Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Telinga Yang Benar?

cara menjaga kesehatan telinga

Pernahkah terlintas di benak anda tentang bagaimana sih sebenarnya cara menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar? Nah, ternyata secara tidak sadar masih banyak kesalahan yang kita lakukan dalam rangka menjaga kesehatan telinga loh. Seringkali kita mengandalkan kapas ataupun cotton buds untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga. Bahkan ada juga yang menggunakan penjepit rambut untuk menggaruk telinga ketika telinga terasa gatal. Ternyata, kedua hal tersebut sangat tidak diperbolehkan loh. Mengapa demikian? Ya, kedua hal tersebut dapat memicu masalah yang lebih banyak dan menyebabkan adanya gangguan telinga.

Selain itu, seringkan telinga terpapar dengan suara yang keras dalam waktu yang berulang-ulang maka bisa menjadi penyebab seseorang kehilangan pendengarannya secara permanen. Gangguan dan kerusakan pada telinga akan terus berkembang bahkan ada yang menyebabkan gangguan pendengaran pada kondisi yang sangat parah. Yuk, simak ulasan berikut bersama Hearing Center Jakarta agar kamu memahami bagaimana cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar.

Cara Kerja Telinga

Hal pertama yang akan kita bahas ialah mengenai cara kerja telinga. Untuk menerima rangsangan suara, telinga memiliki cara kerjanya sendiri yaitu sebagai berikut:

  1. Saat gelombang suara masuk ke dalam telinga, maka saluran yang dilaluinya ialah saluran telinga dan gelombang suara tersebut akan menuju ke eardrum (tympanic membrane). Kemudian setelahnya akan dapat dihasilkan sebuah getaran di telinga.
  2. Getaran yang ada di eardrum ini kemudian akan menyebabkan tulang kecil yang ada di tengah-tengah telinga juga ikut bergetar. Hal tersebutlah yang menyebabkan cairan yang ada di dalam telinga akan keluar.
  3. Kemudian cairan tersebut akan bergerak menstimulasi sensor yang ada di rambut-rambut sel dan berfungsi untuk menerjemahkan suara di sistem saraf.
  4. Saraf yang ada di sistem pendengaran tersebut kemudian akan mengirimkan sebuah rangsangan suara pada otak. Hal inilah yang menyebabkan suara dapat di dengar.
Baca Juga :  Nikotin Menyebabkan Gangguan Pendengaran Bayi

Cara Mencegah Kerusakan Pendengaran

Telinga yang begitu sering dan secara terus-menerus terpapar oleh suara yang keras akan mengalami kerusakan pada sistem pendengaran seperti di bagian sensor suara. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk meminimalisir adanya gangguan pada pendengaran karena suara keras atau kebisingan:

  1. Hindarilah sumber kebisingan yang bisa membahayakan. Sumber kebisingan yang berbahaya ini bisa di dapatkan dan di mana saja. Contohnya adalah seperti di tempat kerja, rumah dan berbagai lokasi lainnya.
  2. Jika memang tidak bisa pergi atau menghindari sumber kebisingan, maka anda bisa menggunakan pelindung pendengaran saat beraktifitas. Anda bisa menggunakan alat berupa penyumbat ataupun penutup telinga.
  3. Selanjutnya, anda perlu melakukan kontrol saat mendengarakan radio atau stereo, music dan televise. Gunakanlah frekuensi yang secukupnya terlebih apabila anda mendengarkan music menggunakan earphone.

Hal yang perlu anda ketahui bahwa alat pendengaran yang rusak biasanya tidak akan bisa kembali keadaannya seperti semula. Sehingga di perlukan usaha dari diri kita sendiri untuk mencegah terjadinya kerusakan telinga agar tidak menjadi lebih parah.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Kesehatan telinga perlu kita jaga karena telinga merupakan salah satu bagian atau organ tubuh yang memiliki fungsi cukup penting. Selain mendengar, telinga juga berfungsi untuk keseimbangan tubuh. Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk dapat menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar:

  1. Untuk menghilangkan kotoran serta menggaruk telinga, jangan pernah menggunakan cotton buds, kapas ataupun penjepit rambut.
  2. Apabila anda berada di dalam pesawat udara, maka anda perlu melakukan kegiatan menelan ataupun menguap. Jika anda memiliki beberapa masalah pada sistem pernafasan seperti pilek, flu, ataupun infeksi sinus segeralah konsumsi obat dekongestan beberap jal sebelum keberangkatan. Anda juga bisa menggunakan semprotan dekongestan yang bisa anda gunakan sebelum pesawat mendarat.
  3. Stop merokok. Merokok dapat menyebabkan seseorang memiliki resiko yang cukup tinggi untuk dapat kehilangan pendengarannya.
  4. Jika anda memiliki anak, jangan lupa anak anda perlu mendapatkan semya imunisasi. Hal ini berfungsi untuk melindungi anark dari penyakit meningitis ataupun beberapa kondisi lain yang berkaitan dengan masalah pendengaran.
  5. Batasi penggunaan earphone atau headset. Kedua benda tersebut jika sering digunakan maka bisa memunculkan penyakit pendengaran yang lebih serius.
Baca Juga :  Kiat Teratas Untuk Memulai Alat Bantu Dengar

 

Itulah informasi dari kami yang mengulas tentang cara menjaga kesehatan telinga yang benar. Yuk, rawat telinga anda sebagai investasi masa depan. Dengan telinga yang terjaga kesehatannya maka anda bisa mendapatkan pendengaran yang baik dan tubuh yang seimbang. Anda juga dapat meminimalisir adanya penyakit telinga di masa tua. Siapa sih yang ingin memiliki organ tubuh dengan fungsi yang tidak normal? Anda pasti tidak mengingkan hal tersebut terjadi bukan? Jadi, jangan tunda lagi untuk merawat telinga ya!

Bagi anda yang memiliki keluhan serta gangguan di telinga maka anda bisa segera melakukan konsultasi ke Hearing Center Jakarta. AQM Hearing Center juga menyediakan berbagai alat bantu dengar yang dapat membantu anda terutama bagi anda yang mengalami penurunan fungsi pendengaran. Yuk, jangan ragu lagi untuk menggunakan jasa AQM Hearing Center.