Mengatasi Masalah Alat Bantu Dengar Anda

Alat bantu dengar di dalam telinga (In The Ear/ITE)

Alat bantu dengar merupakan seperangkat alat eloktronik yang berfungsi untuk membantu sistem pendengaran manusia. Sama halnya dengan barang elektronik lainnya, alat bantu dengar ini juga sering mengalami masalah teknis. Tahukah anda alat bantu dengar atau ABD yang anda gunakan ternyata perlu untuk diservis secara berkala? dengan melakukan perawatan terhadap alat bantu dengar ini bisa mempertahankan kualitas suara yang akan dihasilkan. Penurunan kualitas suara alat bantu dengar secara tiba-tiba ini bisa anda perbaiki sendiri di rumah dengan melakukan langkah-langkah sederhana. Anda bisa mencoba tips berikut ini untuk memecahkan masalah alat bantu dengar anda yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tips Mengatasi Masalah Alat Bantu Dengar

Periksa Daya Batrai

Jika alat bantu dengar anda bermasalah cobalah untuk memeriksa baterainya terlebih dahulu. Bisa jadi masalah tersebut mucul karena daya baterainya lemah ataupun habis. Baterai yang disematkan di ABD memang tidak bisa bertahan selamanya, jadi anda harus menggantinya apabila baterai telah habis. Masih dengan masalah baterai, anda juga harus memastikan apakah baterai tersebut terpasang dengan benar ataukah terbalik. Sama seperti baterai pada umumnya, baterai ini terpolarisasi dan memiliki tanda + dan – . Oleh karena itu, anda harus memperhatikan pemasangan batrai dengan benar. Apabila anda ingin mengganti baterai, kelarkan baterai dari tempatnya dan lepaskan stiker yang melekat pada baterai. Tunggu seitar 3-5 menit sebelum anda nyalakan agar baterai dapat terisi dengan penuh. Pemeriksaan baterai ini akan lebih baik jika anda memiliki alat penguji baterai, sehingga anda dapat memeriksa daya baterai alat bantu dengar anda. Anda bisa mendapatkan baterai alat bandu dengar yang berkualitas di AQM Hearing Center. AQM Hearing Center menyediakan berbagai macam perlengkapan alat bantu dengar dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin.

Baca Juga :  Penyebab & Pencegahan Telinga Mendengung

Periksa Lilin

Selain disebabkan karena masalah pada baterai, tidak berfungsinya ABD bisa saja karena adanya kotoran telinga yang menumpuk. Selain kotoran, kelembapan, minyak dan bahan asingnya juga dapat menyumbat alat bantu dengar anda. Alat bantu dengar yang tersumbat dengan kotoran telinga akan memperngaruhi volume yang akan kita dengarkan. Oleh karena itu, penting buat anda untuk mengecek secara rutin dan mengetahui kapan alat bantu dengar anda harus segera dibersihkan. Apabila kotoran telah lengket dengan lilin, anda bisa membersihkannya menggunakan alat sesuai dengan petunjuk yang ada. Namun, apabila anda lupa bagaimana cara membersihkannya, anda bisa mengunjungi AQM Hearing Center untuk membantu mengatasi masalah alat bantu dengar anda.

Selain membersihkan lilin alat bantu dengar anda, penting buat anda untuk juga menjaga kebersihan telinga. Jika kotoran telinga sudah terasa menumpuk, sebaiknya anda segera pergi ke dokter THT untuk segera membersihkannya. Dengan telinga yang bersih alat bantu dengar anda juga akan berfungsi dengan baik.

Ganti Pelindung Lilin Secara Rutin

Sebagian besar aat bantu dengar ini dilengkapi dengan pelindung lilin. Pelindung lilin berfungsi untuk melindungi bagian speaker dari permukaan lilin. Selain itu, pelindung lilin juga menjaga kelembapan telinga, sehingga tidak lembab. Pelindung lilin ini harus rutin anda ganti agar alat bantu dengar anda dapat berfungsi dengan baik. Ada bisa memeriksa sendiri pelindung lilin tersebut untuk mengetahui kapan saatnya anda bisa menggantinya. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan melihat pada bagian yang berbentuk seperti cup pada peindung lilin, kemudian cari bagian satu set lubang berukuran kecil. Jika anda kesusahan mencarinya menggunakan mata telanjang, anda bisa menggunakan kaca pembesar. Jika anda tidak melihatnya atau anda melihat lapisan lilin yang menyelimutinya, itu berarti sudah waktunya untuk mengganti pelindung lilin.

Baca Juga :  Cara Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat

Namun, tidak semua masalah pada ABD anda bisa anda atasi sendiri di rumah. Setelah anda melakukan tips di atas, namun masih tidak berfungsi maka anda harus membawanya ke ahli pendengaran agar tidak terjadi kerusakan yang lebih lanjut. Anda bisa membawa ABD anda ke AQM Hearing Center untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

AQM Hearing Center Pusat Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar anda bermasalah? Pilihan yang tepat mimilih AQM Hearing Center sebagai klinik pendengaran terpercaya. AQM Hearing Centar akan membantu anda untuk memperbaiki dan merawat ABD anda hingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, anda bisa melakukan konsultasi mengenai masalah gangguan pendengaran anda bersama kami di AQM Hearing Center. Segala masalah pendengaran anda bisa anda temukan solusinya di AQM Hearing Center. Anda bisa menemukan kami dengan mudah, karena kami telah memiliki kantor cabang di beberapa daerah di pulau jawa. Kantor pusat kami berada di BSD Tangerang Selatan Jl. BSD Green Office Park Green Office Park 9, Sampora, Cisauk, 15341. AQM Hearing Center juga memiliki kantor cabang di Jakarta Selatan Arunika Amerta Sejahtera, Menara 165 Office Suite Lt. 4, Jl. TB. Simatupang No Kav. 1 Rt/Rw. 03/03 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12560. Di Jawa timur AQM Hearing Center juga mempunyai kantor cabang di Surabaya Graha Bukopin, Cohive Lt.12, Jl. Panglima Sudirman No.10-18, Kec. Genteng, Kota Suranaya, Jawa Timur, 60271. Kami memiliki berbagai macam layanan yang bisa anda nikmati. Buat anda yang tidak bisa datang ke klinik, kami menyediakan layanan home visit untuk membantu mengatasi masalah pendengaran anda. Bagaimana sangat mudah bukan? Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Tips Bahasa Isyarat