11 Tips Kesehatan Telinga

tips kesehatan telinga

Telinga adalah salah satu panca indra yang sangat penting perannya untuk kehidupan manusia, tanpa adanya telinga akan kesulitan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Apabila kesehatan telinga tidak terjaga dengan baik, maka akan mengakibatkan beberapa gangguan pada pendengaran dan bahkan akan menimbulkan dampak negatif berupa kehilangan pendengaran. Tips kesehatan telinga menjadi penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Telinga memiliki 3 bagian utama dan masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. Contohnya daun telinga berfungsi untuk mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan di teruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak, sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebut.

Telinga penting dijaga kesehatannya agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Berikut 11 tips kesehatan telinga yang bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan Mengorek Kotoran Telinga Menggunakan Cotton Bud

Tindakan ini sebaiknya tidak dilakukan karena akan membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam telinga dan susah untuk dibersihkan.

Mengunyah Makanan dengan Baik

Sebaiknya saat makan kunyahlah makanan dengan baik. Hal ini karena gerakan mengunyah makanan akan membantu proses pengeluaran kotoran telinga. Anda juga bisa mengunyah permen karet apabila ingin prosesnya lebih baik lagi.

Hindari Menggunakan Ear Candle

Kebersihan telinga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Terapi ear candle banyak digunakan oleh masyarakat untuk membersihkan telinga. Namun perlu diperhatikan bahwa sebenarnya metode ini dianggap kurang efektif dan bahkan dokter pun tidak menyarankan penggunaan ear candle. Ear candle bahkan cenderung berbahaya karena bisa menyebabkan cedera pada telinga, seperti terbakar dan tersumbatnya saluran telinga.

Jangan Menggaruk Telinga Ketika Terasa Gatal

Telinga yang terasa gatal sebaiknya jangan di garuk karena daun telinga merupakan tulang rawan sehingga rawan untuk mengalami luka apabila digaruk atau dipukul.

Baca Juga :  Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Mengetahui Jenis Infeksi Telinga

Sebaiknya Anda mengenali dengan baik jenis infeksi pada telinga Anda karena membutuhkan penanganan dari dokter ahli. Ada beberapa jenis infeksi tergantung bagian telinga yang terkena infeksi. Pada bagian luar biasanya infeksi yang disebabkan karena terkena air kotor dan dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, bahkan bisa menyebabkan keluarnya nanah. Cara Mengobatinya adalah dengan meneteskan antibiotik. Lalu pada bagian telinga yang tengah, bisa berdampak buruk pada gendang telinga Anda. Gendang telinga bisa pecah. Biasanya penderita akan diberikan resep tablet antibiotik dan menggunakan resep obat tetes.

Mengenali Rasa Nyeri pada Telinga

gangguan pendengaran tips kesehatan telinga

Apabila Anda mengalami rasa sakit atau myeri muncul pada telinga bukan berarti telinga Anda terkena penyakit, namun bisa juga akibat Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher, saat Anda merasakan nyeri pada telinga anda, alangkah baiknya Anda konsultasikan pada dokter.

Mengurangi Barotrauma atau Sakit Pada Telinga Karena Perubahan Tekanan

Pada saat anda melakukan perjalanan dengan pesawat maka telinga anda akan merasakan sakit dan sedikit berdengung. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut, menguap juga bisa jadi solusi.

Menjaga Kebersihan Telinga Namun Jangan Terlalu Bersih

Tidak selamanya bersih itu baik, seperti lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walaupun lengket, serumen memilik fungsi untuk mengikat debu, bahkan hewan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda.

Tak perlu dibersihkan pun telinga secara alami akan dapat membersihkan kotorannya sendiri. Sebenarnya telinga dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cara mengeluarkan cairan serumen jadi jangan terlalu sering juga dalam membersihkan telinga.

Secara anatomis, serumen dapat keluar dengan sendirinya bersama debu berkat dorongan mekanisme otot pipi saat sedang mengunyah makanan. Gerakan rahang akan membantu untuk melepaskan sisa kotoran yang menempel pada dinding saluran telinga sehingga kotoran dan debu yang masuk ke lubang telinga akan terdorong keluar dari saluran telinga. Namun tidak semua jenis serumen demikian.

Baca Juga :  9 Cara Melindungi Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Pemeriksaan Rutin Telinga ke Dokter

Apabila Anda mengalami beberapa gejala gangguan pada pendengaran sebaiknya segera berkunjung ke dokter spesialis THT. Pemeriksaan telinga ke dokter THT setahun sekali bila memungkinkan atau minimal 10 tahun sekali bagi yang berusia di bawah 50 tahun dan 3 tahun sekali bagi yang berusia di atas 50 tahun. Pemeriksaan ini sangat penting sebagai deteksi dini adanya gangguan atau penyakit yang dapat menyerang telinga. Tindakan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan pencegahan apabila ada bibit penyakit bisa ditangani lebih dini sehingga akan cepat sembuh.

Menggunakan Eardrops Saat Tidur dan Beraktivitas Lain

Sebelum tidur, sebaiknya memperhatikan kebersihan bantal dan kasur, terutama keberadaan serangga. Jangan sekali kali mengabaikan hal ini, karena serangga dapat sangat mengganggu jika berhasil masuk ke dalam telinga Anda. Begitu juga saat Anda berenang. Selain mempunyai potensi yang besar untuk masuk ke dalam telinga, air juga dapat membawa kotoran masuk. Agar lebih aman, alangkah baiknya untuk memanfaatkan eardrops saat berenang ataupun pada saat anda tidur.

Menggunakan Earphone dan Headphone Seperlunya

Ketika hendak mendengarkan musik melaui headset atau headphone sebaiknya mengaturnya dengan volume yang kecil. Serta apabila ingin menonton konser musik sebaiknya jangan berada di posisi dekat dengan soundsystem. Jika Anda bekerja di tempat yang bising sebaiknya mengenakan alat pelindung telinga (earbuds).

Sebaiknya menggunakan earphone seperlunya. Gunakanlah earphone paling lama 2 jam per hari selanjutnya istirahatkan pendengaran anda selama 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone yang terlalu lama dapat menghambat telinga anda untuk mengeluarkan kotorannya.

Beberapa tips kesehatan telinga tersebut bisa Anda terapkan dalam menjaga kesehatan telinga sehari-hari agar fungsi telinga tetap dalam keadaan baik. Apabila mengalami masalah pendengaran segera konsultasikan pada dokter.

Baca Juga :  Infeksi Telinga Penyebab dan Cara Mengatasinya

AQM Hearing Center melayani konsultasi mengenai berbagai masalah pendengaran. Jangan ragu untuk datang karena Anda akan dibantu oleh dokter-dokter terpercaya dan ahli di bidang THT. Pelayanannya pun juga ramah.

Jika Anda memerlukan alat bantu dengar maka Anda bisa menghubungi distributor alat bantu dengar yang sudah terbukti kualitasnya. AQM Hearing Center menjual alat bantu dengar dengan harga yang terbaik sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Segera datang ke gerainya atau mengunjungi webstorenya.