Mengenal Apa itu Swimmer’s Ear

swimmer's ear

Istilah swimmer’s ear mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Maka dari itu, anda perlu mengetahui dan mengenal apa itu swimmers ear. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di ulasan berikut bersama AQM Hearing Center!

Definisi

Swimmers ear seringkali dikenal sebagai otitis eksterna. Yaitu, sebuah infeksi yang terjadi pada telinga dan biasanya menyerang kulit tipis yang menjadi pembungkus saluran telinga luar. Pada beberapa kasus, kondisi ini disebabkan oleh adanya jamur ataupun bakteri. Bakteri dan jamur tersebut menyerang kulit bagian dalam dari saluran telinga. Kemunculan otitis eksterna ini biasanya beberapa hari kemudian setelah anda melakukan aktifitas berenang. Itulah yang menyebabkan kondisi ini disebut dengan swimmer’s ear. Jika tidak ditangani dengan baik maka kondisi ini bisa menjadi parah dan akut atau kronis.

Jenis-Jenis Swimmers Ear

Terdapat beberapa jenis swimmers ear yang biasanya terjadi pada manusia. Berikut adalah jenis-jenisnya yang perlu anda ketahui:

  1. Otitis eksterna akut: Jenis ini merupakan jenis yang sangat umum dan biasanya terjadi pada para perenang.
  2. Jenis otitis eksterna terlokalisasi akut: Pada jenis ini biasanya berkaitan dengan adanya infeksi folikel rambut.
  3. Otitis eksterna kronis: Ini merupakan jenis yang sama dengan jenis otitis eksterna akut. Perbedaannya adalah terletak pada waktunya yaitu memiliki durasi yang lebih lama sekitar enam minggu lebih.
  4. Jenis otitis eksterna eczematoid: Merupakan jenis otitis yang penyebabnya adalah adanya penyakit kulit.
  5. Otitis eksterna ganas: Jenis ini biasanya di alami oleh orang dewasa yang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang sangat lemah.
  6. Otomycosis: Merupakan sebuah infeksi pada saluran telinga yang biasanya di sebabkan oleh adanya spesies jamur.

Infeksi Telinga Bagian Luar

Center for Disesase Control and Prevetion (CDC) menjelaskan bahwa swimmers ear memiliki arti yaitu otitis eksterna. Ini merupakan sebuah infeksi telinga luar yang rata-rata tidak berdampak pada telinga yang ada di bagian dalam. Jika dibandingkan dengan otitis media tentu akan berbeda. Karena otitis media merupakan infeksi yang ada di telinga bagian dalam. Sedangkan untuk swimmers ear atau otitis eksterna ini merupakan infeksi yang selalu terjadi pada telinga bagian luar.

Baca Juga :  Efek Samping Jika Sering Memakai Headset

Bagaimana cara membedakannnya? Bagi orang dewasa mungkin mudah untuk membedakannya. Namun, bagi anak-anak ini sangat sulit diketahui mengingat anak-anak jarang bisa menganalisis apa yang terjadi pada tubuhnya. Untuk mengetahuinya, setelah berenang beberapa hari kemuddian cobalah suruh anak untuk menggoyangkan atau menggerakkan telinga bagian luarnya. Jika tidak ada rasa nyeri atau rasa tidak nyaman, maka ia tidak mengalami swimmers ear. Apabila telinga sakit namun telinga luar tidak merasa sakit ketika dipegang, itu berarti ia sedang mengalami otitis media.

Gejala yang Timbul

Adapun gejala yang bisa timbul ialah telinga menjadi gatal terutama bagi mereka yang berenang beberapa hari secara berturut-turut. Berikut adalah gejala yang timbul akibat otitis eksterna:

  1. Telinga bagian dalam merasa gatal
  2. Adanya pembengkakan pada telinga
  3. Merasa telinga menjadi panas dan muncul kemerahan
  4. Apabila telinga yang terinfeksi di tarik maka akan muncul rasa nyeri
  5. Adanya rasa nyeri, sakit serta rasa tidak nyaman ketika ada tekanan pada telinga
  6. Keluarnya cairan pada telinga yang terinfeksi

Siapa yang Paling Beresiko?

Otitis eksterna bisa menyerang siapa saja yang melakukan aktifitas berenang. Namun, orang yang paling beresiko adalah anak-anak yang berada pada usia sekolah. Sehingga, perhatian terkait telinga pada anak-anak yang melakukan aktifitas berenang harus menjadi perhatian.

Bagaimana Swimmer’s Ear Terjadi?

Terjadinya otitis eksterna ini bisa di sebabkan oleh adanya air kolam renang yang masuk serta terperangkap pada lubang telinga dalam waktu yang tidak sebentar. Kondisi tersebut bisa membuat telinga menjadi lembab sehingga kuman akan berkembang biak dengan pesat di tempat tersebut dan kemudian membuat adanya infeksi kulit. Adapun kuman yang menyebabkan adanya penyakit ini tentu dari air yang ada di kolam renang. Otitis eksterna ini tidak menyebabkan adanya penularan. Anda hanya perlu memastikan bahwa telinga selalu berada pada kondisi kering.

Baca Juga :  Yuk Mengenal Apa Itu Misophonia

Cara Mencegah

Sebagai pencegahan, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan telinga selalu pada kondisi yang kering. Anda bisa menggunakan topi renang, ear plugs atau alat lain yang bisa menjaga telinga agar tetap kering.
  2. Setelah berenang atau mandi, jangan lupa untuk selalu mengeringkan telinga dengan sempurna.
  3. Gunakan handuk kering bersih untuk melakukan pengeringan pada telinga setelah berenang.
  4. Ingin mengeluarkan air pada telinga? Miringkanlah kepala agar telinga menghadap ke bawah kemudian tarik telinga ke arah yang berlawanan.
  5. Apabila masih merasa ada air di dalam telinga, anda bisa memanfaatkan hair dryer untuk mengeringkannya. Gunakan dengan kecepatan yang rendah saja.
  6. Jangan gunakan cotton bud atau benda asing lainnya untuk mengeringkan telinga. Ini bisa memperparah infeksi yang terjadi.

Itulah informasi tentang apa itu swimmer’s ear yang perlu anda ketahui terutama bagi anda yang suka berenang atau memiliki anak yang aktif berenang. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi terkait telinga, yuk konsultasi bersama kami hanya di Hearing Center Tangerang.

 

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
halo, ada yang bisa kami bantu?