Cottonbud Tersumbat? Simak Cara Mengeluarkan Kapas dari Telinga Tersebut

cara mengeluarkan kapas dari telinga

Apakah anda tahu penggunaan cotton bud berbahaya apabila kapasnya lepas? Berikut informasi mengenai cara mengeluarkan kapas dari telinga.

cara mengeluarkan kapas dari telinga

Mengenal apa itu cotton bud

Cotton bud atau sering dikenal dengan kapas pentol, korek kuping atau alat untuk membersihkan kotoran yang bersarang pada telinga. Penggunaan cotton bud seringkali digunakan untuk membantu membersihkan kotoran pada telinga. Namun naasnya fungsi dari cotton bud ini untuk membersihkan telinga justru berujung sebaliknya.

Cotton bud dapat menyebabkan kotoran pada telinga semakin masuk ke telinga bagian dalam dan dapat menyebakan penumpukan kotoran bahkan kotoran pada telinga dapat mengeras di dalam telinga.

Memasukkan korek kupung ini terlalu beresiko menimbulkan cedera di telinga seperti telinga mengalami luka kecil pada bagian dalam atau yang berbahaya tertusuknya gendang telinga, serta menimbulkan penyakit infeksi telinga.

Penggunaan cotton bud sangat beresiko. Cotton bud memiliki kapas kecil di setiap ujungnya yang dapat menyebabkan kapas tersangkut dalam telinga. Apabila hal tersebut terjadi anda perlu berhati-hati untuk melepaskannya dari telinga agar tidak melukai jaringan sensitif dalam telinga.

Untuk tips cara mengeluarkan kapas dari telinga simak penjelasan berikut ini.

Cara mengeluarkan kapas cotton bud dari telinga

Mengeluarkan kapas cotton bud dari telinga ketika kapas tertinggal di dalam telinga perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan selain mengganggu pendengaran juga dapat beresiko penyakit pada telinga. Mengenai tips cara mengeluarkan kapas dari dalam telinga sebagai berikut.

1. Lakukan cabut cotton bud jika memungkinkan

Ketika menyadari kapas dari cotton bud tertahan di dalam telinga, usahakan anda jangan panik. Saat panik menyebabkan kita melakukan banyak gerakan dapat membuat kapas cotton bud justru masuk lebih dalam lagi. Oleh sebab itu, perhatikan kondisi cotton bud, apakah benar-benar masuk ke telinga bagian dalam atau hanya menyangkut sebagian.

Apabila kapas tidak sepenuhnya masuk dan ujungnya masih mencuat di telinga luar, anda dapat mencabutnya secara perlahan menggunakan pinset. Namun anda jangan sembarangan mencoba mengeluarkan cotton bud dengan alat seperti pinset, kayu, jari, atau benda lainnya jika kapas tidak terlihat dari lubang telinga luar.

Ketika mengalami kondisi tersebut, memasukkan benda lain ke dalam telinga justru dapat mendorong cotton bud semakin masuk ke dalam telinga sehingga sulit untuk dikeluarkan.

2. Mencoba mengeluarkan kapas cotton bud dengan memiringkan kepala

Cara efektif untuk mengeluarkan kapas dari telinga adalah dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Hal ini dapat dilakukan dengan memiringkan kepala ke sisi telinga yang tersumbat oleh kapas cotton bud hingga mengarah ke lantai selama beberapa saat.

Selain itu, anda perlu menghindari memukul kepala dengan keras dari sisi telinga yang berlawanan untuk membuat benda yang menyangkut keluar. Lebih baik goyang-goyangkan kepala secara perlahan guna melonggarkan sumbatan kapas di dalam telinga.

3. Mengeluarkan kapas dengan memasukkan cairan obat tetes telinga

Terdapat jenis obat telinga yang berfungsi sebagai pelunak kotoran. Apabila kapas cotton bud tidak kunjung keluar. Anda dapat meneteskan sedikit cairan pelunak kotoran telinga atau minyak seperti baby oil dan minyak zaitun. Minyak ini berguna untuk mengeluarkan kapas dari telinga.

Selain itu, fungsi cairan ini untuk melicinkan permukaan cotton bud sehingga membantu melonggarkan sumbatan. Lakukan car aini sebelum melakukan memiringkan atau menggoyangkan kepala.

4. Menggunakan air hangat untuk membasahi cotton bud

Membasahi telinga dengan menggunakan air hangat dalam membantu mengeluarkan cotton bud dari telinga. Untuk mencoba tips ini anda perlu menggunakan alat pembersih telinga yang berbentuk seperti suntikan dan terbuat dari karet guna meneteskan air hangat di lubang telinga yang tersumbat kapas dari cotton bud.

Ketika meneteskan air, hindari meneteskan terlalu banyak air atau memasukkan alat pembersih telinga terlalu dalam sehingga mendorong cotton bud masuk lebih dalam.

5. Penanganan ke dokter

Apabila cara-cara mengeluarkan kapas dengan menggunakan obat tetes maupun air hangat tidak membuat kapas keluar. Anda perlu melakukan penanganan ke dokter THT. Dokter akan memberikan tindakan untuk membantu anda mengeluarkan kapas cotton bud yang bersarang pada telinga anda.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi dan mengeluarkan kapas dari telinga. Kapas yang bersarang pada telinga dapat menyebabkan rasa sakit. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, anda dapat melakukan kompres air hangat.

Kompres hangat pada bagian telinga atau dekat bagian telinga yang tersumbat kapas cotton bud. Suhu dari kompres hangat ini dapat memperlebar pembuluh darah sehingga melancarkan suplai oksigen di bagian telinga yang tersumbat oleh kapas. Selain itu, kehangatan dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri.

Alternatif lain untuk mengatasi sakit pada telinga akibat kapas yang bersarang di telinga adalah dengan mengonsumsi obat Pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol.

Selalu berhati-hati menggunakan alat seperti cotton bud, pinset, jari, atau benda asing lainnya. benda-benda tersebut justru dapat melukai dan mencederai telinga. Apabila sudah terjadi harus segera diberikan penanganan agar tidak menimbulkan penyakit telinga berkelanjutan seperti infeksi telinga. Selalu jaga kesehatan telinga anda jangan tunggu sampai telinga mengalami sakit yang dapat mengganggu pendengaran anda.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?