5 Tips Untuk Tes Pendengaran

tes pendengaran

Sistem pendengaran merupakan sebuah sistem yang ada dalam organ tubuh manusia. Proses mendengar ini tentunya sangat penting untuk keseimbangan tubuh. Untuk mendapatkan serta memastikan bahwa pendengaran anda berada dalam kondisi yang baik maka diperlukan tes pendengaran. Tes pendengaran bisa membuat anda menjadi overthinking dan anda bisa kelelahan hanya karena memikirkannya. Nah, bagi anda yang ingin melakukan tes pendengaran simaklah ulasan berikut ini. Ulasan berikut adalah beberapa tips yang bisa anda aplikasikan ketika hendak melakukan tes pendengaran.

1.   Ajaklah Seseorang Saat Melakukan Tes Pendengaran

Ketika anda hendak melakukan tes pendengaran, anda bisa membawa seseorang untuk anda ajak menemani anda saat melakukan tes. Anda bisa mengajak keluarga anda, teman atau sahabat terdekat anda. Pilihan seseorang yang anda rasa bisa memberikan anda ketenangan dan support yang cukup. Dengan adanya seseorang yang bisa menemani anda terlebih ketika anda merasa sangat dekat, maka anda akan mendapatkan dukungan penuh. Dukungan yang diberikan adalah dukungan secara emosional dan dukungan secara moral. Anda juga akan terbantu oleh kehadiran mereka yaitu terkait dengan mengingat informasi yang diberikan oleh ahli perawatan pendengaran. Adanya keberadaan mereka bisa memberikan opini atau pemikiran dan persepsi lain terkait dengan gangguan pendengaran yang anda alami. Mereka bisa memberikan pandangan terkait gangguan anda yang terlihat dari luar.

2.   Ketahuilah Hal Yang Diharapkan Dari Tes Ini

Saat melaksanakan tes pendengaran, tentunya hal pertama yang anda lakukan adalah menjalani pemeriksaan pendengaran. Pada tes pendengaran nada murni maka anda akan dipasangkan headphone serta mendengarkan suara yang tepat dan jernih. Selanjutnya, anda akan diminta untuk mendengarkan serangkaian nada yang berada pada volume berbeda. Perbedaan volume ini bisa menentukan sejauh mana anda bisa mendengarkan dengan frekuensi yang berbeda. Kemudian, anda juga akan diminta untuk melakukan tes bicara. Para ahli perawatan atau bisa juga dilakukan oleh dokter akan mengucapkan beberapa kata. Lalu, anda akan di minta untuk mengulangi kata-kata tersebut. Adanya tes ini di maksudkan untuk mengetahui bagaimana anda memahami ucapan.

Baca Juga :  5 Mitos Terkait Gangguan Pendengaran

3.   Siap-Siap Meraih Kesuksesan

Salah satu hal yang bisa membuat anda menjalani tes pendengaran dengan maksimal adalah anda harus merasa siap. Dengan merasa siap, maka rasa cemas anda akan berkurang. Tentunya hal ini akan membuat anda mendapatkan tes pendengaran dengan hasil yang maksimal. Berikut ini kami sajikan beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab sendiri sebelum melakukan tes pedengaran. Yuk, simak poin-poinnya berikut ini:

  1. Apa gejala gangguan pendengaran yang Anda alami?
  2. Sudah berapa lama Anda mengalaminya?
  3. Apakah gangguan pendengaran Anda pada satu telinga atau keduanya? Anda juga dapat bertanya kepada orang-orang apakah mereka melihat adanya perubahan pada pendengaran Anda
  4. Apakah Anda pernah mengalami infeksi kronis, cedera atau operasi yang berhubungan dengan telinga Anda?
  5. Pernahkah Anda memiliki pekerjaan yang membuat Anda terkena suara keras?

Jika anda memiliki pertanyaan tentang tes pendengaran, maka anda bisa menuliskannya terlebih dahulu. Tuliskan sehingga Anda siap untuk bertanya kepada ahli perawatan pendengaran Anda. Beberapa pertanyaan diatas bisa menjadi tips untuk anda sebelum melakukan tes pendengaran.

4.   Lakukan Tes Pendengaran Sekarang Juga

Apakah anda pernah berfikir untuk menunda tes pendengaran? Menunda tes pendengaran dapat meningkatkan kecemasan yang Anda rasakan tentang perlunya mengambil tindakan. Dan jika Anda memang mengalami gangguan pendengaran, menunda pengobatan sebenarnya bisa mempersulit pengobatan. Ini karena kemampuan Anda untuk memahami ucapan menurun lebih cepat jika gangguan pendengaran tidak diobati.

Dengan gangguan pendengaran, saraf dan otak Anda kurang mendapat stimulasi. Keduanya membutuhkan stimulasi untuk tetap berfungsi dengan baik, dan ketika mereka kekurangan karena gangguan pendengaran, mereka secara bertahap kehilangan kemampuan untuk membedakan ucapan. Mengatasi gangguan pendengaran mencegah degenerasi tersebut, dan juga menghindari keharusan mempelajari kembali keterampilan pendengaran.

Baca Juga :  Pemeriksaan Audiometri

5.   Pilihlah Ahli Yang Terbaik dan Terpercaya

Klinik mana pun yang Anda pilih, Anda harus merasa yakin dengan pilihan Anda. Jika tes Anda menunjukkan bahwa Anda memang mengalami gangguan pendengaran, ahli perawatan pendengaran Anda harus dapat menyarankan alat bantu dengar yang sesuai untuk jenis gangguan pendengaran Anda, gaya hidup, dan anggaran Anda. Salah satu klinik perawatan telinga yang memiliki ahli yang sangat mumpuni adalah AQM Hearing Center. AQM Hearing Center tentu bisa menjadi klinik pendengaran kepercayaan anda. Klinik Pendengaran Jakarta ini merupakan klinik yang terbaik di bidangnya. Memiliki berbagai produk alat pendengaran terbaik yang bisa membantu anda untuk memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah informasi dari kami yang mengulas tentang tips yang bisa anda lakukan sebelum melakukan tes pendengaran. Yuk, rawat telinga anda sebagai investasi masa depan. Dengan telinga yang terjaga kesehatannya maka anda bisa mendapatkan pendengaran yang baik dan tubuh yang seimbang. Anda juga dapat meminimalisir adanya penyakit telinga di masa tua. Bagi anda yang memiliki keluhan serta gangguan di telinga maka anda bisa segera melakukan konsultasi ke Hearing Center Jakarta. AQM Hearing Center juga menyediakan berbagai alat bantu dengar yang dapat membantu anda terutama bagi anda yang mengalami penurunan fungsi pendengaran. Yuk, jangan ragu lagi untuk menggunakan jasa AQM Hearing Center.