Manfaat Terapi Telinga Ear Candle Bagi Kesehatan Telinga

terapi telinga

Kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk di jaga. Tubuh yang sehat tentu akan membuat kualitas hidup semakin meningkat dan menjadi lebih baik. Salah satu yang tidak kalah penting untuk di jaga kesehatannya adalah telinga. Telinga adalah organ tubuh yang juga merupakan salah satu indera pada manusia. Fungsinya sangat penting yaitu agar manusia dapat mendengarkan suara yang ada di lingkungannya sehingga memahaminya. Untuk menjaga kesehatan telinga ada beberapa hal yang bisa di lakukan salah satunya adalah dengan terapi telinga. Teapi telinga sendiri memiliki jenis dan ragam yang bermacam-macam. Salah satunya ialah terapi telinga ear candle. Lalu, apa itu ear candle? Yuk, simak ulasannya berikut ini bersama Hearing Center Depok!

Ear Candle

Terapi telinga ear candle ini merupakan salah satu teknik alternative yang bisa di lakukan untuk membersihkan telinga. Jenis terapi telinga yang satu ini sangat umum di gunakan oleh masyarakat di negara Asia, Eropa hingga Amerika Utara. Secara definisi, ear candle ini merupakan sebuah teknik yang di gunaan untuk membersihkan dengan adanya pemanfaatan lilin. Hal ini di percaya bisa membersihkan telinga dari berbagai penumpukan kotoran yang terjadi pada telinga.

Seorang terapis biasanya akan memasukkan sebuah lilin yang memiliki rongga dan berbentuk seperti kerucut ke dalam telinga apabila proses terapi ini di lakukan. Adapun lilin yang di gunakan tidak seperti lilin untuk penerangan ataupun lilin ulang tahun yang seringkali kita temukan. Lilin yang di gunakan bisa di katakan lilin khusus karena memiliki aroma seperti aroma chamomile. Aroma tersebut tentunya berfungsi untuk memberikan suasana rileks serta menenangkan untuk pasien. Terapi telinga yang satu ini memang sudah banyak sekali di temukan baik di klinik kecantikan, tempat spa atau bahkan salon. Sehingga anda tidak perlu kebingungan lagi karena sangat mudah untuk menemukan tempat terapi ini.

Baca Juga :  6 Jenis Penyakit THT

Beberapa Manfaat Terapi Ear Candle

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari terapi ear candle yang dapat anda dapatkan setelah menjalankan proses terapi ini:

1.      Dapat Mengatasi Penyakit Tinnitus

Tinnitus adalah penyakit telinga yang sangat umum di temukan. Penyakit tinnitus ini biasanya berupa adanya dengingan yang terjadi pada telinga manusia. Sebenarnya tinnitus ini bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah gejala yang menandakan bahwa terjadi gangguan pada tubuh. Kondisi tubuh yang bisa menyebabkan munculnya tinnitus adalah adanya gangguan pada sistem sirkulasi tubuh, adanya cedera yang terjadi di dalam telinga serta adanya penurunan fungsi pendengaran. Penurunan fungsi pendengaran tersebut biasanya di sebabkan oleh adanya pertambahan usia.

Jika ada yang mengatakan bahwa tinnitus hanya bisa terjadi pada lansia, tentu hal ini sangat salah. Tinnitus bisa terjadi dan di alami oleh berbagai kalangan usia. Nah, terapi telinga ear candle ini bisa membantu untuk menghentikan denging yang di timbulkan oleh ear candle. Biasanya ear candle ini akan membersihkan material yang bisa menjadi penyumbat pada telinga.

2.      Masalah Pendengaran Bisa Diminimalisir

Penyumbatan yang terjadi pada saluran telinga ialah pemicu utama munculnya masalah pendengaran di usia muda. Tentunya, mengatasi sejak dini masalah pendengaran merupakan hal yang sangat penting. Apabila gangguan pendengaran tidak di atasi sesegera mungkin maka gangguan lainnya bisa terjadi. Gangguan semakin meradang bahkan bisa menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan pendengaran.

Gangguan pendengaran tidak hanya terjadi pada lansia, mereka yang berusia muda juga banyak yang mengalami gangguan pendengaran. Adapun penyebabnya ialah adanya penyumbatan di saluran telinga. Tentunya terapi ear candle ini bisa di jadikan solusi serta pencegahan adanya penyumbatan pada saluran telinga.

Baca Juga :  Manfaat Alat Bantu Dengar

3.      Mengurangi Adanya Penumpukan Kotoran Telinga

Apakah anda adalah salah satu orang yang memerhatikan kebersihan? Jika iya, apakah kebersihan telinga juga menjadi hal yang anda perhatikan? Saat ini, masih banyak orang yang remeh terhadap kebersihan telinga. Hal tersebut tentu memicu adanya penumpukan kotoran telinga. Penumpukan kotoran telinga yang terus di biarkan, maka masalah kesehatan telinga akan bertambah banyak.

Usaha yang di lakukan untuk membersihkan telinga tidak selamanya benar. Ada beberapa cara yang justru bisa membuat kotoran pada telinga masuk lebih dalam. Hal ini tentu bisa membuat kotoran semakin terperangkap di dalamnya dan bisa memperburuk penyumbatan yang terjadi. Ear candle bisa membantu anda untuk membersihkannya sehingga akan meminimalisir adanya penumpukan kotoran pada telinga.

4.      Frekuensi Infeksi Telinga Melambat

Infeksi dapat terjadi di mana saja salah satunya adalah pada telinga. Adanya infeksi di telinga tentu akan membuat keadaan yang tidak nyaman. Infeksi telinga ini bisa menyebabkan adanya gangguan pendengaran sementara atau reversible. Apabila hal ini di biarkan saja, maka infeksi bisa menyebabkan suara tidak bisa masuk ke dalam saluran telinga. Ketika sudah diketahui adanya tanda-tanda infeksi pada telinga, lakukanlah pengobatan dengan segera. Anda bisa memberikan kain yang hangat di area telinga yang terkena infeksi. Hal ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri yang di timbulkannya serta demam yang bisa saja terjadi. Selain cara tersebut, ear candle juga bisa anda andalkan untuk memperlambat adanya frekuensi infeksi serta juga bisa melakukan pencegahan berkembang biaknya bakteri di dalam telinga.

5.      Meredakan Stress

Kondisi stress yang terus menerus terjadi maka bisa membuat kesehatan mental seseorang bisa terjadi. Salah satu terapi yang perlu anda lakukan ialah terapi telinga Ear Candle. Ear candle ini memiliki aroma yang khas sehingga sraf anda dapat lebih tenang, rileks sehingga bisa meredakan stress.

Baca Juga :  Pemeriksaan Audiometri

Itulah beberapa hal terkait terapi telinga ear candle beserta 5 manfaatnya. Bagi anda yang membutuhkan konsultasi terkait pendengaran, jangan lupa untuk mengunjungi kami di Hearing Center Depok!