Cara Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat

Alat bantu dengar di dalam telinga (In The Ear/ITE)

Seseorang yang mengalami gangguan dengaran biasanya akan memiliki kualitas hidup yang lebih buruk di bandingkan dengan orang yang tidak memiliki gangguan pendengaran. Penurunan fungsi pendengaran bisa terjadi karena adanya gangguan pada sistem pendengaran. Gangguan pendengaran sendiri, penyebabnya tidaklah sama. Ada banyak sekali jenis gangguan pendengaran yang bisa terjadi pada manusia. Perbedaan jenis gangguan pada pendengaran tentunya akan berpengaruh pula pada tingkat keparahannya. Hal ini membuat adanya perbedaan alat bantu dengar yang penggunaannya harus disesuaikan dengan tingkat gangguan pendengaran. Lalu, seperti apa cara yang tepat agar kita tidak salah dalam memilih alat bantu dengar yang sesuai? Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Tangerang untuk informasi lebih lanjut!

Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar adalah sebuah teknologi mini yang cukup canggih. Ia di lengkapi dengan fitur yang lengkap sehingga membuat seseorang memiliki pengalaman pendengaran yang lebih lancar dan lebih baik di banding jika tidak menggunakannya. Alat bantu dengar ini di perlukan untuk membantu seseorang yang terkena masalah pendengaran agar lebih mudah untuk menerima suara dan memahaminya.

Cara Memilih Alat Bantu Dengar

Hingga saat ini cara yang terbaik untuk menentukan alat bantu dengar dengan tingkat seperti apa yang paling tepat ialah dengan melakukan konsultasi. Konsultasi dapat anda lakukan dengan spesialis/ahli pendengaran bersertifikat atau dokter THT kepercayaan anda. Mereka tentu memiliki cara tertentu untuk melakukan diagnosa dan analisis tentang gangguan pendengaran yang anda alami. Dengan diagnosa tersebut maka mereka dapat menentukan alat bantu dengar seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan pendengaran serta gaya hidup anda. Adapun beberapa faktor yang perlu di perhatikan ketika memilih alat batu dengar di antaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Kiat Teratas Untuk Memulai Alat Bantu Dengar

Derajat Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran terdiri dari beberapa tingkatan berdasarkan tingkat suara dalam desibel (dB). Adapun kisaran derajat gangguan pendengaran ini di mulai dari ringan hingga tingkat yang berat. Rentangnya mulai dari ringan, sedang, cukup parah, parah dan yang terakhir adalah mendalam. Bisa di katakan bahwa tingkat gangguan pendenagran ini merupakan faktor utama yang di gunakan untuk mempertimbangkan alat bantu dengar dengan tingkat seperti apa yang harus di pilih untuk di gunakan. Ada alat bantu dengar yang cocok untuk gangguan pendengaran ringan. Namun, tentunya ada pula yang cocok untuk gangguan pendengaran berat.

Gaya Hidup

Perbedaan jenis alat bantu dengar ternyata dapat di sesuaikan dengan gaya hidup yang kita jalankan selama ini. Hal ini di pengaruhi dengan seberapa aktif anda mengubah jenis yang anda butuhkan. Bagi anda yang memiliki aktifitas sosial yang cukup tinggi, sering menggunakan telepon, sering berada di ruang konferensi serta seringkali terlibat dengan berbagai percakapan serta kebisingan maka tentu anda membutuhkan alat bantu dengar dengan tingkat yang lebih tinggi. Mereka yang menjalani gaya hidup yang lebih menetap tidak membutuhkan perangkat yang kuat. Jika Anda sering tinggal di rumah dan lebih suka membaca dan interaksi satu lawan satu, maka alat bantu dengar tingkat rendah akan berfungsi dengan baik.

Jenis-Jenis Alat Bantu Dengar

Berdasarkan faktor-faktor yang sudah di jelaskan pada bagian sebelumnya, ada berbagai tingkat teknologi alat bantu dengar yang dapat di pilih. Teknologi alat bantu dengar biasanya dikategorikan sebagai basic, standard, advanced, dan premium. Tergantung pada tingkat gangguan pendengaran dan gaya hidup Anda, penting untuk memilih alat bantu dengar dengan fitur dan kemampuan pendengaran yang tepat.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Benar?

Tingkat Dasar

Tingkat dasar ini adalah jenis alat yang terbaik untuk individu yang memiliki gangguan pendengaran ringan hingga sedang dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Tingkat teknologi ini menampilkan pengurangan kebisingan dasar serta penekanan umpan balik dasar. Alat bantu dengar tingkat dasar adalah pilihan yang paling terjangkau karena tidak memiliki banyak fitur.

Tingkat Standar

Jenis tingkat standar lebih baik untuk individu yang terkadang berada dalam situasi mendengarkan yang menantang. Tingkat teknologi ini memiliki fitur pengurangan kebisingan, penekanan umpan balik, dan mikrofon terarah. Alat bantu dengar standar adalah yang terbaik untuk orang-orang yang terkadang berada di lingkungan yang bising tetapi menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam situasi yang lebih tenang.

Tingkat Lanjut

Jenis alat dengan tingkat lanjut sangat cocok untuk mereka yang menjalani gaya hidup yang lebih aktif. Mereka memberikan dukungan yang baik dalam situasi bising dan fitur sistem mikrofon directional otomatis. Alat bantu dengar tingkat lanjut juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth sehingga dapat terhubung langsung ke ponsel cerdas Anda, membuat percakapan di telepon menjadi lebih mudah dan jelas.

Tingkat Premium

Tingkat premium mencakup sebagian besar fitur untuk pengalaman mendengarkan yang lancar. Ini adalah yang terbaik untuk individu yang menjalani gaya hidup aktif dan sering berada di lingkungan yang bising. Tingkat teknologi ini memberikan dukungan paling dinamis dan otomatis dalam semua jenis situasi mendengarkan. Alat bantu dengar premium memiliki fitur dan kualitas suara paling banyak, namun juga memiliki harga paling mahal.

Anda kebingungan mencari alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan anda? Segera konsultasikan dengan Hearing Center Tangerang!