6 Tips Perawatan Alat Bantu Dengar yang Mudah

alat bantu dengar

Berbagai masalah pendengaran tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman saat sedang beraktifitas. Anda bisa jadi akan mengalami penurunan atau bahkan kehilangan kemampuan mendengar. Salah satu solusi yang tepat agar anda bisa memiliki kemudahan untuk aktifitas mendengar maka anda bisa menggunakan teknologi yang cukup canggih yaitu alat bantu dengar.

Manfaat Alat Bantu Dengar

Alasan penggunaan alat bantu dengar biasanya adalah untuk memudahkan pendengaran dan mengurangi ketidaknyamanan saat mendengar. Dapat menghindari Dementia dan Alzheimer serta meningkatkan keseimbangan tubuh. Alat bantu dengar juga mampu meningkatkan kepercayaan diri serta kegiatan berkomunikasi. Dapat menghindari isolasi sosial yang merujuk pada depresi serta dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan.

Adanya gangguan pendengaran tentu dapat menurunkan kualitas hidup seseorang dari berbagai aspek kehidupan serta kesehatan. Dengan adanya alat bantu dengar maka bisa memperbaiki situasi tersebut dengan memperkuat, memodifikasi, memfokuskan serta menjernihkan suara yang masuk. Dengan adanya alat ini maka anda bisa mendengar suara dengan lebih jelas tanpa adanya kesulitan.

Tips Perawatan Alat Bantu Dengar

Anda mengandalkan alat bantu dengar Anda setiap hari untuk memberikan kualitas pendengaran yang Anda nikmati. Dalam kasus yang jarang terjadi ketika perangkat Anda tidak berfungsi, mungkin beberapa hari atau minggu yang sulit saat Anda menunggunya diperbaiki. Melalui beberapa pemeliharaan preventif dan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur perangkat Anda dan mengurangi kemungkinan kegagalan fungsi. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat yang akan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari alat bantu dengar Anda dari tim Hearing Center Tangerang.

1. Hindari Kelembaban Dan Simpan Di Tempat Yang Kering.

Alat bantu dengar Anda mengandung beberapa teknologi dan sirkuit yang sangat canggih dalam cangkang kecil. Ketika terkena kelembaban dapat menyebabkan kerusakan serius. Meskipun alat bantu dengar sekarang dibuat tahan air , Anda tetap disarankan untuk melepasnya saat mandi atau berenang. Jika terkena air, segera keringkan dengan handuk. Jangan pernah mencoba mengeringkannya dengan pengering rambut atau perangkat berpemanas lainnya, karena panas yang tinggi dapat merusaknya. Jika Anda tinggal di daerah yang lembab, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyimpan alat bantu dengar Anda di dehumidifier alat bantu dengar khusus.

Baca Juga :  Layanan Home Visit Alat Bantu Dengar Jakarta

2. Ganti Baterai Alat Bantu Dengar Sesering Mungkin.

Baterai alat bantu dengar dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda jika dibiarkan dalam waktu lama. Kelembaban yang terperangkap dapat menyebabkan baterai menimbulkan korosi dan merusak perangkat. Ingatlah untuk membuka pintu baterai saat perangkat tidak digunakan. Jika, karena alasan tertentu, Anda tidak akan menggunakan perangkat selama beberapa hari, Anda disarankan untuk melepas baterai untuk sementara.

Juga saat mengganti baterai, ingatlah untuk membersihkan kontak baterai di perangkat Anda. Ini dapat dilakukan dengan menyekanya dengan lembut menggunakan kapas kering. Jika kontak baterai pada perangkat Anda kotor, itu dapat membuat koneksi yang buruk dan kinerja yang lebih rendah.

3. Jauhkan Perangkat Dari Kotoran Telinga.

Kotoran telinga adalah salah satu penyebab utama penurunan kinerja alat bantu dengar. Sayangnya, tidak mungkin untuk menghindari perangkat Anda bersentuhan dengan kotoran telinga. Itulah mengapa penting untuk meluangkan waktu dan sering membersihkannya.

Setelah setiap hari memakai abd Anda, ambil kapas kering atau sikat gigi lembut dan dengan lembut singkirkan kotoran telinga atau kotoran yang mungkin ada di perangkat. Ingatlah untuk membersihkan penerima dan mikrofon.

4. Ganti Filter Lilin Anda.

Seiring dengan kegiatan menghilangkan kotoran telinga dari perangkat Anda, Anda perlu mengganti filter lilin atau pelindung lilin secara berkala. Filter mencegah lilin mencapai komponen internal alat ini dan merusaknya. Ini harus dilakukan setiap kali Anda mulai melihat penumpukan pada filter.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua perangkat menggunakan filter yang sama. Penyedia layanan kesehatan pendengaran seperti Hearing Center Tangerang dapat memberi tahu Anda mana yang harus digunakan dan menunjukkan cara mengubahnya untuk perangkat khusus Anda.

5. Selalu Tangani Dengan Hati-Hati.

Meskipun alat ini jauh lebih tahan lama daripada sebelumnya, alat ini tetap harus ditangani dengan hati-hati. Selalu pegang dengan aman agar tidak terjatuh. Saat mengganti baterai atau membersihkannya, letakkan di permukaan yang lembut seperti handuk.

Baca Juga :  6 Jenis Penyakit THT

Saat tidak digunakan, simpan di tempat yang aman. Mereka tidak boleh disimpan dalam jangkauan anak-anak atau hewan.

6. Jadwalkan Pembersihan Rutin.

Meskipun membersihkan dan merawat perangkat Anda di rumah dapat sangat meningkatkan masa pakai alat bantu dengar Anda, Anda tetap harus membawanya untuk dirawat dengan baik oleh seorang profesional. Anggap saja seperti membawa mobil Anda ke montir; mereka mungkin dapat menemukan sesuatu yang perlu diperbaiki yang mungkin Anda lewatkan. Mereka juga dapat membuat penyesuaian pada perangkat Anda agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda harus menjadwalkan pembersihan perangkat dengan klinik pendengaran atau penyedia layanan kesehatan pendengaran yang anda percaya setiap 4-6 bulan atau segera jika Anda mencurigai ada sesuatu yang salah.

Itulah manfaat serta tips perawatan alat bantu dengar yang bisa anda aplikasikan. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi dan perawatan tentang alat bantu dengar, anda bisa mengunjungi kami di Hearing Center Tangerang.