Tips Memilih Alat Bantu Dengar Berkualitas

Tips Memilih Alat Bantu Dengar

Apakah anda mengalami gangguan pendengaran akut? Pastinya anda membutuhkan alat bantu dengar. Berikut tips memilih alat bantu dengar.

Tips memilih alat bantu dengar yang berkualitas akan mimin berikan untuk anda supaya anda dapat mengetahui jenis dari berbagai macam alat bantu dengar. Hal tersebut dilakukan karena memilih alat bantu dengar harus teliti dan tidak asal beli.

Alat bantu dengar adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Penggunaan alat ini tidak dapat mengembalikan pendengaran seseorang menjadi normal 100 persen, namun alat ini dapat memperkuat penerimaan suara yang tidak jelas dan dapat mengurangi suara latar yang keras sehingga dapat mendengarkan dengan baik. alat ini sangat bermanfaat bagi penderita gangguan pendengaran.

Sebuah alat bantu dengar dapat disebut dengan perangkat elektronik yang mampu untuk membantu seseorang dalam mengatasi persoalan gangguan alat pendegaran agar penderita dapat mendengar dan berkomunikasi dengan baik. Dalam alat ini terdiri dari tiga komponen yang utama yaitu microphone, amplifier, dan speaker. Alat ini memiliki prinsip kerja yaitu suara akan masuk melalui microphone kemudian mengubahnya menjadi sinyal elektrik dan mengirimkan ke amplifier. Amplifier akan meningkatkan kekuatan sinyal dan mengirimkan suara ke telinga melalui speaker. Telinga akan menerima suara lalu diterukan ke otak sehingga kita dapat mengenali suara tersebut.

Jenis dan cara kerja alat bantu dengar

tips memilih alat bantu dengar

 

Beberapa jenis alat bantu dengan bekerja secara analog dan digital. Dari kedua jenis ini tentunya memiliki perbedaan yang cukup jelas yaitu pada sinyal yang dihasilkan oleh alat tersebut.

Analog

Jenis alat bantu dengar analog mampu bekerja dengan mengubah suara menjadi sinyal elektrik yang diperkuat. Alat ini dibuat berdasarkan pesanan yang direkomendasikan audiolog atau seorang dokter THT yang menangani anda.

Baca Juga :  Inilah Definisi Dan Tugas Audiolog Anak

Digital

Jenis alat bantu dengar digitar dapat mengubah suara menjadi kode numerik seperti yang terdapat pada computer sehingga dapat diprogram secara khusus sehingga dapat memperkuat frekuensi suara tertentu. alat ini juga dapat diatur dan disesuaikan dengan lingkungan serta kebutuhan pengguna dengan mudah. Namun untuk harga produk alat bantu digital lebih mahal daripada tipe analog

ITE (in the ear)

Alat bantu dengar memiliki jenis yang dapat digunakan didalam telinga atau disebut ITE (in the ear) untuk membantu penderita keluhan gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Alat ini digunakan pada cuping telinga luar atau dapat dengan sebagian saja. Penggunaan alat ITE tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena mereka mengalami pertumbuhan yang mana telinga juga bertumbuh dengan cuping telinga yang terus berubah.

BTE (behind the ear) yang terletak pada belakang telinga

Jenis alat bantu dengan Behind the ear atau BTH merupakan alat bantu dengar yang diletakkan pada telinga luar bagian belakang yang dihubungkan ke lubang suara khusus pada saluran telinga. Jenis alat ini digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga parah.

Receiver in the ear

Jenis alat bantu dengan ini diletakkan hampir dama dengan BTE ( Behind The ear) namun bentuknya lebih kecil dan dihubungkan oleh kabel tipis ke speaker yang ditempatkan pada lubang telinga. Alat bantu dengan receiver in the ear cocok untuk sebagian orang yang memiliki gangguan pendengaran.

Tips memilih alat bantu dengar

Setelah mengetahui jenis alat bantu dengar berikut cara dan tips memilih alat bantu dengar yang terbaik untuk anda.

1. Melakukan Konsultasi ke Dokter THT atau audiologis

Sebelum membeli alat bantu dengar, tips pertama yang harus dilakukan adalah melakukan konsultasi ke dokter THT atau audilogis. Hal ini dilakukan karena audiologis dan dokter THT dapat mengetahui jenis alat bantu dengar yang cocok dengan kebutuhan anda. Selain itu, konsultasi dapat mengurangi resiko anda salah beli dan salah pilih dalam membeli alat.

Baca Juga :  Tes Pendengaran Jakarta: Tes Audiometri

Lebih baik anda meminta rekomendasi produk yang sesuai dengan permasalahan gangguan pendengaran anda ke dokter THT atau audiologis.

2. Pilih jenis yang sesuai

Alat bantu dengar ini memiliki jenis yang beragam dari ukuran, fitur, dan lain – lain yang tentunya berbeda. pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda. Terdapat jenis alat bantu dengar seperti In the canal untuk penderita gangguan pendengaran parah, in the ear untuk gangguan pendengaran kategori ringan sampai berat, behind the ear untuk gangguan pendengaran ringan hingga parah, dan receiver in the ear yang cocok untuk gangguan pendengaran ringan hingga parah.

3. Pilih alat bantu dengar yang terdapat garansi

Sebelum membeli alat bantu dengar lebih baik tanyakan terlebih dahulu masa garansi dari alat tersebut. Alat bantu dengar memiliki harga yang cukup dibilang tidak murah. Oleh karena itu, anda harus teliti sebelum melakukan transaksi. Tanyakan dahulu apakah barang tersebut memiliki garansi atau tidak. Selain itu, tanyakan cara klaim garansi.

4. Menanyakan fitur dan fungsi secara spesifik

Membeli alat bantu dengar untuk gangguan pendengaran adalah sebuah hal yang akan menjadi aset hingga kedepannya. Untuk itu, sebelum membeli alat bantu dengar lebih baik tanyakan terlebih dahulu fitur dan fungsi secara spesifik. Kemudian, tanyakan apakah alat tersebut dapat ditingkatkan fungsinya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila pendengaran bertambah serius kedepannya.

Demikian tips memilih sebelum membeli alat bantu dengar. Selalu teliti dalam membeli barang agar tidak menyesal di kemudian hari!