Mengenal Fungsi Koklea Telinga Manusia

fungsi koklea

Apa yang anda ketahui tentang koklea? Mungkin anda sudah mengetahui bahwa koklea termasuk pada organ telinga bagian dalam. Nah koklea juga bisa di sebut dengan rumah siput. Rumah siput ini diisi dengan cairan (perilymph dan endolymph) dan di bagi menjadi tiga ruang yaitu scala vestibuli, scala media, dan scala tympani. Dua dari ruang berisi cairan ini mampu merasakan perubahan tekanan (yang disebabkan oleh suara) sedangkan ruang ketiga berisi organ Corti, saluran koklea, dan membran basilar. Sedangkan duktus koklea adalah tabung berongga bertulang lain yang berada di antara scala vestibuli dan scala tympani. Saluran koklea ini juga mengandung endolimfScala tympani dan saluran koklea dipisahkan oleh membran basilar. Selain itu juga terdapat sel-sel rambut kecil. Sel rambut kecil ini ditemukan di dalam organ corti dan penting untuk pendengaran yang tepat.

Sebelum anda mempelajari fungsi dari koklea atau rumah siput, mari untuk mempelajari lokasi dari koklea terlebih dahulu yah. Koklea adalah salah satu dari dua struktur utama yang menyusun telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam terletak di belakang gendang telinga dan di samping telinga tengah. Struktur lainnya disebut dengan kanal setengah lingkaran yang bertanggung jawab untuk keseimbangan, sementara itu koklea juga sangat terlibat dalam proses pendengaran. Sedangkan saluran setengah lingkaran berisi cairan yang di sebut endolimfe yang berfungsi untuk memberikan keseimbangan yang tepat bagi tubuh. Saluran setengah lingkaran ini berbatasan langsung dengan kanalis setengah lingkaran.

Fungsi Koklea atau Rumah Siput

Fungsi koklea sama dengan fungsi pendengaran, karena koklea berguna untuk mendengarkan suara. Reseptor pendengaran tersebut berada di koklea. Sehingga gelombang tekanan yang di hasilkan oleh getaran suara dapat di transfer ke endolimfe. Kegiatan ini menyebabkan pergerakan di membran basilar. Sedangkan pembengkokan sel-sel rambut terhadap membran tektorial menghasilkan impuls saraf di neuron aferen yang ada di dasar dekat sel-sel rambut. Kemudian potensi aksi yang di hasilkan ini berjalan ke otak melalui saraf pendengaran. Selanjutnya otak mengintegrasikan sinyal listrik yang kita kenali dengan suara. Nah anda juga bisa mengenali tinggi rendahnya nada suara itu tergantung dari bagian membran basilar yang terstimulasi. Frekuensi tinggi tersebut di kenali oleh sel rambut koklea yang ada di dasar sedangkan frekuensi rendah di kenali oleh sel rambut yang ada di bagian atas. Jika kenyaringan di kenali dari jumlah impuls yang di transmisikan oleh saraf koklea. Suara keras yang memiliki amplitudo lebih besar itu nantinya akan merangsang sel-sel rambut dengan lebih intens.

Baca Juga :  4 Tanda Anda Membutuhkan Alat Bantu Dengar

Organ Corti

Dapat di jelaskan lebih detail bahwa koklea terdiri dari organ sensorik yaitu organ corti. Organ corti berperan penting dalam mentransmisi, mengamplifikasi suara, dan menjaga homeostasis telinga bagian dalam. Jenis organ tersebut berisikan epitel sensoris untuk pendengaran yaitu sel-sel rambut, bersama dengan sel-sel pendukung, membran tektorial dan membran basilaris yang akan membuat sebuah kompleks transduksi suara yang di butuhkan telinga sebagai fungsi pendengaran perifer. Organ corti ini merupakan rumah dari sel sensoris pendengaran. Organ Corti terletak di sepanjang membran basilaris dan menonjol dari basis ke apeks koklea. Ukuran organ corti bervariasi secara bertahap dari basis koklea ke apeks koklea. Organ corti di basal lebih kecil sedangkan organ corti di apeks koklea lebih besar. Pada organ corti terdapat sel-sel yang terdiri dari sel sensoris (sel rambut dalam dan sel rambut luar), sel pendukung (sel deiter, sel phalangeal dalam), ujung syaraf eferen dan eferen (olivocochlear medial dan lateral), Sel pilar dalam dan luar, dan sel Hensen. Sel rambut merupakan sel sensoris yang menghasilkan impuls saraf dalam menanggapi getaran membran basilaris. Sel rambut dalam dan luar ini memegang peranan penting pada perubahan energi mekanik menjadi energi listrik.

Fungsi Sel Rambut

Fungsi sel rambut dalam sebagai mekanoreseptor utama yaitu mengirimkan sinyal syaraf ke neuron pendengaran ganglion spiral dan pusat pendengaran. Sedangkan fungsi sel rambut luar adalah meningkatkan atau mempertajam puncak gelombang berjalan dengan meningkatkan aktivitas membran basilaris pada frekuensi tertentu. Peningkatan gerakan ini di sebut cochlear amplifier yang memberikan kemampuan sangat baik pada telinga untuk menyeleksi frekuensi, telinga menjadi sensitif dan mampu mendeteksi suara yang lemah. Selain sel rambut dalam dan luar, komponen utama organ Corti yang lain adalah 3 lapis penyokong yaitu sel Deiters, Hensen, Cludius. Jadi dapat di simpulkan bahwa koklea bertanggung jawab penuh atas fungsi pendengaran telinga.

Baca Juga :  Komponen dan Fungsi Telinga Bagian Dalam

Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari fungsi koklea pada bagian telinga dalam lebih jelas lagi kah? Kamu bisa mempelajarinya di berbagai platform kesehatan telinga. Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan telinga, kamu juga bisa melakukan konsultasi loh. Salah satu tempat untuk konsultasi terkait masalah pendengaran salah satunya adalah di Hearing Center Depok. Kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan alat pendengaran untuk memudahkan kegiatan mendengar. Mengingat perawatan telinga itu adalah hal yang cukup penting, karena telinga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berperan untuk mendengarkan juga sangat berperan untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia. Jika pendengaran akan terasa nyaman tentunya bila kita memiliki kesehatan telinga yang baik bukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.