Alat Bantu Dengar, Solusi untuk Gangguan Pendengaran

alat bantu dengar

Alat bantu dengar merupakan suatu alat yang berfungsi untuk membantu fungsi telinga untuk mendengar, biasanya direkomendasikan bagi orang yang menderita gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran dan ketulian merupakan suatu keadaan yang dapat mengganggu kelancaran proses komunikasi. Salah satu jenis alat bantu dengar untuk mengatasi masalah gangguan pendengaran pada telinga bagian dalam adalah implan koklea.

Implan koklea berfungsi untuk menggantikan fungsi telinga dalam (koklea) yang rusak untuk mengantarkan sinyal suara ke bagian otak sehingga otak dapat memahami suara tersebut. Sedangkan alat bantu dengar fungsinya adalah untuk membantu membuat suara dari luar agar lebih nyaring didengar. Tipe tuli yang dapat dibantu dengan implan koklea adalah tuli sensorineural, yaitu tuli akibat gangguan pada sel-sel pada telinga bagian dalam atau jaringan saraf yang berperan dalam proses pendengaran.

Fungsi koklea dalam proses mendengar adalah untuk mengubah getaran suara menjadi impuls listrik ke otak melaui saraf pendengaran. Apabila koklea mengalami kerusakan maka getaran suara tidak mampu diubah menjadi impuls listrik sehingga otak tak mampu menangkap adanya suara. Koklea yang rusak dapat dibantu kerjanya dengan menggunakan implan koklea.

Komponen dari Implan Koklea

Implan koklea merupakan salah satu alat bantu dengar yang dapat memperbaiki gangguan pendengaran dari tingkat sedang hingga berat, bahkan tuli. Alat ini merupakan perangkat elektronik kecil yang dipasang pada bagian dalam telinga penderita gangguan pendengaran akibat koklea yang rusak. Cara kerjanya yaitu mengirim impuls dari koklea menuju langsung ke saraf pendengaran, lalu akan membawa sinyal suara ke otak. Fungsi implan koklea adalah menghantarkan suara ke saraf pendengaran agar dapat bangkit kembali.

Untuk menunjang proses pendengaran, implan koklea terdiri atas komponen penting dimana komponen-komponen tersebut terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu bagian luar yang dipasang di belakang telinga dan bagian dalam yang ditanam pada saraf pendengaran di belakang gendang telinga. Komponen penting impaln koklea yaitu:

  • Mikrofon, fungsinya adalah untuk mengambil atau menangkap suara dari lingkungan sekitar.
  • Prosesor suara memiliki fungsi untuk memilih dan menyusun suara yang diambil oleh mikrofon serta mengatur dan mengubah gelombang suara yang ditangkap menjadi sinyal digital.
  • Transmintterdan receiver/stimulator, fungsinya adalah untuk menerima sinyal dari prosesor suara dan merubahnya menjadi impluls listrik agar diteruskan ke saraf pendengaran dan diproses pada otak.
  • Electrode array, merupakan susunan elektroda yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan impuls dari stimulator dan mengirimnya ke saraf pendengaran.

Semua orang dapat menggunakan implan koklea, mulai dari anak-anak umur 12 bulan hingga orang dewasa dengan gangguan pendengaran atau bahkan tuli yang sudah parah. Proses untuk melakukan penanaman implan koklea adalah melalui operasi. Dokter biasanya baru akan memasang mikrofon dan prosesor suara pada implan koklea agar pendengaran dapat mulai berfungsi jika sudah berselang satu bulan setelah implan koklea terpasang.

Siapa Saja Yang Memenuhi Syarat Untuk Melakukan Pemasangan Implan Koklea?

Implan koklea merupakan salah satu alat bantu dengar yang penting untuk membantu proses mendengar bagi penderita gangguan pendengaran atau ketulian. Pemasangan implan koklea biasanya dilakukan pada orang dewasa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Orang yang menderita tuli berat atau ketulian total pada kedua buah telinga yang dapat mengganggu kemampuan berbicara dan proses berkomunikasi.
  • Menderita tuli berat yang tidak dapat dibantu dengan menggunakan alat bantu dengar.
  • Memiliki kondisi kesehatan baik atau tidak menderita masalah kesehatan lain yang dapat meningkatkan risiko komplikasi pasca operasi.

Pemasangan implan koklea pada anak-anak akan lebih baik jika dilakukan pada usia dibawah 5 tahun. Dan tidak memiliki suatu kondisi tertentu yang mampu meningkatkan resiko terjadi komplikasi pasca operasi. Semakin muda usia penderita tuli total menggunakan implan koklea, semakin besar pula efektivitas implan koklea untuk memperbaiki fungsi pendengaran dan kemampuan komunikasi penderita. Anak-anak yang menjalani operasi implan koklea tetap memerlukan dukungan dan bantuan dari orang sekitarnya terutama orang tua, guru, dan pelatih bicaranya untuk dapat mengembangkan komunikasi dan kemampuan belajarnya.

Keuntungan Menggunakan Implan Koklea

Implan koklea memiliki banyak sekali manfaat. Orang yang telah melakukan operasi implan koklea akan mendapatkan beberapa manfaat yaitu sebagai berikut:

  • Hampir mampu mendengarkan suara secara normal.
  • Mampu mengerti ucapan tanpa harus melihat gerak bibir.
  • Dapat mendengar suara dengan frekuensi dan volume yang berbeda-beda.
  • Memiliki kemampuan mengatur volume bicara sendiri sesuai dengan keinginan.

Implan koklea merupakan jenis alat bantu dengar yang mampu membantu proses untuk mendengar secara baik. Apabila Anda memerlukan alat bantu dengar dapat mencarinya pada distributor alat batu dengar AQM Hearing Center Jakarta. AQM Hearing Center Jakarta menyediakan berbagai jenis alat bantu dengar yang dapat membantu Anda untuk mendengar secara lebih baik. Selain itu, alat bantu dengar yang tersedia memiliki kualitas yang bagus dan dengan harga yang menarik. Apabila Anda ingin mengetahui spesifikasi alat bantu dengar yang tersedia dan dijual oleh AQM Hearing Center Jakarta, Anda dapat mengunjungi webstorenya pada aqm-hearingcenter.com. Untuk mengetahui dan memeriksa alat bantu dengar secara langsung, maka Anda juga dapat mengunjungi gerai offline AQM Hearing Center Jakarta.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.