesar suara dalam rentang frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. Untuk penderita gangguan pendengaran yang parah penggunaan BTE adalah hal yang tepat untuk membantu anda supaya dapat mendengarkan dengan baik.

Baca Juga :  Apa itu Otoskopi?

Kelebihan Behind The Ear (BTE)

Alat bantu dengar jenis ini memiliki manfaat yang dapat digunakan dibelakang telinga menawarkan amplifikasi suara paling kuat dari model apapun. Oleh karena itu, alat ini cocok digunakan untuk semua tingkat gangguan pendengaran termasuk gangguan pendengaran berat atau frekuensi tinggi.

Namun perlu diketahui bahwa jenis alat Behind The Ear ini kurang rentan dengan kelembapan dan kotoran sehingga memperbesar kemungkinan penyebab kerusakan alat ini. walaupun begitu, beberapa kelebihan dari BTE sehingga menjadi alat bantu dengar yang rekomended untuk digunakan oleh penderita gangguan pendengaran.

Berikut ini kelebihan dari alat Behind the ear:

1. Dapat digunakan pada segala usia

Untuk penderita gangguan pendengaran alat bantu BTE dapat digunakan pada segala usia dari anak-anak hingga lansia. Alat ini sesuai dengan derajat gangguan pendengaran baik ringan, sedang maupun berat.

2. Alat BTE untuk saat ini sudah ada ukuran mininya

Jenis BTE ini adalah salah satu jenis alat dengar yang memiliki ukuran besar. Namun anda tidak perlu kawatir karena saat ini telah ada perkembangan teknologi dari BTE sehingga tersedia ukuran yang mini dan lebih kecil dari ukuran sebelumnya. Alat BTE ini tentunya memberikan kenyamanan anda apabila digunakan.

3. Banyak digunakan

BTE ini merupakan alat bantu pendengaran yang populer sehingga tidak heran apabila penderita gangguan pendengaran di berbagai daerah menggunakan alat ini. BTE juga memiliki model yang variative sehingga mudah didapatkan.

4. Jarang mengalami kerusakan pada komponen

Jenis BTE ini adalah salah satu alat bantu pendengaran yang awet dan jarang sekali mengalami kerusakan pada komponennya. Ini disebabkan oleh komponen dari BTE terbungkus dengan alat bantu pendengaran yang dipakai [ada belakang telinga. Walaupun jarang mengalami kerusakan tetapi tidak memungkinkan untuk alat ini mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi biasanya terletak pada mikrofon.

Baca Juga :  Anatomi Telinga dan Proses Pendengarannya

Demikian informasi mengenai pengenalan alat bantu dengar jenis Behind the ear. Semoga informasi yang diberikan mimin dapat membantu anda untuk mengenali jenis alat ini serta kelebihannya.