Layanan Home Visit Alat Bantu Dengar Depok

Alat bantu dengar dapat membantu penderita gangguan pendengaran atau tuli untuk mengeraskan suara yang tertangkap sehingga dapat terdengar oleh telinga. Begitu besar peran alat bantu dengar dalam kehidupan sosial bagi penyandang tuna rungu. Untuk melakukan pemasangan alat bantu dengar perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memilihkan jenis alat bantu dengar yang tepat. Kini Anda tak perlu repot datang langsung ke klinik penyedia jasa konsultasi dan penjual alat bantu dengar. Layanan home visit alat bantu dengar Depok akan membantu melayani kebutuhan Anda mengenai gangguan pendengaran tanpa harus datang ke klinik secara langsung.

Gangguan pendengaran merupakan suatu masalah kesehatan pada organ pendengaran yang terjadi baik pada telinga kiri atau telinga kanan atau bahkan pada kedua telinga yang menyebabkan terjadinya gangguan pada proses mendengarkan suara. Gangguan pendengaran ini berdampak besar pada kehidupan sehari-hari terutama dalam proses berkomunikasi. Lawan bicara tidak perlu berteriak ketika berbicara dengan penderita gangguan pendengaran yang menggunakan alat bantu dengar. Perangkat bantu pendengaran ini sangat mempermudah kehidupan para penyandang tuli atau tuna rungu karena informasi dapat tersampaikan dengan baikkepadanya.

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar memiliki fungsi untuk membantu penderita gangguan pendengaran ataupun tuli untuk dapat mendengar dengar lebih baik. Namun, alat bantu dengar tak dapat mengembalikan pendengaran kembali normal seperti semula atau bagi yang mengalami tuli sejak lahir alat bantu dengar tak akan membuat pendengaran menjadi lebih baik. Alat bantu dengar tugasnya hanya membantu pendengaran.

Komponen Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan peralatan elektronik yang terdiri atas 3 komponen dasar, yaitu:

  • Mikrofon: Berfungsi untuk menangkap suara dari lingkungan sekitar untuk dikumpulkan menuju saluran telinga.
  • Amplifier: Berfungsi untuk membuat suara yang tertangkap dari lingkungan luar menjadi lebih keras.
  • Receiver: Berfungsi untuk mengirimkan suara yang masuk dari bagian amplifier menuju ke telinga bagian dalam.
Baca Juga :  Cara Kerja Telinga Saat Mendengar

Jenis Alat Bantu Dengar

Jenis alat bantu dengar berbeda berdasarkan jenis, ukuran, dan fiturnya. Hal ini bergantung pada usia dan tingkat gangguan pendengaran yang dialami. Berikut merupakan jenis-jenis alat bantu dengar yang umumnya dijual di pasaran:

  • Alat Bantu Dengar di Dalam Telinga (In TheEar/ITE)

In The Ear adalah jenis alat bantu dengar untuk membantu gangguan pendengaran dengan tingkat ringan hingga berat. Jenis alat bantu dengar ini diletakkan di area tepat di luar lubang telinga sehingga hanya terlihat dari depan. Terdapat dua model alat bantu dengar ITE, yaitu dipasang di seluruh cuping telinga luar atau sebagian saja. Jenis ini tidak dianjurkan untuk anak-anak karena sedang dalam tahap pertumbuhan sehingga ukuran cuping telinganya terus berubah.

  • Alat Bantu Dengar di Belakang Telinga (Behind TheEar/BTE)

BTE merupakan alat bantu dengar yang cocok untuk berbagai tingkat gangguan pendengaran pada semua umur. Cara untuk memakainya adalah dengan cara mengaitkan pada bagian atas cuping telinga dan persis di belakang telinga bagian luar yang dihubungkan ke lubang suara khusus di saluran telinga. Pada BTE terdapat sebuah tabung kecil sebagai penghubung penerima suara di dalam liang telinga atau disebut earmod. BTE merupakan jenis alat bantu dengar yang paling umum digunakan.

  • Speaker/Receiver BTE

Jenis ini bentuknya hampir sama dengan BTE namun bedanya adalah BTE menggunakan tabung kecil sedangkan alat jenis ini menggunakan kabel kecil. Alat bantu ini cocok untuk hampir sebagian orang yang memiliki gangguan pendengaran.

  • Alat di Dalam Liang Telinga (In theCanal/ITC)

ITC merupakan alat bantu dengar untuk gangguan pendengaran dengan tingkat ringan sampai sedang pada orang dewasa dan tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki gangguan pendengaran parah. ITC dapat dibuat berdasarkan pesanan pembeli dan dibuat khusus masuk agar masuk ke sebagian saluran telinga.

  • Completely in theCanal (CIC)

CIC merupakan alat bantu dengar yang cocok untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga sedang pada orang dewasa. CIC dipasang benar-benar dalam saluran dan dibentuk agar pas di dalam liang telinga.

  • Open Fit

Jenis alat bantu pendengaran ini merupakan variasi dari alat bantu pendengaran yang ditempatkan di belakang telinga dengan tabung tipis. Open fit adalah pilihan yang baik untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Jenis ini membuat saluran telinga sangat terbuka sehingga memungkinkan suara frekuensi rendah masuk ke telinga secara alami dan suara frekuensi tinggi menjadi lebihkuat.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Bisul Telinga

Jenis alat bantu dengar ini dapat Anda pilih sesuai dengan rekomendasi dari dokter yang telah melakukan tes pendengaran kepada Anda. AQM Hearing Center Depok melayani penjualan alat bantu dengar dari produsen yang terpercaya. Kualitas alat bantu dengar yang dijual terjaga dengan baik. Kami juga melayani pemasangan alat bantu dengar bagi Anda yang baru pertama kali memutuskan untuk memakai alat bantu dengar. Layanan home visit alat bantu Depok dari AQM Hearing Center Depok akan membantu Anda yang berdomisili di area Depok dan sekitarnya apabila menginginkan untuk membeli dan melakukan pemasangan alat bantu dengar dari rumah. Konsultasi juga dapat berlangsung dari rumah. Anda tak perlu repot mendatangi klinik apabila keadaan memaksa. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan home visit alat bantu Depok, Anda dapat mengunjungi website AQM Hearing Center Depok.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.