Mengapa Kita Memiliki Kotoran Telinga?

kotoran telinga

Anda pasti pernah membersihkan telinga bukan? Telinga dibersihkan karena adanya kotoran didalamnya. Lalu, mengapa kita bisa memiliki kotoran telinga? Darimana asalnya? Bagaimana fungsinya dan apa dampak jika kotoran telinga tidak dibersihkan? Yuk, simak ulasannya berikut ini untuk mengetahui beberapa hal terkait dengan kotoran telinga.

Kotoran Telinga

Kotoran telinga sebenarnya memiliki fungsi sebagai pelumas alami yang bisa melindungi kulit yang sensitive dan berada di saluran telinga. Fungsi lainnya ialah sebagai penghalang agar tidak ada kotoran ataupun benda asing yang masuk ke telinga hinga sampai di gendang telinga. Kotoran ini juga merupakan salah satu bagian dari sebuah mekanisme pembersihan diri pada telinga. Adapun mekanismenya ialah kulit yang ada di dalam saluran telinga biasanya akan tumbuh ke luar dan membawa kotoran telinga bersamanya. Kotoran telinga ini bisa menangkap kotoran serta kulit mati dan kemudian ia juga akan keluar dengan sendirinya dari telinga bersamaan dengan kotoran telinga. Kegiatan seperti mengunyah ataupun menguap juga bisa mengeluarkan kotoran yang ada di saluran telinga loh.

Cara Membersihkan Telinga

Pada ulasan di paragraph sebelumnya kita sudah memahami dan mengetahui bahwa kotoran telinga memiliki manfaat dan fungsi tertentuu. Sehingga, untuk membersihkannya tentu kita tidak dianjurkan untuk membersihkannya terlalu banyak. Kita bisa melakukan pembersihan dengan cara menyeka kotoran menggunakan kain basah. Hentikan penggunaan Q-Tips ataupun cotton bud yang akan menjadi sebuah masalah nantinya. Kita dilarang untuk menempelkan benda apapun di saluran telinga.

Penggunaan Q-Tips adalah ide yang sangat buruk. Memang, jika dilihat Q-Tips ini memiliki struktur yang sangat lembut. Akan tetapi, ia terbuat dari serat buatan yang bisa saja menggores serta mengobarkan kulit yang sensitive di dalam saluran telinga. Hal ini akan membuatnya terluka serta mengalami infeksi. Apabila anda merasa memiliki penyumbatan di saluran telinga, ataupun jika anda merasa mengalami kotoran yang berlebih, segeralah berkonsultasi. Lakukan konsultasi dengan ahli perawatan telinga atau pendengaran untuk mendapatkan pembersihan telinga yang baik dan meminimalisir adanya gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Bisul Telinga

Kotoran Telinga Bisa Menjadi Penyebab Penyumbatan

Kotoran yang ada pada telinga sangat mungkin untuk menjadi penyebab adanya penyumbatan. Ironisnya, seringkali ketika orang mencoba membersihkan telinga dengan menempelkan sesuatu di dalamnya, kotoran ini bisa terdorong ke dalam dan membuat penyumbatan. Mendorong kotoran terlalu jauh dapat membuatnya masuk melampaui tempat kulit tumbuh ke luar, sehingga tersangkut. Seiring waktu, lilin dapat menjadi padat, yang menyebabkan gangguan pendengaran. Itu adalah hal yang akan terjadi jika anda melakukan pembersihan telinga dengan menggunakan cotton bud.

Adanya Kotoran Telinga Berlebih

Secara umum, telinga kita menghasilkan jumlah kotoran yang mereka butuhkan. Namun, beberapa orang memang mengalami kotoran yang berlebihan. Hal ini dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya melakukan pembersihan, di mana telinga menghasilkan lebih banyak kotoran  dalam upaya untuk membentuk kembali jumlah yang tepat. Ini juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Dalam beberapa kasus, alat bantu dengar dapat berkontribusi pada persepsi bahwa orang memiliki lebih banyak kotoran telinga, karena mereka duduk di saluran telinga dan mencegahnya keluar secara alami. Padahal alat bantu dengar dilengkapi dengan filter lilin untuk tujuan ini, yang perlu diganti secara teratur. Namun, hingga saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa alat bantu dengar bisa menjadi penyebab adanya kotoran telinga yang berlebih ini.

Cara Membersihkan Telinga Anak

Untuk membersihkan telinga anak, mungkin anda kebingungan karena anak memiliki telinga dengan tulang yang lebih muda dan ukuran yang lebih kecil. Anda bisa melakukan cara yang sama seperti Anda membersihkan telinga Anda sendiri: minimal dan tanpa memasukkan apa pun ke dalam telinga. Beberapa orang menggunakan cotton bud yang tersedia dalam bentuk yang dirancang untuk mencegah Anda memasukkannya terlalu jauh ke dalam liang telinga. Namun, ternyata upaya ini masih bersifat abrasif, jadi kami tidak menyarankan ini. Alangkah lebih baik jika anda menggunakan kain basah untuk membersihkan telinga. Kain basah ini digunakan untuk menyeka kotoran dari bagian luar telinga.

Baca Juga :  Kapan Alat Bantu Dengar Perlu Diganti?

Itulah informasi dari kami yang mengulas tentang kotoran telinga. Mulai dari pengertian & fungsi hingga cara membersihkan yang benar. Yuk, rawat telinga anda sebagai investasi masa depan. Dengan telinga yang terjaga kesehatannya maka anda bisa mendapatkan pendengaran yang baik dan tubuh yang seimbang. Anda juga dapat meminimalisir adanya penyakit telinga di masa tua. Siapa sih yang ingin memiliki organ tubuh dengan fungsi yang tidak normal? Anda pasti tidak mengingkan hal tersebut terjadi bukan? Jadi, jangan tunda lagi untuk merawat telinga ya!

Bagi anda yang memiliki keluhan serta gangguan di telinga maka anda bisa segera melakukan konsultasi ke Hearing Center Depok. AQM Hearing Center juga menyediakan berbagai alat bantu dengar yang dapat membantu anda terutama bagi anda yang mengalami penurunan fungsi pendengaran. Yuk, jangan ragu lagi untuk menggunakan jasa AQM Hearing Center. Langsung kunjungi saja website kami di https://aqm-hearingcenter.com/ . Tersedia berbagai informasi menarik serta produk dan layanan yang kami tawarkan untuk kesehatan pendengaran anda.