Cara Mudah Menghindari Otitis Eksterna

Otitis Eksterna

Apakah anda mengenal jenis penyakit yang dapat menyerang telinga? Berikut cara mudah menghindari otitis eksterna.

Mengenal Otitis Eksterna

Otitis Eksterna

Otitis Eksterna merupakan jenis infeksi saluran telinga luar yang terjadi akibat kemasukan air dalam telinga. Air yang masuk ke dalam telinga kemudian tidak dapat keluar menyebabkan kondisi liang telinga menjadi lembab dan memicu pertumbuhan bakteri.

Kondisi otitis eksterna dapat menyerang saluran telinga luar yakni bagian antara lubang telinga dan juga gendang telinga. penyakit ini disebut dengan infeksi pada seseorang yang memiliki kebiasaan berenang. Penyakit otitis eksterna dikenali dengan sebutan swimmer’s ear.

Telinga memiliki bagian seperti daun telinga, lubang telinga, saluran telinga atau liang telinga, dan bagian bagian lain saling terhubung. Saluran telinga ini terhubung antara lubang telinga dengan gendang telinga.

Saat mengalami infeksi eksterna, ini terjadi pada telinga bagian luar disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dalam air yang terperangkap di saluran telinga. Infeksi ini terjadi pada seseorang yang mengalami kemasukan air saat mandi atau seorang perenang yang telah berenang.

Resiko infeksi eksterna akan meningkat apabila air yang masuk dalam telinga ketika berenang kurang bersih. Penyakit ini akan lebih sering terjadi pada anak-anak, remaja, orang dewasa yang seringkali melakukan berenang.

Selain karena faktor kemasukan air, memasukkan jari, kapas, maupun benda lain ke dalam telinga dapat menyebabkan otitis eksterna. Benda asing yang terkena virus ataupun bakteri akan dapat menyebabkan penyakit tersebut. Selain itu, memasukkan benda asing ke dalam telinga dapat merusak lapisan tipis kulit yang terdapat pada saluran telinga.

Gejala Otitis Eksterna

Saat mengalami infeksi telinga berupa otitis eksterna seseorang akan mengalaminya selama kurang lebih beberapa bulan bahkan hitungan tahun. Untuk mengenali gejala otitis eksterna berikut ini penjelasannya.

Baca Juga :  Mengenal Gejala Otosklerosis

1. Terasa tidak nyaman pada telinga

Saat mengalami infeksi eksterna gejala yang terjadi seperti rasa gatal terus menerus di dalam dan sekitar liang telinga. Rasa tidak nyaman dan gatal pada telinga ini akan semakin parah apabila telinga digerakkan. Selain itu, telinga juga terasa nyeri apabila tertarik atau bergerak.

2. Telinga mengeluarkan cairan

Otitis eksterna adalah infeksi pada telinga bagian luar akibat terkena air yang tidak dapat keluar dengan sendirinya dan bercampur dengan bakteri. Pada kondisi parah mengalami infeksi ini ditandai dengan gejala telinga mengeluarkan cairan yang berbau. Tentunya pada kondisi kronis cairan akan bersamaan dengan timbulnya nanah dan darah.

3. Gangguan pendengaran

Saat mengalami gejala infeksi otitis, seseorang akan mengalami kesulitan mendengar. Hal ini karena telinga tersumbat oleh cairan dari air yang masuk ke dalam telinga bersamaan dengan bakteri sehingga telinga terasa penuh dan sulit untuk mendengar.

4. Timbul benjolan kecil

Ketika mengalami infeksi eksterna terkadang terdapat benjolan kecil atau bisul yang berada di dekat dengan saluran telinga. Benjolan ini mennyebabkan rasa sakit dan apabila kempes, darah yang disertai nanah akan mengucur.

Selain gejala diatas terdapat gejala lainnya saat mengalami otitis ini yaitu telinga nampak merah, telinga terasa sakit, mengalami drainase cairan pada telinga secara berlebihan, penyumbatan parsial pada saluran telinga dengan pembengkakan, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, dan mengalami demam tinggi.

Penyebab Otitis Eksterna

Setelah mengenal mengenai kondisi infeksi otitis eksterna, mengenal lebih dekat penyebab terjadinya otitis bahwa otitis eksterna ini terjadi akibat terinfeksi virus pada telinga. Selain itu beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya infeksi ini adalah.

Baca Juga :  Mengenal Penyakit Neuroma Akustikus

1. Mengalami infeksi jamur

Jamur mengalami berkembangan, apabila jamur tumbuh di dalam tubuh manusia dapat menyebabkan penyakit. Infeksi jamur ini terjadi karena kelembapan yang tidak sesuai dengan tubuh kita sehingga jamur tumbuh dengan cepat menyebabkan penyakit otitis.

2. Mengalami infeksi bakteri

Sama seperti jamur, bakteri juga berkembang pada daerah tubuh yang lembab. Infeski bakteri yang menyebabkan otitis eksterna adalah ketika terjdi kondisi pertahanan tubuh terganggu sehingga infeksi bakteri dapat terjadi

3. Lingkungan lembab

Otitis eksterna disebabkan oleh cairan yang masuk ke dalam telinga. Adanya cairan pada telinga ini menyebabkan telinga lebih rentan terkena infeksi. Cairan dapat membuat telinga lembab dan menjadikan bakteri dan virus mengalami perkembangan dengan cepat.

4. Telinga terkena zat kimia

Salah satu penyebab terjadinya infeksi eksterna oleh paparan zat kimia. Ini terjadi apabila sesoerang menggunakan produk tertentu di sekitar kepala dan telinga. Zat kimia tersebut ada pada cat rambut, bahan pelembut kotoran telinga, dan spray rambut.

5. Mengalami luka pada telinga

Mengalami luka pada telinga berpengaruh terjangkiti otiis eksterna. Luka yang tidak kunjung diobati akan menyebabkan infeksi. Inilah yang menjadi pemicu terjadinya otitis. Selain itu, luka tersebut mungkin dapat terjadi ketika melakukan garuk telinga, pemakaian headphone lama, dan telinga yang tidak dibersihkan terkena air ketika mandi.

Cara menghindari otitis eksterna

Infeksi otitis eksterna dapat dihindari dengan beberapa hal sebagai berikut.

1. Menggunakan pelindung telinga

Pelindung telinga berguna untuk melindungi telinga dari iritasi. Selain itu, ketika anda berenang alangkah baiknya menggunakan pelindung telinga untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi otitis pada telinga luar.

2. Mengusahakan telinga agar tetap kering

Telinga yang lembab menyebabkan resiko mengalami otitis. Oleh karena itu, tindakan tepat untuk selalu menjaga telinga supaya tetap kering. Anda dapat melakukan mengelap telinga dengan menggunakan handuk yang berbahan halus sehabis mandi untuk mengelap telinga.

Baca Juga :  Cara Mudah Menghindari Meniere Syndrome

3. Tidak memasukkan benda asing

Cara menghindari infeksi eksterna dengan tidak memasukkan benda asing ke dalam telinga. Memasukkan benda asing ke telinga memicu terjadinya cedera atau luka pada telinga. Cedera pada telinga harus dihindari karena memicu terjadinya otitis eksterna.

Demikian informasi mengenai cara mudah menghindari otitis eksterna. Apabila anda mengalami gejala infeksi telinga alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter telinga. Jaga kesehatan dan selalu rawat telinga anda karena telinga adalah aset tubuh yang harus dijaga.